Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh: Wisata Alam Khusus Buat yang Bernyali Lebih!

Image via kaskus

Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh: Wisata Alam Khusus Buat yang Bernyali Lebih!

231
Bentuk perbukitannya, warna hijau yang dominan, suasana asri yang kental, membuat lupa kalau kita masih berada di Jogja. Berada di tempat ini serasa waktu berhenti berputar. Yuk, wisata alam ke sini!

Apakah Mama takut ketinggian? Takut jalanan berkelok dengan tebing di kanan kiri? Kalau gitu, jangan sekali-sekali mampir ke wisata alam yang satu ini.

Ya, wisata alam berupa kebun teh yang berada di dusun Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta ini memang berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Bukan itu saja, perjalanan sampai ke tempat ini sangatlah menantang. Jalanan yang berbelok tajam, turunan curam, tanjakan hampir 90 derajat bisa membuat jantungan jika tidak terbiasa.

Belum lagi faktor cuaca. Meski kemarau, jangan membayangkan akan kering tanpa hujan. Hujan bisa saja turun sewaktu-waktu meski tanpa mendung dan petir. Jika beruntung, Mama juga akan bertemu dengan kabut tebal. Daerah ini memang mempunyai curah hujan cukup tinggi. Tanaman perkebunan seperti teh, kopi, dan cengkih banyak ditanam di daerah ini.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Objek Wisata Alam Pedalaman di Banten yang Tidak Merogoh Kocek Mama Terlalu Dalam

Ini Dia 5 Objek Wisata Alam Pedalaman di Banten yang Tidak Merogoh Kocek Mama Terlalu Dalam

Tempat wisata alam ini belum begitu dikenal. Tapi sekali lihat penampakannya, dijamin pengin langsung ke sana. Ajak keluarga buat liburan ...

Read more..


Berada di tempat ini seakan-akan berada di negeri dongeng lo, Ma. Masa iya, ada wisata alam seperti ini di Jogja? Jogja kota yang terbilang panas, di sini cenderung dingin dan berkabut. Apalagi jika musim penghujan, bisa sampai berhari-hari turun hujan tanpa henti.

Wow, kok bisa ya? Itulah uniknya tempat ini. Apa yang tidak mungkin menjadi mungkin di sini.


Image via wisataliburan

Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata alam ini, pemandangan yang disuguhkan benar-benar memesona. Bentuk perbukitannya, warna hijau dominan, suasana asri yang kental, membuat lupa kalau kita juga berada di daerah Jogja. Berada di tempat ini serasa waktu berhenti berputar. Suasana sepi, udara dingin, pemandangan hijau membentang di sana-sini.

Syahdu sekali kan, Ma?

Memasuki daerah wisata alam yang berada di Perbukitan Menoreh ini, Mama hanya dipungut retribusi sebesar Rp 3.000. Terbilang sangat terjangkau meski untuk para pelajar. Jasa penitipan kendaraan ada beberapa tempat. Jika tidak ingin lelah berjalan kaki, ada mobil offroad yang bisa disewa untuk berkeliling melihat luasnya hamparan kebun teh yang sejuk di mata.

Mama bisa menikmati perjalanan dan sesekali mengabadikan momen jika memarkirkan kendaraan di pemberhentian pertama. Spot-spot untuk berfoto selfie ada beberapa tempat, di antaranya titik 0 KM kebun teh, bukit Ngisis, dan lain-lain.


BACA JUGA


Ini Dia 11 Lokasi Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang Indah Menawan Namun Belum Populer

Ini Dia 11 Lokasi Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang Indah Menawan Namun Belum Populer

Wisata pantai tapi malas juga kan kalau pantainya terlalu crowded dengan wisatawan? Coba deh ke 11 lokasi wisata pantai di Gunung Kidul yang ...

Read more..


Jika ingin naik ke puncak Gunung Kukusan untuk melihat pemandangan di bawah, bisa saja. Siapkan tenaga dan nyali yang lebih ya, karena medan yang ditempuh juga tidak mudah.

Tetapi, semua pengorbanan Mama akan terbayar ketika kita sampai di puncak. Menikmati sunset atau sunrise sangat cocok di tempat ini. Sangat pas untuk liburan bersama keluarga, apalagi untuk wisata alam berdua hanya dengan pasangan.

Apakah hanya kebun teh saja yang bisa kita nikmati? Tentu tidak, Ma.


Image via alice YGK Youtube

Desa Pagerharjo adalah desa wisata budaya, sehingga banyak sekali pertunjukan budaya yang bisa kita nikmati jika kita datang waktu ada pagelaran budaya.

Ada kesenian Jathilan, Incling, Bangilun, Lengger, dan lain-lain. Jangan berharap menonton kesenian modern dan kreasi baru di tempat ini, karena yang akan kita lihat adalah kesenian yang klasik dan diajarkan turun-temurun dari pendahulu.

Jika Mama ingin menginap di lokasi wisata alam ini, tersedia penginapan di sekitar lokasi kebun teh. Misal menginginkan live in, tinggal menginap dan mengikuti keseharian penduduk lokal, bisa saja. Di dusun Jetis, Pagerharjo, masih satu kelurahan dengan Nglinggo, sering dipakai untuk tempat live in sekolah-sekolah.

Yang terbaru di dusun ini juga menyediakan wisata alam yang lain, seperti wisata susur hutan.


Jika ingin perjalanan lancar untuk wisata alam ke kebun teh Nglinggo, ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan.


Image via marikitadolan
  1. Jika belum berpengalaman dengan medan di sana, bisa menggunakan ojek lokal. Bila menggunakan mobil, ada petugas yang bisa kita mintai tolong untuk memandu selama menuju kebun teh
  2. Bila ingin menggunakan motor sendiri, usahakan jangan menggunakan motor matic. Tapi kalau motor matic-nya sudah terbiasa untuk medan turun naik, ya bisa sih Mama pakai.
  3. Selalu sedia jas hujan, payung, dan jaket. Karena hujan bisa sewaktu-waktu turun.
  4. Jangan memaksakan naik jika cuaca tidak bersahabat. Misal hujan terus-menerus, karena jalan menjadi licin dan bisa berpotensi terjadi tanah longsor.
  5. Bila naik, usahakan tidak tengah hari dan tidak terlalu sore. Waktu tengah hari panasnya matahari membuat pusing dan mual. Di tempat ini, pukul 14.00 ke atas akan seperti pukul 16.00 jika berada di tempat landai.


BACA JUGA


Yuk, Ajak Si Kecil Peduli Lingkungan dengan Tak Abai pada Larangan, Imbauan dan Petunjuk yang Sering Ada di Lokasi Wisata Ini!

Yuk, Ajak Si Kecil Peduli Lingkungan dengan Tak Abai pada Larangan, Imbauan dan Petunjuk yang Sering Ada di Lokasi Wisata Ini!

Peduli lingkungan bisa dimulai dari tak abai terhadap papan petunjuk larangan, peringatan dan imbauan yang sering ada di lokasi-lokasi ...

Read more..


Masih punya nyali untuk pergi ke sana menikmati wisata alam yang ada, Ma? Nikmatilah suasana pegunungan nan asri yang menyadarkan bahwa keindahan ciptaan-Nya tidak bisa ditiru oleh manusia sehebat apa pun.

Mari berkunjung ke Nglinggo!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh: Wisata Alam Khusus Buat yang Bernyali Lebih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Elizabeth Septarini | @septarini

Ibu satu anak yang suka membaca dan menulis tentang parenting, anak, kuliner, dan semua hal yang menarik perhatian. Menulis artikel, review, blog dan tergabung dalam Pasukan Blogger alumni Joeragan Artikel. Pernah belajar di Jurusan Perhotelan di salah sa

Silahkan login untuk memberi komentar