Staycation: Cara Liburan Sekolah Asyik dengan Memaksimalkan Waktu Santai di Hotel!

Staycation: Cara Liburan Sekolah Asyik dengan Memaksimalkan Waktu Santai di Hotel!

1.3K
Liburan sekolah paling asyik memang traveling. Tapi, kalau punya anak balita gimana? Nggak bisa terlalu banyak habiskan waktu di luar dong. Nah, ini dia. Staycation, cara liburan sekolah yang asyik dengan memanfaatkan waktu-waktu santai di hotel saja.

Liburan sekolah, paling seru kalau dilewatkan bersama keluarga keluar kota ya, Ma?

Senang rasanya memiliki waktu luang yang cukup panjang bersama seluruh keluarga dalam liburan sekolah seperti ini ya. Apalagi kalau berwaktuluangnya di luar rumah, baik dalam rangka mudik Lebaran, atau sengaja berkeliling ke lain kota, untuk ikut menikmati suasana hari raya umat Islam yang hikmat sekaligus ramai itu. Pas banget!

But, wait a minute. Keluar kota? Berarti harus menginap di hotel, dong. Sama anak-anak yang super pecicilan itu? Apa jadinya si kamar hotel nanti?

Atau berarti mesti jalan-jalan keluar, yang berarti harus siap-siap gendong si balita yang masih suka rewel kalau kecapekan?

Hwaduhh, rasanya baru membayangkannya saja sudah pusing!

Eits, tapi jangan khawatir, Ma.

Staycation, cara baru menikmati liburan sekolah dengan memaksimalkan waktu menginap di hotel ini sekarang lagi ngetren lho. Yes, dengan staycation, paling-paling Mama hanya perlu untuk sedikit kreatif mengajak anak-anak menikmati segala macam fasilitas hotel yang ada, sambil terus membuat anak-anak sibuk.

Ini ada beberapa tips untuk melakukan staycation, menghabiskan waktu liburan sekolah dengan menikmati waktu santai di hotel, dan anak-anak yang baterainya ngga habis-habis itu bisa tetap "bungkam" dan well-behave saat menginap di hotel. Yuk diintip!


BACA JUGA


Ini Dia Rekomendasi 7 Hotel Instagramable dengan Konsep yang Unik di Yogyakarta

Ini Dia Rekomendasi 7 Hotel Instagramable dengan Konsep yang Unik di Yogyakarta

We travel not for escape life, but for life for not to escape us

Read more..


1. Jelajahi hotel


Namanya hotel, pasti ada fasilitas-fasilitas yang disediakan yang bisa dinikmati secara maksimal oleh para tamu. Kolam renang, spa, gym, resto, shopping arcade, ... apa pun!

Coba ajak anak-anak menjelajahi hotel untuk menemukan spot-spot asyik yang bisa mereka manfaatkan, Ma. Bahkan kalau perlu, naik turun lift, dan jelajahi setiap lantai hotel!

Yang penting, jagalah agar anak tetap tenang ya, agar tak mengganggu tamu lainnya.


2. Manfaatkan fasilitas hotel


Jika memang Mama menghabiskan liburan sekolah dengan menginap di hotel yang menyediakan banyak fasilitas, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkannya ya. Misalnya seperti kolam renang, gym, ataupun spa.

Ada beberapa hotel yang memang menyediakan paket-paket menginap dengan sudah memasukkan berbagai fasilitas tersebut secara gratis, tapi ada pula yang Mama harus membayar terpisah.

So, make sure, Mama bertanya dulu mengenai pemakaian fasilitas tersebut pada resepsionis saat Mama check in. Jangan lupa juga meminta penjelasan mengenai pemakaiannya oleh anak-anak.


3. Bersosialisasi


Nah, jika Mama beruntung dan mungkin sedang tidak terlalu crowded, Mama bisa mengenalkan berbagai profesi yang ada di hotel tersebut. Biarkan anak-anak mengobrol dengan resepsionis, doorman, porter, waitress, bahkan mungkin sampai chef-nya.

Pastinya hal ini akan memberi kesempatan baik bagi anak-anak untuk memahami berbagai profesi kan ya, Ma?

Tak hanya itu. Staycation ini juga bisa memberi kesempatan anak-anak untuk berkenalan dengan tamu lain. Kalau tamu lain juga punya anak, nah, biarkan deh mereka saling berkenalan.

Wuw, pasti seru deh, main dengan teman baru yes?

Yang penting ya itu, Ma. Mama tetap harus mengawasi anak-anak baik-baik. Jangan sampai mereka mengganggu aktivitas karyawan hotel ataupun tamu yang lain.


BACA JUGA


Ini Dia 4 Objek Wisata di Bali yang Populer dan Ramah Anak yang Wajib Kunjung

Ini Dia 4 Objek Wisata di Bali yang Populer dan Ramah Anak yang Wajib Kunjung

Wisata di Bali? 4 objek wisata di Bali ini ramah anak, jangan sampai lupa dikunjungi juga ya

Read more..


4. Gadget, of course!


Nah, kalau cuma bisa menghabiskan waktu liburan sekolah di kamar hotel saja gimana? Bosen dong?

Hmm, nggak juga, Ma.

Yang pertama bisa Mama lakukan adalah membebaskan anak-anak melakukan apa yang mereka mau.

Di hari-hari biasanya, anak-anak memang menggunakan gadget dengan penuh peraturan. Harus menyelesaikan semua tugas sekolah dan rumahnya dulu baru boleh pegang gadget, dan itu pun waktunya terbatas.

Tapi kalau sedang liburan sekolah begini, well, sudahlah, kasih mereka sedikit kelonggaran, atas nama ketenteraman bersama. Mama dan Papa tentu butuh tambahan waktu istirahat karena perjalanan yang jauh.

