Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!

Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!

971
Mama bingung ingin menerapkan cara diet yang mana? Sebelum memilih satu yang Mama sanggup, yuk ketahui dulu mitos seputar diet di artikel ini.

Mau pakai cara diet yang mana, yang cocok? Diet golongan darah, diet mediterania, diet sayur dan buah, atau military diet ya?

Banyak public figure, baik dalam maupun luar negeri, telah membagikan rahasia keberhasilan cara diet masing-masing. Sebut saja Deddy Corbuzier yang mempopulerkan OCD alias Obsessive Corbuzier Diet. Ia berhasil mendapatkan bentuk tubuh yang kekar dan prima berkat menerapkan metode OCD ini, dengan kekhasannya yaitu 'jendela makan'. Meskipun menuai pro dan kontra, terbukti metode OCD berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat!

Cara diet sukses lainnya juga datang dari para selebritis wanita, misalnya saja diet sayur dan buah oleh Dewi Hughes, yang berhasil menurunkan berat badan sebanyak 75 kg dalam 2 tahun. Masih ingat kan, Ma, bahwa hal yang identik dari Dewi Hughes justru adalah 'plus size'-nya, dan turban di kepalanya.

Ya, dengan menerapkan diet sayur dan buah sekaligus hipnoterapi, ia berhasil memangkas 75 kilogram di bobot tubuhnya! Tuturnya, yang penting adalah kekuatan pikiran. Kenyang itu nggak harus makan sepiring nasi dan 3 lauk sekaligus kok!


BACA JUGA


Diet? Nggak Perlu! Begini Cara Mencintai Bentuk Tubuh Seutuhnya Apa Adanya dan Tanpa Syarat

Diet? Nggak Perlu! Begini Cara Mencintai Bentuk Tubuh Seutuhnya Apa Adanya dan Tanpa Syarat

Mencintai bentuk tubuh dan diri sendiri adalah langkah pertama untuk menjadi sehat dan memiiki pandangan positif terhadap tubuh yang kita ...

Read more..


Nah, di samping berbagai cara diet yang sudah tersedia, terlepas Mama mau pilih yang mana, pertama-tama Mama harus tahu kondisi fisik Mama sendiri. Adakah penyakit lain atau memang jadwal sedang padat dan tidak memungkinkan untuk makan sehari hanya sekali.

Sebelum Mama memilih dan menerapkan cara diet mana yang ingin dilakukan, ketahui dulu yuk kalau 5 hal ini hanya mitos belaka.


Sebelum memilih cara diet yang oke buat Mama, sadari dulu bahwa ternyata 5 hal tentang diet ini hoax dan mitos semata!


1. Berat badan nggak bisa turun karena nggak bisa lepas dari nasi


Sudah nggak asing lagi kalau orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok.

Makan bakmi goreng pun, kurang lengkap tanpa kehadiran nasi. Makan soto mi juga didampingi nasi. Gado-gado yang sudah berisi lontong kadang makannya juga ditambah nasi.

Yaaah, walaupun sedikit yang penting nasi!

Well, memang tidak sepenuhnya salah sih. Namun, kalau Mama memang ingin memangkas karbohidrat secara lebih efektif, maka yang harus dikurangi adlaah justru karbohidrat yang berasal dari makanan manis dan pasta, Ma! Kalau Mama memang nggak bisa lepas dari nasi, alternatif nasi merah bisa jadi pilihan. Toh, yang penting nasi, kan? Hehehe.


2. Jangan makan malam


Banyak perdebatan di kalangan praktisi kesehatan mengenai cara diet dengan menghindari makan malam ini, Ma.

Yang perlu Mama ketahui, sebenarnya bukan soal waktu makannya yang memengaruhi berat badan, namun jeda waktu di antara makan dan tidur yang harus menjadi perhatian utama!

Kalau memang hari itu Mama lembur, ya tidak masalah untuk makan malam dalam porsi yang sesuai, karena Mama membutuhkan energi untuk beberapa jam ke depan.

Namun, berhentilah makan (apalagi yang berlemak atau berkalori tinggi) setidaknya 2 jam sebelum waktunya tidur. Itu dia, prinsipnya.


3. Terpaku pada timbangan


Banyak orang yang keliru ketika menjadikan angka yang tertera di timbangan berat badan sebagai acuan keberhasilan cara diet yang dijalani.

Seorang personal trainer profesional teman saya memberi tahu, bahwa yang harus ditanamkan pada orang diet adalah memangkas kadar lemak di tubuh, bukan memangkas berat badan meskipun kedua hal itu ada korelasi.

Teman saya yang bertubuh kurus, dengan tinggi 155 dan berat 40-41 kilo ternyata masih disarankan untuk diet! Setelah diperiksa kadar lemak dalam tubuh, terdapat banyak lemak di lengan dan bagian paha dalam karena ia jarang makan nasi tetapi sering mengonsumsi junk food.

So, make sure Mama fokus pada kadar lemak tubuh Mama ya! Ukur lingkaran bagian tubuh sebelum dan sesudah Mama melakukan diet.


BACA JUGA


Profil Rocking Mama: Meira Anastasia dan Tutorial Homeworkout-nya yang Mengajarkan Mengenai Penghargaan terhadap Sebuah Proses

Profil Rocking Mama: Meira Anastasia dan Tutorial Homeworkout-nya yang Mengajarkan Mengenai Penghargaan terhadap Sebuah Proses

Meira Anastasia: Mari sama-sama belajar menghargai sebuah "proses". Melakukan olahraga, apa pun itu, mau homeworkout, lari, yoga, berenang, ...

Read more..


4. Skip sarapan, ah!


"Mengurangi asupan makanan pada jam sarapan akan membantu saya mengurangi berat badan!"

Studi membuktikan, bahwa orang yang melewatkan sarapan justru memiliki berat badan yang lebih daripada orang yang selalu sarapan rutin.

Berbagai menu untuk sarapan sehat dapat Mama pilih. Sebaiknya, untuk sekadar mengisi lambung dan menambah energi saja, Ma. Seperti yoghurt, telur dadar tanpa garam, atau semangkuk oatmeal dan potongan buah.

Hal ini merupakan antisipasi agar Mama nggak kalap saat siang harinya. Tidak sarapan tapi makan siang dengan porsi besar ya sama saja dengan nggak diet, Ma.


5. Obesitas bisa dilawan dengan diet

Ooops! Kalau Mama sudah sampai tahap ini, diet saja tidak cukup efektif, Ma. Bantuan dokter gizi atau praktisi kesehatan lain akan membantu Mama melawan obesitas.

And, FYI, obesitas berhubungan erat dengan faktor keturunan, lho. Jadi, nggak heran kalau misal anak yang obesitas ternyata salah satu orang tuanya pun tergolong 'plus size'.

Dengan konsumsi obat sesuai anjuran dokter akan membantu Mama memangkas kadar lemak yang berlebih.


BACA JUGA



Yap! Sudah tahu kan kalau 5 hal seputar cara diet yang diyakini benar selama ini ternyata hanya mitos dan hoax?

Makanya, jangan hanya percaya 'katanya... katanya...' saja, Ma. Telaah lebih jauh lagi jika Mama ingin mendapatkan hasil yang optimal dari cara diet yang Mama jalani.

Jadi, tidak hanya berat badan saja yang berkurang, tetapi juga kadar lemak dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit lain seperti penyakit jantung!

Happy dieting, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar