Keuangan Keluarga di Akhir Bulan Menipis? 5 Barang Bekas Ini Bisa Menjadi Penyelamat Mama!

Keuangan Keluarga di Akhir Bulan Menipis? 5 Barang Bekas Ini Bisa Menjadi Penyelamat Mama!

2.1K
Keuangan keluarga memang penting untuk diperhatikan. Apalagi di akhir bulan, biasanya keuangan keluarga makin menipis.

Akhir bulan untuk keuangan keluarga adalah masa lesu maupun masa banyak duit. Lesu apabila Mama atau suami gajian di awal bulan, masa banyak duit apabila gajiannya di tanggal 25. Betul? Tapi, seringkali yang terjadi akhir bulan keuangan keluarga suka menipis tiba-tiba. Entah itu ada keperluan mendadak, sakit ataupun pengeluaran tak terduga seperti membelikan kado untuk menghadiri pesta ulang tahun anak sepupu. Kalau keuangan keluarga udah menipis, pasti pening lah ya pala Mama Barbie! Hiks...

Sebagai Mama kreatif, kita harus bisa memanfaatkan apa saja (dalam hal positif) untuk dijadikan uang! Salah satunya barang bekas. Iyes, Mama bisa mengumpulkan barang bekas yang berserak di seluruh penjuru rumah dan dijual untuk membantu keuangan keluarga yang menipis.

5 Barang bekas ini bisa Mama uangkan dan jadikan penyelamat keuangan keluarga di akhir bulan.

1. Kertas

Untuk Mama bekerja di rumah pastinya memerlukan kertas, ya, sebagai laporan ataupun catatan kegiatan. Kertas bekas yang salah print ada baiknya dikumpul menjadi satu karena ini sangat berguna. Iyes, Mama bisa menjualnya lagi di pasar loak! Begitupun dengan kertas koran. Daripada dibuang percuma, mending dikumpulin dan dijual juga.

Untuk menjual kertas HVS dan kertas koran ini, Mama harus pisahin, ya. Diikat per jenis karena harga kedua kertas ini berbeda per kilogramnya,

2. Isi lemari dan meja rias

Punya pakaian, sepatu, tas ataupun kosmetik yang sudah tidak terpakai? Jangan biarkan barang-barang ini menumpuk di dalam kamar Mama. Ada baiknya pakaian, sepatu, tas ataupun kosmetik yang masih layak pakai dijual melalui garage sale atau juga bisa Mama jual preloved secara online di Instagram.

Daripada menumpuk tidak berguna di dalam kamar lebih baik dijual dan digunakan oleh orang lain, bukan? Pasang harga yang layak untuk setiap barang yang Mama jual dan jangan lupa untuk mempromosikannya melalui media social, supaya barang yang Mama jual cepat laku.

BACA JUGA


Memilih Lemari Es yang Bagus Ada Triknya, Ma! Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih

Memilih Lemari Es yang Bagus Ada Triknya, Ma! Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih

Memilih lemari es kadang kala tidak terlalu diperhatikan secara detail. Dan seringkali kita pun memilih lemari es karena melihat iklan di tv ...

Read more..

3. Novel

Mama hobi membaca dan mengoleksi novel? Coba deh sesekali periksa lemari bukunya. Pastinya, ada kan buku favorit dan tidak. Daripada menumpuk di lemari buku terus nggak dibaca dan jadi makanan rayap, mending dijual! Barangkali di luar sana ada yang pengin bukunya terus habis stok.

Mama bisa memanfaatkan media sosial untuk menjual buku-buku ini. Pangsa pasar buku bekas itu lars manis lho, Ma. Nah, untuk harga novel yang masih baru, kondisi fisik bagus bisa Mama kasih harga 80% dari harga asli. Untuk novel lama bisa diberikan harga yang sama rata tergantung kondisi bukunya, tahun terbit buku tersebut.

Biasanya nih, hasil penjualan buku atau novel bekas termasuk lumayan lho, Ma! Tertarik? Yuk, dibongkar lemari bukunya.

4. Kaleng atau Botol

Mama suka membeli minuman kaleng atau botol? Apa langsung dibuang kemasannya? Kalau masih disimpan, then lucky you!

Kumpulkan botol-botol bekas minuman dalam satu wadah, pun dengan kaleng. Baiknya dipisah, ya, Ma. Nah, ini bisa Mama jual ke rongsok yang seringkali wara-wiri di kompleks perumahan atau langsung ke tempatnya. Semakin banyak yang terkumpul, makin banyak juga duitnya.

5. Barang Elektronik

Barang bekas elektronik adalah alternatif yang sangat menyelamatkan di akhir bulan. Coba cek radio di sudut ruangan apa masih bisa dipakai, diperbaiki? Kalau tidak mending dijual saja. Lumayan lho duitnya, Ma. Daripada ditumpuk dan bikin sarang nyamuk. Mending dijual, bisa menghasilkan duit.

BACA JUGA


Rumah yang Penuh Keberuntungan? Coba Lengkapi dengan 7 Home Decor Berikut!

Rumah yang Penuh Keberuntungan? Coba Lengkapi dengan 7 Home Decor Berikut!

The most important thing to understand is that the feng shui is really about the energy that's surrounding you in your personal space. ~ ...

Read more..

Itulah 5 barang bekas yang bisa Mama manfaatkan untuk menyelamatkan keuangan keluarga di akhir bulan. Baiknya sih, tiap bulan Mama cek barang-barang yang nggak dipakai biar nggak terjadi penumpukan di sudut-sudut rumah. Lagian dengan mengurangi barang di rumah, rasanya lebih lapang kan tiap ruangan.

Selamat mencoba, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Keuangan Keluarga di Akhir Bulan Menipis? 5 Barang Bekas Ini Bisa Menjadi Penyelamat Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rusydina Tamimi | @rusydinat