Kembali Bekerja Setelah Melahirkan, Ini Beberapa Hal yang Bisa Membuat Semuanya Jadi Lebih Mudah

Kembali Bekerja Setelah Melahirkan, Ini Beberapa Hal yang Bisa Membuat Semuanya Jadi Lebih Mudah

230
Mungkin saja, Mama akan mengalami kesulitan ketika harus kembali ke kantor setelah melahirkan. Tapi, dengan beberapa tip berikut, semoga saja hari pertama Mama bekerja akan berjalan lancar.

Setelah melahirkan, tentu saja semua perhatian tercurahkan untuk si kecil kan, Ma? Hari-hari pertama kita menjadi seorang ibu tak bisa dibilang ringan. Ada banyak hal yang harus kita pelajari dan kuasai dengan cepat. Dari mulai memandikan, memijat, hingga menyusui, semua harus kita lakukan sendiri. Meski kalau bayi itu masih banyak tidurnya ketimbang meleknya, tapi tetek bengek di sekitarnya juga kadang bikin kita serasa nggak punya waktu luang sama sekali.

Yes, kondisi setelah melahirkan ini membuat Mama berada di mommy zone. Dan, kemudian, tiba-tiba saja masa cuti melahirkan yang diambil dari kantor sudah habis. Sudah waktunya Mama kembali ke working zone, meninggalkan mommy zone yang lagi heboh-hebohnya.

Bagaimana perasaan Mama?

Mungkin saja, Mama akan mengalami kesulitan ketika harus kembali ke kantor.

Kirsten Berggren, penulis Working Without Weaning, memberikan beberapa tips yang memudahkan Mama saat kembali bekerja. Kita simak yuk, Ma.


BACA JUGA


Setelah Melahirkan, Ini Dia 7 Penyesalan yang Biasanya Dirasakan oleh Seorang Mama Baru!

Setelah Melahirkan, Ini Dia 7 Penyesalan yang Biasanya Dirasakan oleh Seorang Mama Baru!

Setelah melahirkan, hidup seorang perempuan akan berubah. Pastikan tak ada penyesalan menyertainya

Read more..


8 Tips yang dapat memudahkan Mama untuk kembali bekerja setelah melahirkan

1. Plan ahead


Jika besok adalah hari pertama Mama kembali bekerja setelah melahirkan, maka siapkanlah busana ke kantor pada satu atau dua malam sebelum hari H. Persiapkan pula tas kerja Mama; laptop, gadget, agenda, dan segala macam printilan yang biasa Mama bawa ke kantor.

Nah, kalau sudah siap semalam atau dua malam sebelumnya, pastinya paginya nggak akan terlalu hectic kan buat Mama.

Jangan lupa juga untuk memberikan catatan yang diperlukan oleh si babysitter, atau orang lain yang Mama percaya untuk merawat si kecil, saat meninggalkan anak untuk bekerja ya. Tuliskan di secarik kertas atau papan to do list dengan jelas.


2. Pack up


Persiapkan pula bekal makan siang, camilan sehat, dan botol air yang dikemas rapi dalam sebuah tas khusus. Jika Mama masih menyusui, jangan lupa mengemas peralatan breast pump, bantalan es, dan keperluan lain, seperti pakaian dalam dan baju ganti untuk menjaga baju Mama basah akibat air susu yang merembes.

Akan lebih baik jika Mama memisahkan bawaan ini dari tas kantor Mama ya. Supaya nggak kecampur aduk. Mendingan bawa beberapa tas kecil ketimbang satu tas kantung doraemon yang besar.


3. Go back on Wednesday


Jika bisa mengaturnya, Mama bisa memulai kembali bekerja di pertengahan minggu, Ma. Mama bisa masuk di hari Rabu, misalnya, alih-alih masuk di hari Senin.

Menjalani minggu pertama yang singkat akan mencegah Mama merasa kewalahan dan kelelahan.


4. Take extra time


“Segala sesuatu akan berjalan lebih lama dari yang kita bayangkan di pagi hari saat pertama kembali bekerja, dan hal tersebut bukan suatu masalah.”

Demikian jelas Berggren. Berikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri Mama sendiri. Mungkin Mama bisa mengatur rencana berangkat sedikit terlambat ke kantor? Ya, itu bisa jadi ide yang bagus supaya Mama tidak merasa tertekan saat meninggalkan bayi di rumah kan?


BACA JUGA


Setelah Melahirkan, Banyak Perempuan Kehilangan Kepercayaan Dirinya - 4 Langkah Ini Akan Efektif Mengembalikannya!

Setelah Melahirkan, Banyak Perempuan Kehilangan Kepercayaan Dirinya - 4 Langkah Ini Akan Efektif Mengembalikannya!

Momen kehamilan dan melahirkan adalah dua hal yang sangat menakjubkan bagi perempuan. Bahkan sebagian orang menganggapnya sebagai “ ...

Read more..


5. Connect with other moms


Chatting, buka akun Facebook, atau menelepon teman yang mengalami hal yang sama saat istirahat makan siang akan dapat membantu Mama merasa tidak seorang diri yang mengalami masa penyesuaian.

Rekan kerja yang juga seorang ibu pun akan dapat membantu mengurangi rasa stres tersebut, Ma. Jadi, temukan teman yang senasib dengan Mama ya.


6. Check on your baby—as much as you want


“Jika ingin menelepon orang tua atau pengasuh untuk menanyakan kabar anak, lakukanlah. Rekan kerja dan atasan pasti akan dapat memakluminya. Percaya saja bahwa kita bukan orang pertama yang melakukan ini.”

Begitu saran Breggren.

Jadi, jangan sungkan untuk meminta izin menelepon rumah barang sebentar. Atau, Mama bisa melakukannya di saat makan siang sembari menikmati bekal makan sehat Mama dan sebelum mulai pumping.


7. Let yourself think about your child


Mungkin akan sedikit mengganggu ya, kalau pikiran Mama selalu tertuju pada anak sepanjang waktu. Tetapi nggak akan menjadi masalah, karena nanti lama-lama Mama akan terbiasa dan bisa kembali fokus ke pekerjaan.

Namun, jika memilih untuk fokus dan tidak memikirkan bayi juga hal yang wajar, dan bisa membuat hari pertama terasa lebih mudah.

Ingat-ingat saja, Ma, bahwa nanti setelah jam kantor usai, Mama akan menghabiskan waktu bersama si kecil sesampainya di rumah. Sepuasnya!


8. Bond with working moms after work


Menjadi seorang ibu bekerja itu memang nggak mudah. Namun, Mama nggak sendirian kok, Ma. Banyak ibu bekerja lain juga merasakan hal yang sama, bahkan para ibu yang memiliki anak yang lebih besar pun. Mereka pasti akan bisa berempati pada "kesulitan" Mama ini.

Jadi, bersosialisasilah dengan para ibu yang senasib dengan Mama. Dengan demikian, Mama akan merasa tak sendirian, dan bahkan bisa bertukar pikiran dan pengalaman.


BACA JUGA


Mama Mau Resign Kerja Setelah Melahirkan Si Kecil? Tanyakan 5 Hal Ini Pada Diri Mama Sebelum Memutuskannya!

Mama Mau Resign Kerja Setelah Melahirkan Si Kecil? Tanyakan 5 Hal Ini Pada Diri Mama Sebelum Memutuskannya!

Sebagai seorang Mama yang ingin memberikan terbaik pada keluarga, pasti Mama terpikir untuk resign kerja agar bisa mengurus si kecil dengan ...

Read more..


Semoga dengan beberapa tip di atas, hari pertama Mama bekerja setelah melahirkan besok akan lancar dan baik-baik saja ya, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kembali Bekerja Setelah Melahirkan, Ini Beberapa Hal yang Bisa Membuat Semuanya Jadi Lebih Mudah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar