Kesal Rumah Berantakan? Ayunkan Tongkat Peri Mama, dan Lakukan 11 Cara Jitu dan Cepat Bereskan Rumah Ini!

Kesal Rumah Berantakan? Ayunkan Tongkat Peri Mama, dan Lakukan 11 Cara Jitu dan Cepat Bereskan Rumah Ini!

9.1K
Housework is what a woman does that nobody notices unless she hasn't done it. ~ Evan Esar

Pekerjaan rumah tangga apa yang tidak Mama sukai, terutama saat asisten rumah mudik pulang kampung atau berhenti bekerja? Rumah berantakan, tumpukan piring gelas yang kotor, tumpukan pakaian kotor dan setrikaan yang setinggi gunung?

Yah, membersihkan rumah memang pekerjaan yang harus kita lakukan setiap hari. Tapi, kadang Mama suka merasa frustrasi kan karena membersihkan rumah itu butuh tenaga ekstra dan memakan waktu cukup lama? Dilema saat melihat rumah berantakan, sementara Mama baru selesai mencuci pakaian. Ingin beristirahat, menyenderkan punggung di kursi, namun kursi penuh dengan boneka mainan si kecil. Mau masa bodoh, tapi kok rasanya tidak nyaman melihat rumah bagai kapal pecah.

Haduhhh! Rasanya ingin punya tongkat magic Ibu Peri yang ada di cerita dongeng Cinderella, untuk membereskan semuanya itu dalam sekejap mata. Atau bisa nggak ya, rumah itu membersihkan sendiri? Langsung rapi teratur sesuai dengan bagian masing-masing? Wah, kalau ada, di mana ya belinya? Haha.

Berandai-andai jika Mama adalah Ibu Peri, Mama bisa memilih satu atau dua dari 13 cara ini untuk membersihkan rumah tanpa merasa bersalah.


1. Mulailah dengan yang berantakan paling awal


Mulailah dari hal yang paling mengganggu pikiran Mama.

Di pagi hari, ruang makan adalah tempat yang paling sibuk dan berantakan. Segera bersihkan setelah semua berangkat. Jangan ditunda, karena jika ruang makan bersih dalam sekejap, bisa memberi motivasi untuk mengerjakan yang lain. Kalau pun, Mama merasa lelah dan berhenti bekerja, satu ruangan telah bersih.


2. Singkirkan Barang-barang Lama


Mama sering membeli barang tanpa perencanaan?

Semakin banyak barang yang Mama memiliki, semakin panjang list barang yang harus disingkirkan. Donasikan atau lakukan garage sale untuk barang-barang lama, agar barang baru mengisi ruangan di rumah. Beres-beres rumah lebih mudah ketika barang-barang lama disingkirkan. Jangan merasa sayang! Buang jauh-jauh kenangan saat Mama membeli barang tersebut.


3. Siapkan Wadah atau Kotak Penyimpanan


Jika Mama merasa sayang untuk membuang barang lama, setidaknya Mama harus memiliki ruangan yang lebih luas, atau menyiapkan kotak, kardus atau wadah untuk penyimpanan.Beri label atau nama dalam setiap wadah penyimpanan agar teratur saat membersihkan rumah.


4. Bersihkan kamar mandi sementara Mama mandi


Mama menyediakan sikat di kamar mandi, kan?

Luangkan waktu dalam dua hari sekali untuk membersihkan kamar mandi. Lakukan sekalian saat Mama mandi. Sebelum mengguyur badan, lakukan gerakan bersih-bersih kamar mandi. Lakukan hal yang sama dengan toilet . Sekali setiap beberapa hari sekali, setelah membuang hajat, ambil beberapa kertas toilet, bersihkan bagian yang sering kita duduki.

Voila! Mama tidak perlu menyisihkan waktu khusus untuk membersihkan kamar mandi deh.


5. Segera kosongkan bak cuci piring!


Satu perubahan sederhana bisa membuat mood Mama lebih baik, yaitu ketika tempat cuci piring tidak penuh dan berantakan. Setiap selesai memasak, makan atau minum, segerakan untuk mencuci peralatan tersebut. Membersihkan secepat kilat, tumpukan piring lenyap.


6. Bersihkan Secepat Kilat


Rumah rapi, bersih dan tidak berantakan? Sepertinya itu hanya dalam mimpi. Mama harus realistis.

Yuk, minta anak-anak untuk selalu memasukkan pakaian kotor ke dalam keranjang. Letakkan piring gelas setelah makan di tempat cuci piring. Setelah bermain, masukkan segala permainan ke dalam kotak-kotak. Lakukan dengan cepat, jangan sampai mereka kehilangan mood untuk membantu. Mumpung masih semangat, langsung saja bersihkan semua.



7. Harus punya kotak penyimpan mainan


Belum punya tempat khusus untuk menyimpan mainan? Sepertinya, Mama harus segera memutuskan untuk memikirkan mau ditempatkan di mana mainan anak-anak itu. Sudah nggak bisa lagi kan, dibiarkan berserakan?

Bukan hal yang aneh jika anak memiliki lebih banyak mainan daripada waktu mereka untuk bermain. Untuk menghemat waktu dari kekacauan yang ditimbulkan akibat mainan anak-anak, tempatkan kotak bermain di dekat mereka atau tidak jauh dari pandangan mata, sehingga setelah usai atau bosan bermain, anak-anak bisa menjangkaunya.


8. Siapkan Keset di tempat-tempat yang mudah kotor


Untuk menghentikan kotoran yang dibawa dari luar rumah, sediakan keset di depan pintu masuk. Jangan ketinggalan, keset untuk kamar mandi, dapur, atau ruangan menuju teras dan garasi. Dengan keset tersebut, setidaknya Mama bisa sedikit menghemat waktu untuk menyapu dan mengepel. Biasakan semua orang untuk melepas sepatu mereka di pintu, agar kotoran tidak terbawa ke dalam rumah.


9. Cleaning = party!


Siapa bilang bersih-bersih itu nggak bisa sambil bersenang-senang. Ayo, Ma, kita bikin pesta!

Set waktu untuk 15 menit, Nyalakan musik yang riang atau musik untuk pesta, mulailah menyapu, lap meja atau lemari hias yang ada di ruang tamu. Lakukan semuanya sambil bergoyang mengikuti irama musik, kalau perlu sambil menyanyi!

Ketika alarm berbunyi di 15 menit yang Mama rencanakan, hentikan semua pekerjaan. Musik berhenti, beberes rumah berhenti juga.


10. Nyalakan lilin aromatherapy untuk membangkitkan semangat


Saat membersihkan rumah, ibaratkan itu adalah relaksasi bagi Mama. Nyalakan lilin aromatherapy dengan minyak esensial seperti lemon polish furniture. Aromanya yang segar bisa menenangkan pikiran kita saat sedang menggosok lantai atau membersihkan meja.


11. Ajak seluruh keluarga untuk membantu


Kita yang membuat berantakan, kita juga yang harus membersihkannya, bersama-sama. Demikian motto yang harus Mama terapkan untuk keluarga untuk pekerjaan satu ini. Penting juga diajar kepada anak-anak, bahwa pekerjaan rumah tangga ini harus mereka tahu untuk masa depan nantinya, misalnya harus tinggal di kost atau asrama karena kuliah di kota yang berbeda dengan orangtua.


Nah, ready to get busy today, Ma?

Ayo, kita lakukan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kesal Rumah Berantakan? Ayunkan Tongkat Peri Mama, dan Lakukan 11 Cara Jitu dan Cepat Bereskan Rumah Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indah Sibarani | @indahjulisibarani

Emak Blogger yang tinggal di Yogyarta. Wara wiri di Jakarta. Sesekali masak, lebih sering makan enak.

Silahkan login untuk memberi komentar