Kate Middleton Tak Izinkan Kedua Buah Hatinya Memainkan Mainan Anak Satu Ini di Rumah Lo! Patut Dicontoh!

footwearnews

Kate Middleton Tak Izinkan Kedua Buah Hatinya Memainkan Mainan Anak Satu Ini di Rumah Lo! Patut Dicontoh!

3.5K
Menurut para ahli, keputusan Kate Middleton ini sangatlah tepat, dan direkomendasikan untuk dilakukan juga oleh orang tua lainnya.

Kate Middleton bersikap cukup tradisional dan tegas dalam membesarkan kedua anaknya. Cukup wajar ya, Ma, karena bagaimanapun, Pangeran George dan Putri Charlotte adalah penerus tahta kerajaan Inggris.

Baru-baru ini terungkap oleh US Weekly bahwa The Duchess of Cambridge dan Pangeran WIlliam tidak memperbolehkan kedua anaknya memainkan gawai berupa iPad di kediaman mereka.


BACA JUGA


Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!

Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!

Mendidik anak agar tak ketagihan gadget harus dilakukan secara simultan. Apalagi bagi anak-anak yang memang sudah terlanjur terpapar gadget ...

Read more..


Sebagai generasi yang tumbuh tanpa ditemani gawai sebagai media hiburan, Kate Middleton dan Pangeran William lebih suka untuk mendidik Pangeran George dan Putri Charlotte untuk bermain di luar rumah agar imajinasi mereka terasah.


cnet


Lalu, apa yang adik-kakak menggemaskan ini lakukan di waktu bermain kedua buah hati Kate Middleton ini?


hellomagazine

Menurut sumber yang sama, Pangeran George sangat gemar bersepeda dengan sang ayah, sementara Putri Charlotte sangat suka bermain role play sebagai Putri Disney.

Hmmm. Tampaknya, putri berusia dua tahun ini belum tahu ya, bahwa dirinya benar-benar seorang putri di dunia nyata. Hihihi.

Keputusan Kate Middleton yang dianggap sulit dilakukan oleh ibu lain ini ternyata direkomendasikan oleh organisasi American Academy of Pediatrics.

Mengapa demikian? Simak penjelasannya di bawah ini ya, Ma.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Cara Melepaskan Kecanduan Gadget pada Balita

Ini Dia 7 Cara Melepaskan Kecanduan Gadget pada Balita

Kecanduan gadget kita sudah sampai pada taraf yang memprihatinkan, apalagi kalau sudah menjangkiti balita-balita kita juga

Read more..


Begini rekomendasi penggunaan gawai pada oleh American Academy of Pediatrics, belajar dari keputusan Kate Middleton

1. Gunakan sebagai media belajar


Para peneliti AAP sangat merekomendasikan pelarangan penggunaan gawai untuk anak di bawah usia 18 bulan, atau dua setengah tahun, seperti halnya yang dilakukan oleh Kate Middleton pada Pangeran George dan Putri Charlotte.

Namun jika memang dirasa sulit, sebab tahun 2017 sudah menjadi tahun gawai, maka ubahlah fungsi gawai dari sekadar media hiburan, menjadi alat pembelajaran.

Caranya?

Mama bisa mencari program online yang menawarkan program pembelajaran yang berpengaruh baik pada anak. Namun tetap ya, Ma, jangan jadikan gawai sebagai satu-satunya media pembelajaran atau hiburan.

Untuk durasi penggunaan gawai, sebaiknya Mama tidak membiarkan si kecil bermain smartphone atau tablet Mama lebih dari satu jam per hari. Durasi boleh ditingkatkan saat si kecil menginjak usia 6 tahun.


2. Ajak anak untuk terus beraktivitas fisik


Meskipun efek negatif dari bermain gawai masih belum benar-benar terbukti secara langsung, dan juga efek positifnya pun tidak dapat diabaikan, namun yang jelas, gawai membuat anak-anak menjadi enggan melakukan aktivitas fisik di luar rumah.

Nah, ini nih yang berefek negatif pada anak ya, Ma. Bagaimanapun, aktivitas eksplorasi dan aktivitas fisik, serta bertatap muka dengan orang atau teman-teman sebayanya adalah pembelajaran penting untuk menghadapi kehidupan nyata. Seperti halnya Kate Middleton yang selalu menyempatkan diri bermain putri-putrian bersama Putri Charlotte--padahal mereka berdua memang benar-benar putri raja ya. How cute!

Oleh sebab itu, AAP merekomendasikan, jika pelarangan tidak dapat dilakukan, maka pembatasan penggunaan gawai seperti smartphone, laptop atau tablet. Selain itu, AAP juga merekomendasikan bimbingan orang tua di setiap penggunaan gawai.

Jadi pastikan agar Mama atau Papa tidak meninggalkan anak bermain gawai sendirian ya.


3. Buat ruang bebas gawai


Ingin mulai menerapkan pembatasan penggunaan gawai tetapi bingung dari mana harus memulai?

Cobalah terapkan salah satu metode bermain yang direkomendasikan American Academy of Pediatrics, Ma, yaitu dengan membuat ruangan bebas gawai.

Mama bisa membuat perjanjian dan kesepakatan dengan si kecil untuk tidak memainkan smartphone atau tablet di ruang atau waktu tertentu, misalnya di kamar anak, atau ketika waktu makan. Agar aturan ini dipatuhi oleh anak, Mama dan Papa harus terlebih dahulu mematuhi peraturan ini juga ya.

Dengan membatasi penggunaan gawai, Mama dan Papa jadi memiliki quality time bersama keluarga.


BACA JUGA


Bosan Tanpa TV dan Gadget? Ini Dia 10 Aktivitas Anak Alternatif yang Seru dan Pasti Akan Membuatnya Tetap Sibuk!

Bosan Tanpa TV dan Gadget? Ini Dia 10 Aktivitas Anak Alternatif yang Seru dan Pasti Akan Membuatnya Tetap Sibuk!

Kita ini mama 'modern' yang sibuk, ya nggak Ma? Dalam satu hari ada banyak banget yang harus kita kerjakan. Kayaknya 24 jam dalam sehari itu ...

Read more..


Gawai atau gadget memang memiliki efek positif dan negatif pada anak, tetapi ada baiknya jika Mama tetap membatasi penggunaan gawai. Cara Kate Middleton dan Pangeran William di atas patut dicontoh, Ma. Namun, pastikan kalau Mama dan Papa juga menaati peraturan yang Mama buat sendiri.

Pastikan anak belajar bersosialisasi dan bereksplorasi di luar rumah ya, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kate Middleton Tak Izinkan Kedua Buah Hatinya Memainkan Mainan Anak Satu Ini di Rumah Lo! Patut Dicontoh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar