Konsumsi 4+ Obat Alami Lawan Penyakit Musim Hujan Ini, dan Mama Tak Perlu Pergi ke Apotek Lagi!

Konsumsi 4+ Obat Alami Lawan Penyakit Musim Hujan Ini, dan Mama Tak Perlu Pergi ke Apotek Lagi!

238
Daya tahan tubuh menurun? Wah, mesti stok obat tuh! Bukan, bukan obat kimia yang dijual di apotek. Tapi, obat alami yang bahannya ada di sekitar rumah!

Yash! Musim hujan sudah datang, dan barangkali beberapa dari kita sudah mulai nih terserang beberapa penyakit 'wajib' musim hujan. Apalagi kalau bukan flu, diare, dan yang bikin parno ... demam berdarah! Oh no! Makanya, jangan lupa untuk nge-boost daya tahan tubuh ya, Ma.

Tak kurang penting, kalau buat saya sih, sedia stok obat.

Eh, tahu nggak sih, Ma, bahwa sebenarnya kita tuh bisa untuk tidak meminum obat-obatan kimia dan lebih banyak mengonsumsi obat alami lo!

Mungkin juga ada yang belum tahu, obat alami apa saja yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi beberapa penyakit 'wajib' musim hujan. Ternyata ada beberapa yang dengan mudah kita dapatkan di rumah.


BACA JUGA


Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak sakit batuk? Flu, atau jatuh hingga lututnya luka? Tahan dulu kalau Mama mau segera memberinya obat generik atau pergi ke dokter. Coba ...

Read more..


Jadi, untuk apa mesti pergi ke apotek beli obat, kalau semua obat alami penyakit ringan ini sudah tersedia di rumah?

1. Obat flu


Obat alami untuk flu: jahe dan kayu manis sudah yang paling bener. Ditambah jeruk nipis.

Nah, penyakit yang paling sering datang di musim hujan itu memang flu ya. Batuk, pilek, hidung mampet, demam, plus kepala yang super pusing. Biar katanya 'cuma' flu, tapi bikin kita lemas dan malas meninggalkan tempat tidur.

Kalau obat flu yang biasa didapatkan di apotek biasanya sih akan berefek ngantuk. Dan, pastinya, semakin banyak zat kimia masuk ke dalam tubuh itu juga kurang baik, Ma.

Maka, yuk, buat sendiri ramuan herbal obat alami antiflu dengan beberapa bahan masakan yang ada di dapur.

Caranya, seduh segelas air dengan rempah seperti bawang, irisan jahe segar, kemangi, dan kayu manis. Hidangkan panas-panas untuk diseruput, akan membantu untuk menjauhkan Mama dan keluarga dari gejala flu.


2. Untuk penderita asma


Obat alami untuk asma: yoga

Yak, asma ini erat kaitannya dengan alergi. Dan, musim hujan ini biasanya memicu asma karena alergi dingin.

Obat alami yang bisa Mama lakukan saat asma menyerang adalah dengan melakukan yoga di rumah.

Ya, pose cobra yang ada di yoga mampu membuat pernapasan para penderita asma lho. Rebahkan badan dengan posisi perut menyentuh lantai. Letakkan telapak tangan di lantai, tepatnya di bawah bahu. Tarik napas ketika Mama mengangkat kepala dan dada, lalu buang napas saat merebahkan kembali badan Mama. Lakukan sebanyak 5 kali.

Lakukan gerakan ini setidaknya sehari sekali, Ma. Nggak akan makan waktu lama kok untuk melakukannya. You can do it di tengah kesibukan yang menggunung.


BACA JUGA


Sudah Ada Kotak P3K Belum di Rumah, Ma? Inilah Beberapa Obat Darurat yang Selalu Harus Ada!

Sudah Ada Kotak P3K Belum di Rumah, Ma? Inilah Beberapa Obat Darurat yang Selalu Harus Ada!

Kotak P3K yang lengkap dapat membantu kita memperingan sakit. Namun mencegah tetap lebih baik daripada mengobati

Read more..


3. Hilangkan sariawan


Obat alami untuk sariawan - Teh hitam

Nah, daya tahan tubuh menurun itu memang biasanya berkaitan dengan kekurangan vitamin C. Kalau vitamin C tak terpenuhi, biasanya sih ditandai dengan sariawan.

Selain dengan banyak-banyak mengonsumsi jeruk, sariawan ini ternyata paling manjur diobati dengan teh hitam, Ma. Tuangkan air panas pada sebuah tea bag untuk membasahinya, lalu biarkan sesaat. Letakkan tea bag yang masih hangat tersebut selama 5 menit pada sariawan.

Mama bisa melakukan ini beberapa kali dalam sehari sampai sariawan Mama benar-benar sembuh. Mama akan terkejut, betapa mudahnya sariawan pergi dengan cara ini.


4. Batuk dan sakit tenggorokan


Obat alami untuk batuk dan sakit tenggorokan - Bawang putih

Batuk dan sakit tenggorokan dapat disembuhkan dengan mengunyah satu siung bawang putih mentah, Ma. Iya, saya tahu, rasanya pasti nggak karuan ya. Plus, berasa kayak vampir nggak sih? Lawannya bawang putih. Hahaha. Tapi bener, Ma, ini adalah obat alami terampuh melawan batuk dan sakit tenggorokan.

Atau, Mama bisa juga mengunyah kencur mentah sebesar ruas jari. Wah, sama saja nggak enaknya! Hahaha. Tapi, mana yang lebih nggak enak, Ma, dibandingkan dengan batuk berkepanjangan?

Bila batuk sulit diatasi, Mama dapat menghirup dalam-dalam eucalyptus essential oil, yang dipercaya mampu membantu menghilangkan lendir.


BACA JUGA


8 Alasan Olahraga Adalah Obat Terbaik untuk Segala Penyakit

8 Alasan Olahraga Adalah Obat Terbaik untuk Segala Penyakit

Manfaat melakukan olahraga tak hanya mengencangkan otot dan membuat tubuh lebih bugar, tetapi juga bisa melawan penyakit dan meningkatkan ...

Read more..


See, Mama? Semua obat alami di atas, saya yakin deh, Mama sudah punya semua di rumah. Nggak perlu jauh-jauh ke apotek kan?

Sehat selalu ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Konsumsi 4+ Obat Alami Lawan Penyakit Musim Hujan Ini, dan Mama Tak Perlu Pergi ke Apotek Lagi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar