Kalori: Biang Keladi Perut Berlipat! Bagaimana Cara Menguranginya Secara Efektif Ya?

mengurangi kalori

Kalori: Biang Keladi Perut Berlipat! Bagaimana Cara Menguranginya Secara Efektif Ya?

286
Seblak ceker dan tahu gimbal saus mayo itu seakan melambaikan tangan minta dibeli, Ma. Duh, berapa lagi kalori yang bisa masuk tubuh nanti?

Betapa susahnya jadi Mama langsing zaman sekarang. Setuju nggak, Ma? Lihat saja pada semua resto-cafe itu! Di mal, dekat kantor, sebelah sekolah anak-anak ... di setiap tikungan ada!

Semua memajang gambar yang terlalu menggoda untuk diabaikan. Mulai dari seblak ceker, tahu gimbal saus mayo, sampai makanan berat seperti i fu mie dengan udang yang nampak gemuk dan empuk, atau satu porsi chilli and cheese baked potato yang cepat saji.

Seakan-akan mereka berkata, "Kalau kamu tidak bisa melupakanku, belilah aku ...."

Belum bisa move on dari pandangan nyata, saat Mama buka ponsel pun jasa delivery melambai-lambai menawarkan bantuan. Memperlihatkan menu-menu dari dunia maya sana, yang tiba hanya dalam satu kali klik saja. Belum lagi iming-iming diskon buy one get one, atau hadiah satu cup es krim lembut yang pasti manis sekali buat dessert. Aargh!

Calm down!

Bisa kok, Ma, tetap langsing dengan semua godaan itu, yaitu hanya dengan mengurangi kadar kalorinya saja.


BACA JUGA


Ini Dia Beberapa Menu Makan Siang yang Ternyata Mencuri Kalori Lebih Banyak dari yang Dibayangkan

Ini Dia Beberapa Menu Makan Siang yang Ternyata Mencuri Kalori Lebih Banyak dari yang Dibayangkan

Menu makan siang memang bisa bermacam-macam, tapi ternyata dalam beberapa menu makan siang yang biasa kita santap, tersembunyi kalori yang ...

Read more..


Apa sih, kalori?

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinis, Samuel Oetoro, kalori sebenarnya adalah satuan untuk energi. Tubuh memerlukan energi untuk menjalankan fungsinya dan beraktivitas.

"Energi didapatkan dari makanan. Itulah kenapa setiap makanan memiliki kalori dalam jumlah yang berbeda-beda," jelasnya.

Berapa kalorikah yang dibutuhkan manusia agar gizinya tetap terjaga namun kadarnya tidak berlebih?

Ada sebuah kalkulator persamaan Mifflin-St Jeor yang diformulasikan untuk mengukur kebutuhan kalori setiap orang, yang didasarkan pada usia, tinggi, berat, tingkat aktivitas, metabolisme kesehatan, dan beberapa ukuran lain, termasuk gender. Kalkulator ini bisa mengukur dengan akurat perkiraan kebutuhan kalori per orang lo! Canggih ya?

Menurut Healthline, kebutuhan energi rata-rata seorang wanita adalah 2000 kalori, untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk mengurangi berat badan, kadarnya boleh diturunkan menjadi 1500 kalori. Menurunkan kalori sekitar 500 per hari akan efektif untuk menurunkan sampai sebanyak setengah kilogram berat badan dalam satu minggu.

Sedangkan untuk pria, kebutuhan kalorinya dalah 2500 per hari untuk menjaga kesehatan, dan 2000 per hari untuk menurunkan berat badan. Sama halnya dengan wanita, mengurangi sekitar 500 kalori per hari bisa menurunkan berat badan seorang pria sampai setengah kilogram dalam satu minggu. Lumayan, ya?


BACA JUGA


 Awas! 7 Minuman Ini Memang Begitu Segar dan Nikmat, Tapi Mengandung Bom Kalori Jahat!

Awas! 7 Minuman Ini Memang Begitu Segar dan Nikmat, Tapi Mengandung Bom Kalori Jahat!

Mau cuaca apa pun, ada satu hal yang selalu kita cari untuk membuat diri sendiri nyaman. Ya, minuman. Mau dingin apa panas, tinggal ...

Read more..


Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengurangi kalori?

1. Makan lebih banyak protein ketimbang karbohidrat

Ini berarti, tubuh Mama tetap harus menerima asupan karbohidrat, ya. Hanya saja, pilih yang lebih kaya serat dan rendah kalori, seperti beras merah atau kentang rebus dengan kulitnya.

Sebagai gantinya, perbanyaklah mengonsumsi protein, karena protein itu ternyata meningkatkan metabolisme dan meredam napsu makan! Yeay!

Hal ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian, bahwa orang-orang yang membuat protein sebagai 30% dari total 100% sumber kalorinya akan secara otomatis mengurangi 441 kalori per hari.


2. Kurangi gula dan soda

Untungnya, Mama tinggal di negara yang minuman bersoda kurang diminati dibandingkan teh dalam botol yang bisa menjadi teman makan apa saja. Hihihi! Eh, walaupun kadar gulanya mirip-mirip sih!

Sebuah riset mengatakan, bahwa dalam kesehariannya, separuh orang di Amerika sana memberi asupan tubuhnya 200-567 kalori per hari hanya dari minuman bersoda dan bergula. Masalahnya, minuman-minuman manis itu bisa menambah kalori sebesar 226 per hari, mengalahkan pizza yang hanya 213 kalori per hari!

Sudahlah Ma, beli air mineral saja ketimbang minuman kaleng atau botol, ya!


3. Hindari topping dan saus

Remahan roti kering di atas salad, atau sekadar cistik di dalam mangkuk bubur ayam? Tidak! Mayones, saus tomat, saus sambal, atau kecap? Lupakan juga!

100 gram roti kering menyimpan 407 kalori, dan tambahan 78 kalori dalam tiap 1 sendok teh dressingnya. Mayones mengandung 680 kalori, dan saus tomat mengandung 112 kalori dalam setiap 100 gramnya. Tidak terasa, ya, namun luar biasa!

Ganti saja salad dressing dengan olive oil, tanpa taburan apa-apa. Dan, sambal kecap dengan cabai rawit jauh lebih aman daripada saus sambal, Ma!

*sabar ya. pukpuk.*


4. Makan dengan mindful

Yup, makan tanpa teman mengobrol, dan tanpa televisi.

Menurut sebuah penelitian di Massachusetts University, makan di depan TV akan berakhir dengan kelebihan 288 kalori. Dan menurut Brian Wansink, PhD, pengarang buku Mindless Eating, makan dengan teman sebanyak 7 orang atau lebih akan membuat makanan masuk 96% lebih banyak daripada biasanya.

Jadi, kalau ada ajakan potluck, usahakan makan dulu sekenyangnya, dan bawa saja buah-buahan sebagai jatah patungan Mama, ya!


BACA JUGA


Sibuk? Cukup Lakukan 6 Aktivitas Bakar Kalori Ini Setiap Hari Saja!

Sibuk? Cukup Lakukan 6 Aktivitas Bakar Kalori Ini Setiap Hari Saja!

Take care of your body. It's the only place you have to live in

Read more..


Well, gimana Ma? Sudah siap mengurangi asupan kalori per harinya, dan mulai makan dengan lebih sadar dan siaga?

Yuk, #menujulangsing2018!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kalori: Biang Keladi Perut Berlipat! Bagaimana Cara Menguranginya Secara Efektif Ya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar