Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!

Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!

917
Liburan membuat kita lebih bisa menerima perbedaan dan lebih toleran. Pada tahap tertentu, berjalan menyisiri belahan bumi lain membuat kita bisa mensyukuri nilai yang kita anut atau bahkan mengevaluasinya.

Ada yang merasa nggak butuh liburan?

Well, ini bukan hanya soal gaya hidup atau mengikuti kekinian lho, Ma. Tapi liburan atau traveling memiliki pengaruh yang sangat besar pada diri seseorang.

Jadi jangan ragu-ragu untuk menjadwalkan liburan di sela waktu yang Mama miliki. Boleh sendirian, dengan teman-teman Mama, berdua saja dengan Papa, atau bareng anak-anak juga sekeluarga.

Liburan akan membuat kita menjadi pembelajar di dunia nyata, Ma. Iya, pembelajar yang tidak mentok di ruang kelas atau di buku pelajaran.

Liburan membantu kita membuka cara pandang dan wawasan akan budaya, tradisi dan juga pengalaman, juga merupakan cara terbaik untuk memperluas cakrawala dan prespektif kita, biar nggak terbatas cuma seputar dapur, tetangga, atau lingkungan kantor.

Liburan juga menghubungkan kita dengan dunia. Mama bisa melihat kehidupan orang-orang di sudut belahan bumi lain, dan mendapatkan inspirasi dan terberkahi karenanya.

Liburan dan perjalanan ke mana saja juga membuat kita lebih bisa menerima perbedaan dan lebih toleran. Pada tahap tertentu berjalan menyisiri belahan bumi lain membuat kita bisa mensyukuri nilai yang kita anut atau bahkan mengevaluasinya.


BACA JUGA


Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan sekolah nan seru yang menyenangkan itu penting sebagai penyeimbang hidup. Kerja keras yang sudah kita lakukan sepanjang waktu ...

Read more..


But, wait, "menyusuri belahan bumi lain" ini jangan diartikan bahwa untuk liburan kita harus keluar negeri, Ma! Ke kabupaten sebelah, kota sebelah, provinsi sebelah, juga sudah merupakan "belahan bumi lain".

Sudah pernah ke Sawarna belum? Masih di Pulau Jawa Kok, di Banten Selatan!


Dan, apa sih Ma yang bisa Mama pelajari dari pengalaman melakukan traveling dan liburan ini?


1. Tinggalkan zona nyaman


Pelajaran dari liburan - Meninggalkan zona nyaman

Traveling dan liburan ke tempat lain itu artinya Mama siap meninggalkan sejenak area nyaman dan familiar di lingkungan rumah untuk melakukan lompatan keyakinan atau kepercayaan.

Mama berkemas dan meninggalkan lingkungan yang sudah familiar untuk menemui hal yang sama sekali baru.

Ini penting untuk memperluas wawasan Mama. Sekali Mama mencobanya dan menemukan satu tempat baru, Mama akan merasakan hal yang sangat menyenangkan. Berada di lingkungan yang tidak familiar dan menikmatinya itu luar biasa lho, Ma.

Mama akan mendapatkan “timeless story” dari sana.


2. Menghargai budaya lain


Pelajaran dari liburan - Mempelajarai budaya baru

Saat liburan dan melakukan traveling Mama akan merasakan hidup dalam budaya yang berbeda dan mengalami tradisi mereka.

Well, itu adalah pengalaman terbaik yang bisa Mama dapatkan yang tidak Mama dapatkan hanya dengan membaca buku.

Melihat dan menjadi bagian dari suatu budaya yang berbeda membuat kita memahami esensi sesungguhnya dari budaya tersebut. Hal ini tentu akan membantu kita memahaminya, dan bahkan jika beruntung kita bisa belajar bahasa baru, ragam busana yang baru, kuliner yang baru, Seru kan?

Kita hanya akan menghargai sesuatu ketika kita bisa melihat dan merasakannya langsung.

Makanya, Ma, sebelum melakukan liburan dan perjalanan ke suatu tempat, alangkah baiknya Mama membuat dulu itinerary, rencana perjalanan, juga membaca-baca dulu berbagai tips perjalanan, sehingga Mama bisa tahu hal apa saja yang harus dan akan Mama jumpai di lokasi liburan.

Singkat kata, jangan sampai melewatkan tempat-tempat yang wajib dikunjungi di sana.


BACA JUGA


Di Antara 4 Tipe Liburan Keluarga Ini, Manakah yang Paling Cocok untuk Keluarga Mama? Pertimbangkan, Agar Benar-benar Enjoyable!

Di Antara 4 Tipe Liburan Keluarga Ini, Manakah yang Paling Cocok untuk Keluarga Mama? Pertimbangkan, Agar Benar-benar Enjoyable!

53% liburan keluarga membuat hubungan antar anggota keluarga semakin erat. (Sumber : takingthekids.com) Sebelum menentukan destinasi, cek ...

Read more..


3. Belajar tentang kehidupan dari suatu peristiwa


Pelajaran dari liburan - Memaknai setiap peristiwa yang terjadi

Ketika kita melihat keajaiban dunia seperti Piramida di Mesir, Great Wall di Tiongkok, atau Borobudur di Jawa Tengah, kita akan menikmati suatu peristiwa atau momen. Kita akan bisa menyelami, peristiwa besar dan bersejarah apa yang direpresentasikan melalui tempat-tempat liburan tersebut.

Well, nggak usah jauh-jauh. Saat kita melakukan perjalanan ke Gunung Merapi dan melakukan napak tilas Lava Tour, misalnya. Mama pasti akan merasa bersyukur bahwa kita masih diberi hidup sampai sekarang. Atau jika Mama mengunjungi berbagai jejak tsunami di Aceh, Mama pun akan bahagia akan hidup Mama selanjutnya.

Melalui liburan dan melakukan traveling, kita akan bisa memaknai suatu peristiwa penting untuk menjalani hidup yang bahagia dan berisi.

Mama akan bisa belajar untuk menikmati setiap menit, setiap peristiwa dalam hidup. Bahkan enggan rasanya Mama melepaskannya.

Iya, traveling mengajarkan kita untuk menangkap momen dan membuatnya menjadi bagian penting dalam hidup kita.


4. Hidup dengan sederhana


Pelajaran dari liburan - Belajar sederhana

Bertahan dalam kondisi minim sangat mungkin dilakukan saat liburan, dan traveling mengajarkan Mama tentang hal ini.

Mama nggak bisa bergerak dengan nyaman karena ada tas yang berat di punggung Mama. Mama harus memutar otak agar si kecil nggak rewel. Harus bisa fleksibel dengan kondisi dan situasi yang kadang mendadak berubah. Mama harus berpergian dengan ringkas dan ringan.

Berarti backpacking dong? Ya, kenapa tidak? Justru pengalamannya akan lebih terasa dengan backpacking.

Mama juga bisa menyewa hotel kecil atau guest house, misalnya. Dan siapa yang bisa menjamin hotel kecil fasilitasnya mewah dan lengkap? Pasti ada saja kekurangannya sana sini.

Well, liburan dan traveling tidak harus berarti kemewahan dan kenyamanan. Ini tentang pengalaman menikmati segala hal yang ditawarkan oleh dunia.

Percaya deh setelah melakukan liburan ini, Mama akan sangat bersyukur dan menghargai “kemewahan” di rumah dan di kehidupan Mama.


5. Pergilah mengikuti arus


Pelajaran dari liburan - Belajar mengikuti arus

Saat liburan atau jalan-jalan, kita harus belajar menyesuaikan diri dengan beragam perubahan yang kerap terjadi. Pesawat delay, atau ketinggalan koper, perjalanan yang tak selalu sesuai ekspektasi.

Yah, mungkin sedikit banyak akan membuat Mama frustrasi, tapi kelak jika Mama bisa segera beradaptasi dengan berbagai situasi tak terduga seperti ini, Mama akan segera menikmati asam-manisnya perjalanan.

Kondisi yang di luar perkiraan dan berbagai hal yang mengejutkan akan membuat kita belajar menerima keadaan dan tidak lagi berlama-lama dalam kecewa apalagi marah-marah.

Nikmati saja arusnya, Ma! Just go with the flow!


6. Menilai pengalaman lebih dari hal-hal yang bersifat materi semata


Pelajaran dari liburan - Kebahagiaan tak hanya terletak pada materi

Sekali Mama mengecap kenikmatan liburan, Mama akan memahami bahwa pelajaran yang Mama dapat dari perjalanan lebih berharga dan mahal dari materi apa pun yang Mama miliki.

Pengalaman bisa melihat puncak Eiffel Tower atau melihat kecantikan Komodo di pulau tempat habitat mereka merupakan pengalaman berharga dan tidak lebih bernilai dari barang apa pun.

Well, karena ada pepatah mengatakan begini.

“Lebih baik berinvestasi dengan melakukan perjalanan atau travling ketimbang dengan memiliki sebuah mobil mewah”

Apakah Mama salah satu yang belum menganut "faham" tersebut, Ma? Well, selamilah maknanya, dan coba untuk melihatnya dari perspektif yang berbeda.


BACA JUGA


17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner

17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner

17 objek wisata di Jogja yang nggak boleh sampai dilewatkan. Kalau belum ke sini, rasanya belum ke Jogja aja gitu

Read more..


Setiap kota, setiap negara memiliki cara hidup yang khas. Dan, dengan liburan dan melakukan traveling, Mama bisa mengalami langsung budaya, kebiasaan, kepercayaan, makanan, dan segala hal yang unik, khas dan berbeda tersebut dan belajar hal baru dengan berinvestasi dalam sebuah liburan.

Jadi kita liburan ke mana nih, Ma? Yuk, siap-siap!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ophi Ziadah | @OphiZiadah

Mom of Trio Alinga, Zaha, and Paksi. Legislative drafter who loves blogging. Visit her personal blog at www.ophiziadah.com www.marlekum.net

Silahkan login untuk memberi komentar