Pengin Lahiran Normal, Ma? Lakukan 8 Tips Ini, dan Percayalah Mama Bisa Melakukannya!

Pengin Lahiran Normal, Ma? Lakukan 8 Tips Ini, dan Percayalah Mama Bisa Melakukannya!

1.9K
Roses are red, violets are blue. Inside me, beats two hearts for you.

Saya pikir sudah alamiah dan jadi keinginan setiap calon mama untuk bisa melahirkan secara normal.

Dan, alhamdulillah, pertama kalinya saya menjadi seorang mama, saya bisa merasakan perjuangan itu. Saya tahu, nggak semua mama bisa merasakan keindahan persalinan normal, karena berbagai alasan. Terutama sih biasanya alasan kesehatan ya.

Well, persalinan normal itu, seperti halnya menyusui, seharusnya menjadi kodrat alami perempuan. Namun, ternyata tetap harus kita usahakan dan latih bahkan sejak hari pertama kita tahu bahwa kita hamil, Ma.

Nah, karena itu, saya pengin sharing pengalaman saya mempersiapkan persalinan normal sejak awal-awal masa kehamilan. Jika Mama menginginkan persalinan normal, maka barangkali tips dari saya ini bisa membantu Mama ya.



1. Rutin periksa kandungan

1. Rutin Periksa Kandungan -


Ini adalah hal yang harus benar-benar kita penuhi ya, Ma.

Rutin memeriksakan kandungan membuat kita tahu kondisi janin dan juga mama. Apakah keduanya dalam keadaan sehat? Apakah berat badan Mama sudah sesuai dengan usia kandungan?

Berat bayi juga memengaruhi lho. Seperti saya, saat kontrol terakhir saat usia kehamilan memasuki 9 bulan, berat badan bayi ternyata sudah 2,3 kg. Karena suami takut saat lahir bayinya besar (dan akan menyulitkan saya), maka saya pun dianjurkan mengurangi konsumsi susu hamil. Yang biasanya per hari minum 2 gelas, menjadi 1 gelas saja per hari.

Kekhawatirannya beralasan sih, Ma, karena kalau bayinya terlalu besar, maka akan ada kemungkinan nggak bisa lahir secara normal. Apalagi badan saya memang tergolong mungil ya. Padahal sih sebenarnya berat bayi lahir normal itu kan 2,5 kg sampai 3,7 kg ya *CMIIW*

Tapi, ya, nggak ada salahnya kan, kita berjaga-jaga.


Baca juga: Hamil di Usia 35 Tahun? Aman Kok, Asal ...


2. Perbanyak gerak, jalan kaki, ataupun melakukan posisi sujud

2. Perbanyak Gerak, Jalan Kaki, Ataupun Melakukan Posisi Sujud -


Bukan hal baru jika mama hamil sering disarankan untuk banyak jalan kaki, apalagi kalau usia kandungannya sudah 7 bulan ke atas.

Hal ini bukan tanpa alasan. Yaitu karena pada usia kehamilan 7 bulan, kepala bayi sudah bisa berpindah posisi, menempati posisi persalinan. Bisa lebih dimantapkan lagi dengan posisi nongkrong ataupun perbanyak posisi sujud, Ma. Mama bisa berkonsultasi dan bertanya pada dokter kandungan Mama, mengenai posisi-posisi ini ya.

Dan, rajin-rajinlah melakukannya.


Baca juga: 28 Ilustrasi oleh Okke Sepatumerah Ini Menggambarkan dengan Jelas Kondisi Mama Hamil. Lucu, Membahagiakan, sekaligus Menggemaskan!



3. Pilih tempat persalinan yang pro persalinan normal

3. Pilih Tempat Persalinan Yang Pro Persalinan Normal -


Saya sih nggak bilang bahwa ada rumah sakit yang nggak pro normal, Ma, tapi mencari info mengenai hal ini juga tidak ada salahnya kan? Setidaknya track record rumah sakit bisa dijadikan acuan. Mama bisa mencari tahu dari pengalaman orang-orang yang melahirkan di rumah sakit tersebut.

Saya sendiri, sejak awal, sudah merencanakan untuk bisa melahirkan di bidan dekat rumah mertua saja, walaupun sehari-harinya kontrol di rumah sakit. Pertimbangannya tentu banyak ya, salah satunya ya karena lebih dekat rumah. Kalau ada apa-apa, pastinya lebih gampang. Dan, kalau bidan kan sudah pasti pro persalinan normal jika memang memungkinkan kan?

Nah, kalau Mama ingin melahirkan secara normal di rumah sakit, nggak ada salahnya pilih rumah sakit yang sekiranya pro persalinan normal.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pengin Lahiran Normal, Ma? Lakukan 8 Tips Ini, dan Percayalah Mama Bisa Melakukannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ade Delina Putri | @adedelinaputri

Blogger, stay at home mom, and bookish

Silahkan login untuk memberi komentar