Komunikasi Antara Suami Istri Adalah Koentji untuk Menjaga Hubungan Tetap Hangat - Ini Dia 4 Tip yang Bisa Bantu Mama Papa!

Komunikasi Antara Suami Istri Adalah Koentji untuk Menjaga Hubungan Tetap Hangat - Ini Dia 4 Tip yang Bisa Bantu Mama Papa!

153
Pernah dengar kata pepatah ini, Ma? There is nothing more erotic than a good conversation. Jadi, yuk bangun komunikasi antara suami istri yang baik dengan Papa!

Komunikasi adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan, terutama dalam hubungan suami istri.

Tanpa komunikasi yang baik, hubungan suami istri akan terasa hambar, maksud dan tujuan tidak akan tersampaikan, hasrat tidak mungkin tersalurkan, bahkan poligami bisa datang. Nah loh!

Tapi, Mama tahu sendiri, kan, betapa Papa itu terkadang susah sekali diajak ngobrol? Sudah mencari waktunya sulit, ketika sudah duduk berduaan pun suka nggak nyambung. Mama maunya begini, Papa maunya begitu.

Duh, Papa ini, maunya apa sih?

Weits, jangam melulu menyalahkan Papa dong, Ma. Yuk, cermati lagi, mungkin ada sikap Mama yang salah dalam berkomunikasi dengannya.


BACA JUGA


Demi Hubungan Suami Istri yang Hangat dan Langgeng, Jangan Pernah Sebut 5 Kalimat Ini!

Demi Hubungan Suami Istri yang Hangat dan Langgeng, Jangan Pernah Sebut 5 Kalimat Ini!

Tingkat perceraian semakin tinggi, nih. Jaga hubungan suami istri yang hangat, dan jangan sampai keluar kalimat yang menyebabkan perceraian ...

Read more..


Kita simak dulu tips berkomunikasi suami istri yang lebih baik ala Rocking Mama berikut, yuk!

1. Mengedepankan Fakta, bukan Penilaian Belaka

Ini adalah sebuah kebiasaan buruk suami istri yang bisa jadi menyakitkan, loh Ma!

Menilai dan menghakimi satu sama lain tanpa dasar yang jelas itu adalah pelanggaran harga diri. Misalnya saja, tanpa tau kisah sebenarnya, Mama bilang ke Papa kalau istri di rumah sebelah itu 'kayaknya' dipukuli suaminya, karena tangannya biru lebam. Mama juga berkomentar bahwa si suami yang mukanya codet itu 'sepertinya' suka KDRT.

'Kayaknya' dan 'sepertinya' itu adalah sebuah penilaian, Ma. A jugdement. Suatu pernyataan yang bersumber dari kesimpulan sendiri, bukan fakta sebenarnya. Mama sendiri yang menyimpulkan, bahwa lebamnya si istri adalah karena dipukuli, dan muka cacat si suami berarti ia punya sifat kejam pada istri.

Bisakah nanti Mama mempertanggungjawabkan 'penilaian' tersebut, jika kedua suami istri itu memintanya?

Penilaian-penilaian semacam itu mungkin tidak disukai Papa, Ma. Baginya, omongan Mama hanya akan terdengar sebagai gosip semata.


2. Menatap dan Mendengar

Lakukan keduanya dengan sungguh-sungguh saat mengobrol dengan Papa, ya Ma. Menurut situs neoronation, orang itu melakukan kontak mata sebanyak 75% saat berbicara, dan hanya 40% saja saat mendengarkan. Artinya, kebanyakan orang itu cukup egois untuk lebih ingin didengarkan daripada mendengarkan.

Apalagi wanita, yang biasanya bicara lebih banyak daripada pria, membuat para pria keburu bosan mendengarkannya.

Bila Mama 'mencontohkan' dua hal ini dengan benar pada Papa, maka ia pun akan melakukan hal yang sama, yaitu mendengarkan sambil menatap, agar komunikasi suami istri menjadi lebih efektif.


BACA JUGA


Pasangan Suami Istri Sering Melakukan 6 Kebiasaan Perusak Hubungan Rumah Tangga Ini. Pastikan Mama dan Papa Tak Melakukannya!

Pasangan Suami Istri Sering Melakukan 6 Kebiasaan Perusak Hubungan Rumah Tangga Ini. Pastikan Mama dan Papa Tak Melakukannya!

Menjadi suami istri memang tidak mudah, tapi menjalaninya dengan penuh kerja sama akan menjadikannya terasa mudah

Read more..


3. Sopan dan Santun

Perhatikan juga etika, walaupun "hanya" berkomunikasi dengan Papa, ya Ma. Sopan berarti Mama memberikan bahasa tubuh yang membuatnya nyaman saat berbicara ataupun mendengarkan. Santun berarti Mama menggunakan bahasa-bahasa yang positif dan tidak menyinggung perasaan.

Menurut Institute of Cognitive Science and Technology, ada hubungannya antara gerak tubuh dengan bahasa. Mereka meneliti hal ini pada anak-anak, dan hasilnya, gerak tubuh membantu membangun kalimat dan berekspresi.

Cobalah menggerakkan tangan pada kalimat yang ingin Mama tekankan pada Papa, niscaya ia akan lebih memperhatikan. Coba juga untuk memainkan rambut saat mendengarkannya bicara yang menunjukkan kekurangpedulian, pasti Papa akan kesal.

Soal kesantunan, Mama harus bangga menjadi orang timur yang cenderung berhati-hati dalam bicara dan jarang blak-blakan, nih. Namun demikian, sambil memperhatikan perasaan Papa saat sedang membangun komunikasi suami istri yang baik ini, Mama juga tetap harus to the point dan tidak bertele-tele, ya!


4. Akhiri dengan ....

Bed time biasanya adalah waktu yang paling tepat untuk berbicara dari hati ke hati dengan Papa dalam usaha menjalin komunikasi suami istri yang lebih baik. Suasananya mendukung untuk rileks, sehingga Mama bisa mengatakan apa saja yang ada dalam hati dan pikiran Mama.

Jangan lupa minta Papa untuk menceritakan apa pun yang terjadi padanya setelah seharian penuh berada di luar rumah ya, Ma.

Ranjang adalah tempat yang baik untuk saling bertukar kata. Menurut Paul Rosenblatt, PhD, pengarang buku Two in Bed: The Social System of Couple Bed Sharing, menghabiskan beberapa menit untuk berbicara antara suami istri sebelum tidur akan membantu untuk saling tahu tentang keseharian, mendorong untuk membuat rencana-rencana, serta mendiskusikan berbagai masalah dalam keadaan yang lebih tenang dan atmosfir yang lebih nyaman.

Lagipula, pembicaraan di tempat tidur bisa diakhir dengan aktivitas ranjang lainnya yang bisa membuat hubungan bertambah mesra. Ehem!


BACA JUGA


Hubungan Suami Istri Tak Selamanya Mulus - Mengertilah 7 Kebutuhan Dasar Mama Ini, Pa, Demi Menjaga Kekompakan Kita!

Hubungan Suami Istri Tak Selamanya Mulus - Mengertilah 7 Kebutuhan Dasar Mama Ini, Pa, Demi Menjaga Kekompakan Kita!

Hubungan suami istri penuh lika-liku ya, Ma. Meski satu atap, suami istri adalah 2 pribadi yang tidak mungkin sama. Pasti berbeda. Salah ...

Read more..


Siap untuk membangun komunikasi suami istri yang efektif, bermanfaat, dan penuh cinta dengan Papa sekarang? Have fun, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Komunikasi Antara Suami Istri Adalah Koentji untuk Menjaga Hubungan Tetap Hangat - Ini Dia 4 Tip yang Bisa Bantu Mama Papa!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar