Kenali 5 Tanda Anak Sensitif dan Mengapa Hal Ini Merupakan Pertanda Baik

Kenali 5 Tanda Anak Sensitif dan Mengapa Hal Ini Merupakan Pertanda Baik

1K
Anak sensitif akan cenderung lebih banyak baperan dan menangis. Tapi, jika Mama memandangnya dari sudut pandang lain, hal ini justru menjadi pertanda baik akan perkembangan karakternya di kemudian hari.

Bersyukurlah Mama jika memiliki anak yang anteng dan kalem, semua pertumbuhannya baik, nyaris tanpa drama pengasuhan yang berlebihan. Tetapi, banyak juga Mama yang dikaruniai anak sensitif, yang dipengaruhi dengan begitu kuatnya oleh perasaan mereka. Karakter yang akhirnya membuat anak menjadi mudah menangis dan terkadang diberi label cengeng oleh lingkungan sekitar, atau bahkan oleh kita sendiri, orang tuanya.

Di masanya, anak sensitif cenderung sering menangis dan terlalu perasa.


BACA JUGA


Film Beauty and the Beast dan Nilai-Nilai yang Bisa Kita Ajarkan pada Si Kecil Melaluinya

Film Beauty and the Beast dan Nilai-Nilai yang Bisa Kita Ajarkan pada Si Kecil Melaluinya

Beauty and The Beast, film animasi dari Disney yang kini diproduksi kembali, menampilkan sesuatu yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Dan ...

Read more..


Well, saya mengalaminya. Menurut saya, anak sulung saya termasuk dalam 'kategori' anak sensitif ini. Sejak bayi, saya sudah merasa kalau ia menangis lebih sering daripada bayi lainnya.

Sedikit saja ada yang nggak sesuai dengan keinginannya, biasanya berujung dengan tantrum dan tangisan. Sekarang di umur 8 tahun, saya masih merasa kalau ia adalah anak yang sensitif sekali, Ma.

Ia tidak bisa bercanda, karena menurutnya semua lelucon dan jokes itu terlalu menyakiti perasaannya. Ia juga sangat sulit menerima jika ada situasi yang kurang sesuai dengan rancangannya.

Awalnya, saya pikir ini adalah hal yang buruk bagi perkembangan karakternya kelak, Ma. Namun, kemudian saya mencoba menyelaminya dari sudut pandang yang lain, yang akhirnya membuat saya sadar, bahwa hal ini justru merupakan pertanda baik.

Pertanda baik? Kok bisa?

Baca penjelasan saya seperti berikut ini ya, Ma.


BACA JUGA


Mau Tahu Karakter Asli Mama dalam Mengasuh si Kecil? Coba Cari di Antara 12 Gaya Parenting Berdasarkan Zodiak Ini!

Mau Tahu Karakter Asli Mama dalam Mengasuh si Kecil? Coba Cari di Antara 12 Gaya Parenting Berdasarkan Zodiak Ini!

Memang sih di luar sana banyak sekali buku-buku parenting yang bisa menjadi referensi dan panduan kita mengasuh anak-anak. Mau yang praktis ...

Read more..


Beberapa hal baik mengenai anak sensitif yang bisa menjadi pertanda baik akan perkembangan karakternya di masa depan



1. Air mata yang bicara lebih dahulu

1. Air Mata Yang Bicara Lebih Dahulu -


Jika ada sesuatu yang mengganggu perasaan si anak sensitif, maka air mata adalah bentuk komunikasi pertamanya, Ma. Entah itu karena sedih karena kesal dan marah, atau sedih karena memang ia merasa sedih. 

Hal ini tidak semata menunjukkan kalau mereka lemah, emosional atau sedang bersikap berlebihan. Mereka mungkin hanya kesulitan mengutarakan perasaannya saja, dan air mata adalah cara awal mereka untuk memberitahu kita kalau ada sesuatu yang salah. 

Seiring waktu anak bertumbuh, mereka akan bisa lebih bisa membaca situasi di sekitarnya. Dan, air mata bisa membantu mereka melakukan proses pemilahan perasaan dengan lebih tajam dibanding anak-anak yang lain, apakah mereka berada di situasi takut, marah, atau kecewa.



2. Kesulitan mengambil keputusan

2. Kesulitan Mengambil Keputusan -


Anak sensitif terkadang juga mengalami kesulitan dalam mebuat keputusan, karena mereka terlalu banyak memikirkan segala kemungkinan. Yes, termasuk bagaimana perasaan dan pikiran orang lain mengenai apa yang mereka putuskan. Ini juga termasuk dengan Mama.

Overthinking. Ya, begitulah istilahnya, Ma. 

Anak sensitif juga akan menimbang, bagaimana keputusan yang akan diambil akan berdampak pada orang lain. Apakah ia akan membuat Mama marah atau bahagia kalau ia memutuskan untuk menggunakan sepatu boots untuk piknik. Karena ia tahu Mama sudah memintanya menggunakan sandal saja, misalnya.

Atau sekadar memutuskan, siapa yang akan diberinya friendship bracelet di kelas. Hanya karena ia tak bisa memutuskan mana teman yang lebih dekat sedangkan ia hanya punya satu friendship bracelet saja untuk diberikan.

Kalau sudah begini, Mama memang harus turun tangan, Ma. Bantu mereka memutuskan dengan memberikan beberapa alternatif pertimbangan, lalu bimbing mereka untuk menganalisis semua alternatif tersebut hingga kemudian membuahkan sebuah keputusan. 

Yes, jika mereka besar nanti, hal ini bisa menjadi keuntungan, Ma, karena pemikiran mereka akan lebih jauh ke depan dan lebih strategis.



3. Mudah berempati

3. Mudah Berempati -


Karena anak sensitif mudah sekali terpengaruh dengan situasi yang menyedihkan atau bahkan mengesalkan, maka mereka pun akan lebih mudah berempati dengan keadaan sekitar. 

Mereka akan tumbuh menjadi anak yang mudah berbagi karena mereka biasanya mudah tersentuh. 

So, jangan kaget ya, Ma, jika suatu waktu ia akan memberikan mainan kesayangannya, karena melihat anak jalanan yang hanya bermain pasir.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kenali 5 Tanda Anak Sensitif dan Mengapa Hal Ini Merupakan Pertanda Baik". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Susan | @susanindriany

Mom of two. Surviving motherhood. Owner of Blog Dekat Hati. www.dekathati.com

Silahkan login untuk memberi komentar