Di sisi lain, anak-anak pun punya waktu yang lebih untuk dihabiskan. Jadi, biarkan sajalah mereka bermain dengan smartphone-nya selama Mama dan Papa tidur barang satu dua jam lebih lama untuk tambahan energi.

Jangan lupa siapkan ekstra baterai (charger dan power bank) untuk perangkat elektroniknya, supaya permainan (dan istirahat Mama) tidak terganggu.


5. Perlengkapan menggambar


Anak-anak suka sekali barang yang berwarna-warni, terlebih lagi, jika itu bisa dipakai untuk mencorat-coret.

Mampirlah sebentar ke toko buku terdekat sebelum check-in, ya Ma, dan belikan mereka seperangkat alat tulis atau gambar yang menarik bagi para Picasso cilik itu. Pilihkan crayon, spidol, atau pensil warna, lalu minta mereka memilih sendiri buku mewarnainya, karena masing-masing anak punya karakter favorit. Mewarnai Spongebob bagi adik tentu lebih menyenangkan daripada mewarnai Princess seperti kesukaan kakaknya, bukan?

Belikan juga mereka buku menggambar, supaya anak-anak bisa berkreasi sesuai dengan imajinasinya di atas lembaran kosong.

Lumayanlah, kegiatan ini tentu bisa ‘membelikan’ Mama waktu istirahat sekitar satu jam atau lebih. Tapi, pastikan agar corat-coret itu hanya di seputaran buku, ya! Jangan sampai mereka menggunakan dinding kamar hotel sebagai kanvasnya. Hahaha.


6. Gunting-tempel!


Selain alat tulis dan mewarnai, benda lain yang juga seru untuk mengisi liburan sekolah di hotel adalah gunting dan lem.

Yes, sibukkan anak-anak dengan ajang gunting-tempel, membuat kolase dari berbagai gambar yang ditemukan. Mereka bisa mengambil bahannya dari majalah yang disediakan di hotel, atau dari buku gambarnya yang sudah diwarnai.

Katakan bahwa Mama akan memilih karya terbaik untuk dipajang di koper saat pulang nanti. Dan minta seniman-seniman kecil itu membuat setidaknya masing-masing lima kolase (yang berarti sekitar dua jam-an)!

Nah, sementara Mama dan Papa bisa memanjakan diri dengan menonton film nonstop di saluran film hotel, berendam di bath tub, atau ‘tenggelam’ di kasur dan bantal empuk. Mereka nggak akan mengganggu "acara" Mama setidaknya sampai mereka membangunkan Mama.


BACA JUGA


Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan sekolah nan seru yang menyenangkan itu penting sebagai penyeimbang hidup. Kerja keras yang sudah kita lakukan sepanjang waktu ...

Read more..


7. Maksimalkan isi kamar!


Just in case you forgot to prepare things to keep the children occupied, tidak apa-apa, maksimalkan saja apa yang dapat Mama temukan di dalam kamar hotel.

Ajak anak-anak camping, misalnya. Mama bisa memakai bed cover yang lebar sebagai tenda, dan celah di antara dua tempat tidur (kalau pesan twin bed) atau antara tempat tidur dan jendela (kalau double bed) sebagai area berkemah. Ikat di sana-sini, ganjal dengan itu-ini, agar penutup kasur tebal itu bisa sedikit berdiri dan membentuk atap.

Beri sedikit intro, bahwa mereka sedang liburan sekolah ke hutan yang jauh dari peradaban. Katakan bahwa setiap hari mereka harus mandi di sungai dan memancing untuk mendapat makanan.

Biarkan pejuang-pejuang kecil itu hilir mudik ke bath tub untuk (pura-pura) mandi di sungai, dan memancing di wastafel yang penuh dengan snack dengan sendok makan. Lalu bila malam tiba, mereka harus berlindung di bawah tenda sambil bertukar cerita.


8. Bubble time!


Masih dalam rangka menggunakan ‘barang seadanya’, kali ini pergunakan saja kamar mandi dan isinya.

Penuhi bath tub dengan air, dan tuangkan botol-botol kecil shampoo serta sabun ke dalamnya. Bekali anak-anak dengan sedotan untuk membuat gelembung-gelembung sabun, juga dengan spons, shower cap, dan sikat gigi yang dapat Mama temukan di wastafel agar mereka dapat bermain-main dengannya.

Aktivitas air ini memang mengasyikkan, tapi juga perlu kewaspadaan orangtua. Jadi, jangan tinggalkan anak-anak tanpa pengawasan terlalu lama.

Atau ajak mereka untuk memainkannya di halaman hotel, Ma. Pastinya tetap dalam pengawasan Mama ya.


9. Nonton film


Last but not least, kegiatan paling oke untuk dilakukan kapan pun, termasuk saat sedang menghabiskan liburan sekolah dengan staycation di hotel adalah ... menonton film!

Pilihkan channel khusus anak yang acaranya melulu film kartun, siapkan segudang camilan, dan biarkan mereka ‘anteng’ di kasur menikmati tontonan dan hidangannya.

Mama sendiri nonton film di mana? Well, manfaatkan wifi hotel untuk ber-streaming, Ma. Cocok kan? Hehehe.


BACA JUGA


Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!

Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!

Liburan sekolah masih tersisa. THR sudah habis. Jadi, gimana dong? Ya, liburan sekolah nggak mesti mahal kok, Ma

Read more..


Nah, ternyata liburan sekolah bisa seru juga dengan ber-staycation di hotel, bukan? Sudah pasti kegiatan-kegiatan di atas ramah balita kan?

Selamat menikmati liburan bersama keluarga, ya Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Staycation: Cara Liburan Sekolah Asyik dengan Memaksimalkan Waktu Santai di Hotel!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar