Kamar Anak Nggak Perlu Terlalu Besar - Begini Cara Membuatnya Tampak Lebih Lega

Kamar Anak Nggak Perlu Terlalu Besar - Begini Cara Membuatnya Tampak Lebih Lega

1.2K
Kamar anak harus besar karena harus bisa menampung segala aktivitas bermain, belajar, ngerumpi sama Mama dan juga tidur? Ah, nggak juga. Ada beberapa trik menata kamar anak, agar terlihat lebih lega meski tak luas.

Mama baru saja merenovasi rumah dan pengin menambahkamar anak?

Kamar anak memang tak perlu terlalu besar, tetapi setidaknya harus cukup untuk anak-anak beraktivitas di rumah, tidur, belajar, dan lain-lain. Kadang-kadang mereka pun bermain di dalam kamar.

Tentunya harus diperhatikan dalam menata dan memilih furnitur yang pas agar kamar anak nggak sumpek dan mengganggu gerak anak-anak yang aktif ya.

Nah, ada tipsnya, nih, Ma, bagaimana caranya menata kamar anak agar terlihat lebih besar dan lega.


BACA JUGA


Bingung Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki? Beberapa Inspirasi Ini Mungkin Bisa Bantu Mama

Bingung Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki? Beberapa Inspirasi Ini Mungkin Bisa Bantu Mama

Desain kamar tidur anak laki-laki jangan biarkan standar saja. Coba dekorasi seperti layaknya kamar anak perempuan. Karena anak laki-laki ...

Read more..


7 Trik menata kamar anak agar terasa lebih lega dan luas

1. Gunakan Palet Warna Dasar


Pemilihan warna kamar anak dan kombinasi dengan elemen interiornya sangat penting bila kita menginginkan suasana kamar anak yang ringan.

Tentukanlah warna dasar atau warna utama dari kamar anak tersebut. Idealnya pilihlah warna muda, warna dasar putih atau pastel. Misalnya untuk warna dinding, lantai, atau langit-langit (ceiling). Nantinya Mama tinggal menentukan warna furniture atau pernak-pernik kamar anak yang sesuai kombinasinya.

Boleh saja Mama memberikan sentuhan warna kontras dan cerah untuk bantal-bantal, lampu, atau asesoris lain sebagai aksen.


2. Pilihlah Dekorasi yang Tidak Rumit



Ketika anak-anak bertumbuh seringkali minat dan kegemarannya berbeda pada setiap fase.

Misalnya, ketika balita, mereka senang sekali dengan tokoh yang ada di film kartun, dan Mama mendekor kamar anak sesuai tema film tertentu. Dalam beberapa tahun seleranya pun berubah, tokoh idolanya berbeda lagi.

Untuk itu, ada baiknya Mama memilih dekorasi kamar anak yang lebih long live dan netral. Kalaupun ingin menambahkan tokoh-tokoh favorit bisa saja, tetapi dalam bentuk kecil dan ringan. Nantinya, ketika si kecil bosan, Mama lebih mudah menggantinya.


3. Gunakan Cermin


Image via Tumblr

Cermin merupakan salah satu cara memanipulasi agar kamar anak tampak besar. Pantulan pada cermin juga membantu kamar anak lebih terang.

Bila tidak ada bidang dinding yang sesuai, Mama bisa memakai pintu lemari pakaian sebagai dudukan cermin. Bagi anak-anak perempuan, kamar bercermin besar sekaligus berfungsi untuk mematut-matut gaya berbakaian lo.


BACA JUGA



4. Furnitur Multifungsi



Image via Casay Jardin

Sekarang ini banyak desain furnitur yang multifungsi, artinya satu bentuk furnitur bisa berfungsi untuk berbagai hal. Misalnya kotak menyimpan mainan yang berfungsi juga sebagai kursi. Laci simpan di bawah tempat tidur. Meja rias di belakang pintu lemari, dan masih banyak desain-desain lainnya.

Furnitur multifungsi membuat ruangan lebih rapi dan berkesan lega, termasuk dalam kamar anak.

Bahkan ide-ide unik, misalnya karpet yang bermotif permainan ular-tangga atau papan catur bisa menjadi ide untuk anak-anak bermain bersama.


5. Buat Pojok Rumpi



Sisakan satu pojok dalam kamar anak tanpa furnitur, hanya tikar atau karpet dilengkapi bantal-bantal.

Pojok ini berguna untuk bermain, atau santai sambil membaca buku atau ngobrol kegiatan seharian bersama Mama. Usahakan Mama meluangkan waktu untuk mendengarkan curhatan mereka, sehingga ikatan batin antara Mama dan si kecil semakin kuat.


6. Rapikan Perangkat Elektronik



Kabel-kabel centang perenang di tengah ruangan, selain tidak aman, juga bikin kamar anak terlihat berantakan.

Rapikan kabel-kabel dengan jepit-jepit yang banyak dijual di toko-toko elektronik. Perhatikan keamanan stop kontak juga Ma! Jangan terlalu banyak perangkat elektronik pada satu stop kontak. Beri tutup untuk melindunginya dari tangan jahil anak-anak.


7. Manfaatkan Ruang di Dinding



Image via Handmade Charlotte


Anak-anak suka sekali mengumpulkan berbagai pernak-pernik kan, Ma? Ajarkan agar mereka bertanggungjawab untuk menyimpan dan merapikan koleksi- koleksi tersebut dalam kamar anak sendiri.

Dinding merupakan bidang yang efektif sebagai ruang simpan. Tempatkan rak-rak buku, rak pajang untuk boneka, mainan, dan lain-lain. Menempatkan dan menyimpan secara vertikal membuat kamar anak terlihat lebih lega.


BACA JUGA


Referensi Motif Gorden Blackout untuk Tampilan Kamar yang Lebih Menarik

Referensi Motif Gorden Blackout untuk Tampilan Kamar yang Lebih Menarik

Sedikit modifikasi di bagian gorden, tampilan kamar akan terasa berbeda 180 derajat loh Ma

Read more..


Nah, gimana Ma? Sekarang kamar anak sudah lebih rapi, bukan? Jangan lupa mengajarkan anak-anak untuk tetap menjaga kerapihan kamarnya ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamar Anak Nggak Perlu Terlalu Besar - Begini Cara Membuatnya Tampak Lebih Lega". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hani Widiatmoko | @handayaniwidiatmoko

hai...saya Hani. Blog saya http://www.haniwidiatmoko.com

Silahkan login untuk memberi komentar