Liburan Murah dan Hemat Bareng Keluarga? Bisa Saja, Tapi Mama Mesti Tahu Dulu 6 Hal Berikut!

tips liburan murah dan hemat bersama keluarga

Liburan Murah dan Hemat Bareng Keluarga? Bisa Saja, Tapi Mama Mesti Tahu Dulu 6 Hal Berikut!

69
Travelling itu menyenangkan. Tapi, akan lebih menyenangkan kalau bisa liburan murah alias hemat. Yes

Travelling memang menyenangkan. Bepergian ke berbagai tempat indah bersama Papa dan anak-anak. Menikmati pemandangan yang belum pernah dilihat, juga makanan yang belum pernah dicicipi sebelumnya. Berbagi suka dan duka sepanjang perjalanan bersama keluarga, yang akan menambah pahit manisnya kenangan.

Tapi liburan itu relatif nggak murah. Betul, Mama?

Nah, ini ada rangkuman 6 hal yang harus diperhatikan agar Mama sekeluarga bisa liburan murah dan hemat, agar tetap aman, nyaman dan damai sepanjang perjalanan!

Penjadwalan

Hal pertama dan yang paling penting untuk dilakukan untuk bisa liburan murah dan hemat adalah dengan menyusun jadwal lebih awal.

Dengan susunan jadwal lebih awal, Mama pun bisa memesan tiket transportasi lebih murah. Misalnya saja tiket pesawat, biasanya akan lebih murah jika Mama memesannya 3 bulan sebelum keberangkatan.

Berlibur bersama anak-anak itu sangat butuh jadwal, mengingat mereka tidak terlalu peduli dengan waktu. Jadi, susunlah jadwal kegiatan dan lakukan briefing. Pastikan mereka (juga Papa!) paham, bahwa meski liburan, mereka tetap bangun tidur harus (misalnya) pukul 5 untuk mengejar transportasi, lalu bergegas mandi tanpa berlama-lama. Jangan lupa sarapan, barulah berangkat. Sebisa mungkin tiba di penginapan lagi pukul 10 malam.

Selain jadwal berkegiatan, susunlah juga agenda perjalanan. Jangan lupakan kebutuhan anak-anak dengan hanya mengunjungi museum ya, Ma. Masukkan beberapa tempat wisata yang mengasyikkan bagi mereka dalam jadwal, karena pelesiran ini juga harus berkesan bagi mereka.

Tak lupa, tanyakan pada Papa, tempat apa yang kira-kira ingin dikunjunginya juga, lalu atur-aturlah semua dalam sebuah agenda yang bermanfaat dan menyenangkan bagi semua.


BACA JUGA


Liburan di Jakarta? Kenapa Enggak? Berikut Tip Menghabiskan Libur di Jakarta

Liburan di Jakarta? Kenapa Enggak? Berikut Tip Menghabiskan Libur di Jakarta

Saat semua orang berbondong-bondong keluar Jakarta saat liburan, kita bisa kok malah memilih liburan di Jakarta. Kalau masa libur, Jakarta ...

Read more..


Packing

Hal kedua yang tak kalah penting agar bisa menikmati liburan murah dan hemat secara maksimal adalah pengepakan barang.

Berlibur itu pasti berarti melakukan banyak perjalanan, jadi jangan menambah-nambah kelelahan dengan tas yang berat. Sebagai saran, gunakanlah backpack yang berbahan ringan dengan jahitan kuat, ketimbang koper, karena lebih fleksibel dan praktis.

Untuk membuat acara packing menjadi efisien, Mama bisa memakai jeans (yang cocok untuk berbagai cuaca dan tempat) pada saat pergi, karena celana jeans butuh tempat lebih, juga sedikit lebih berat dari bahan lain. Gulung dan masukkan dua-tiga tshirt (lengan panjang atau pendek, sesuai selera dan cuaca di tempat tujuan) yang berbahan anti-wrinkle dan cepat kering bila dicuci. Selipkan underwear--juga hijab nyaman yang tinggal pakai, bukan yang diuntir-untir dulu--secukupnya, dan jangan lupakan satu buah baju hangat dan penutup kepala (jumlahnya bisa lebih jika cuaca di sana dingin).

Segitu sepertinya cukup untuk perjalanan selama 3-4 hari, Ma. Tapi untuk anak-anak, selalu siapkan dua pasang pakaian tambahan, ya!


Tempat Menginap

Mau liburan murah dan hemat, yang paling menentukan adalah tempat menginap.

Tempat menginap sekarang ini sudah sangat beragam. Mulai dari hotel berbintang, budget hotel, villa mewah, sampai unit-unit kecil apartemen.

Carilah yang sesuai dana, apakah cukup untuk suite room atau hanya apartemen mungil. Jika berlibur dengan anak-anak, untuk melatih kemandirian serta menghemat dana, sebaiknya pilih apartemen. Luasnya beragam, kok, tergantung keperluan, dan kadang ada mesin cucinya juga.

Lumayan, hemat uang laundry dan bebas tangan pegal!

Apartemen juga memiliki dapur sendiri, dan jika menjalin komunikasi yang baik dengan pemiliknya, bisa minta pinjam alat masak dan makan juga. Sekalian tanya toko sayur terdekat, ya Ma!

Selain itu, pilihlah apartemen di tengah kota, sehingga Mama dan keluarga tidak perlu jauh-jauh berkelana. Apartemen di tengah kota juga dekat dengan sarana transportasi, jadi kemungkinan nyasar dan kebingungannya berkurang.

Untuk hotel, pertimbangkanlah untuk tak usah menyewa kamar yang berfasilitas sarapan. Bedanya cukup lumayan, Ma. Untuk sarapan, Mama bisa berimprovisasi dengan Papa dan anak-anak.


Tranportasi


Kalau mau liburan murah dan hemat, selain tempat menginap, maka yang berikutnya harus dipikirkan adalah transportasi. Usahakanlah untuk lebih banyak berjalan daripada berkendara, demi kesempatan dan pemandangan asing yang bisa ditemui sepanjang perjalanan.

Berkendara tentu harus, tapi lebih baik dengan transportasi umum. Selain lebih murah dan go green, Mama dan keluarga akan dapat lebih banyak kesempatan berinteraksi dengan penduduk lokal. Senang kan, jika punya teman dari berbagi kota dan negara?

Untuk anak-anak, kenyamanan mereka juga harus diperhatikan. Berikan mereka tempat duduk di sisi jendela, supaya perjalanannya terasa lebih menyenangkan. Dan, relakanlah kaki mereka berselonjoran karena lebih cepat lelah. Jangan lupakan 'obat' bosan, seperti buku cerita, sekotak halma, dan gadget dengan baterai penuh!


BACA JUGA


Mau Traveling Backpackeran Berdua Saja sama Papa? Perhatikan 10 Hal Berikut Supaya Acara Liburan Benar-Benar Menyenangkan!

Mau Traveling Backpackeran Berdua Saja sama Papa? Perhatikan 10 Hal Berikut Supaya Acara Liburan Benar-Benar Menyenangkan!

Sudah jenuh dengan rutinitas? Waktunya menyusun rencana traveling sama Papa nih! Kali ini ayo, kita backpackeran berdua

Read more..


Makanan

Makanan menjadi hal ketiga yang paling menentukan ongkos liburan murah dan hemat Mama.

Ya, makanan bisa menghabiskan setidaknya 30% dari total dana pelesir. Tapi bujet itu masih bisa dipotong dengan sarapan dan bekal makan siang.

Jika Mama menginap di apartemen yang memungkinkan Mama untuk masak sendiri, mintalah Papa pergi ke toko sayur terdekat untuk membeli kebutuhan makan pagi dan siang, sementara Mama memandikan anak-anak. Setelah itu, siapkan makanan untuk sarapan dan bekal makan siang. Tidak usah membuat yang rumit, karena waktunya terbatas.

Untuk sarapan, setangkup sandwich isi beef bacon dan selada akan cukup untuk mengganjal perut sampai siang. Untuk siang, tumis jamur dan dadar telur yang disimpan rapat dalam misting sudah akan membuat kenyang.

Makan malam? Nah, dinner time bisa pakai bujet khusus untuk menjajal wisata kuliner atau makanan lokal dengan Papa dan anak-anak, supaya pelesirannya berkesan!

Jika Mama tidak mungkin memasak sendiri makanan untuk sekeluarga, Mama tetap bisa mencari warung terdekat dengan penginapan yang buka pagi.


Oleh-oleh

Sebenarnya, untuk yang satu ini bisa dikategorikan tentatif--bisa dijadikan, bisa tidak.

Tapi jika mengalokasikan dana tersendiri, Mama bisa membelinya sekalian berkunjung ke pasar malam atau flea market terdekat. Pilihlah barang yang tidak memberatkan bagasi, seperti magnet kulkas, atau pernak-pernik ciri khas lokal, dan dengan pembelian grosir, supaya lebih murah.

Namun, tidak ada hukumnya bahwa yang berpelesir harus pulang dengan oleh-oleh, Ma. Jadi lakukan seikhlasnya dan sesuai bujet. Yang terpenting adalah mendahulukan kepentingan keluarga, misalnya mainan unik buat anak-anak, atau barang buatan penduduk setempat buat koleksi Papa.


BACA JUGA


Liburan Jangan Sampai Menyisakan Masalah. Atasi dengan Beberapa Trik Penyelamatan Keuangan Berikut!

Liburan Jangan Sampai Menyisakan Masalah. Atasi dengan Beberapa Trik Penyelamatan Keuangan Berikut!

Liburan memang perlu dan penting! Tapi yang juga penting (tapi sering diabaikan) adalah jangan sampai liburan menyisakan masalah keuangan ...

Read more..


Sekarang, sudah siap liburan murah dan hemat, kan Ma? Happy travelling!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Murah dan Hemat Bareng Keluarga? Bisa Saja, Tapi Mama Mesti Tahu Dulu 6 Hal Berikut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar