Liburan Sekolah Cuma di Rumah? Jangan Khawatir, Ma,  Ini Dia 7 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Liburan!

Liburan Sekolah Cuma di Rumah? Jangan Khawatir, Ma, Ini Dia 7 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Liburan!

638
Liburan sekolah hanya di rumah saja? Bisa! Malah hemat tapi kaya manfaat!
Libur tlah tiba, libur tlah tiba! Hore! Hore! Hore!

Lagu milik penyayi cilik yang kini sudah dewasa Tasya, seolah cocok mewakili saat ini ya, Ma. Liburan sekolah sudah dimulai! Yay!

Ini berarti juga jadi saatnya Mama ikutan libur dari aktivitas antar jemput anak. Iya kan, Ma? Dua pekan ke depan rutinitas pagi hari yang riewuh akan mulai berkurang. Mungkin tidak ada lagi drama meminta anak bangun dan mandi di pagi hari ya, Ma? Hehehe

Lalu, mau ke mana liburan sekolah ini, Ma? Apa sudah siap dengan sederet agenda travelling? Atau malah belum punya rencana untuk mengisi liburan sekolah ini sama sekali?

Tenang Ma, jika memang liburan sekolah ini harus stay di rumah saja, masih banyak hal-hal seru yang bisa Mama lakukan bersama anak-anak untuk mengisi liburan sekolah kali ini. Anak-anak tidak hanya bisa bersenang-senang tapi mereka juga bisa sambil belajar, Ma. Bermain sambil belajar akan selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi anak.


Ini, Ma, 7 aktivitas yang bisa dijadikan agenda mengisi liburan sekolah di rumah

1. Membuat Pohon Literasi


Membaca di saat liburan sekolah mungkin akan dianggap sebagai hal yang membosankan bagi anak. Namun bila membaca dijadikan proyek bersama seluruh anggota keluarga, pasti akan seru, Ma.

Mama bisa membuat pohon literasi untuk mendukung proyek membaca bersama ini dari kertas karton. Gambar dan warnai sendiri pohonnya. Mama bisa menjadikan kertas post it sebagai buah dari pohon tersebut.

Setiap anggota keluarga punya warna buah masing-masing. Misalnya biru untuk papa, kuning untuk Mama, pink untuk kakak dan hijau untuk adik. Setiap orang yang sudah membaca buku, berhak menempel buahnya.

Jangan lupa libatkan anak-anak saat membuat pohon literasi ya, Ma. Supaya mereka juga merasa ‘memiliki’ dan bersemangat menjalankan proyek membaca bersama.


BACA JUGA


5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal

5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal

Fasilitas beberapa tempat camping ini seperti di hotel berbintang. Mama dan si kecil bisa menemukan sensasi menginap di dalam tenda yang ...

Read more..


2. Melakukan Percobaan Sains Sederhana


Apa yang ada di benak kita bila mendengar kata “sains”?

Hmmm ... kebanyakan dari kita mungkin akan bilang bila sains itu susah, sains itu membosankan. Jadi, agak susah bila mengenalkan sains pada anak, khususnya anak usia dini.

Padahal kenyataannya nggak gitu lo, Ma. Sains akan mudah diajarkan pada anak-anak, asal Mama tahu caranya. Bagaimana caranya? Ya, caranya dengan bermain bersama dan melakukan percobaan sains sederhana.

Nah, mumpung liburan sekolah nih, yuk, ajak anak-anak melakukan percobaan sains sederhana yang bisa Mama lakukan bersama mereka. Misalnya, membuat telur mengapung, membuat balon udara atau mencampur berbagai warna dasar. Anak-anak akan senang lo, nisa bermain dan belajar sains sederhana.


3. Bersepeda


Kebanyakan anak-anak selalu suka dengan aktivitas outdoor. Mereka seolah-olah punya energi yang tak terbatas untuk bermain di luar rumah.

Mama bisa mengajak anak-anak bersepeda bersama di pagi hari selama liburan sekolah ini. Tak perlu jauh-jauh, mengelilingi kompleks perumahan juga sudah cukup.

Melalui kegiatan bersepeda di pagi hari, anak-anak akan tetap terbiasa bangun pagi. Jadi saat kembali ke sekolah mereka tidak akan kesulitan bangun pagi.

Selain itu, bersepeda di pagi hari juga baik untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Iya kan, Ma?


4. Explore the Plants


Mama bisa mengajak anak bermain-main dengan tumbuhan, mengeksplorasi yang ada di sekelilingnya.

Ajak anak berjalan-jalan disekitar kompleks perumahan selama liburan sekolah ini berlangsung. Minta mereka untuk mengamati berbagai tumbuhan yang dilihatnya. Mulai dari tumbuhan hias yang sengaja dipelihara ataupun tumbuhan liar yang tumbuh disekelilingnya.

Jangan lupa membawa kaca pembesar dan jurnal tumbuhan ya, Ma, untuk mencatat ataupun menggambar tumbuhan yang telah dilihat.


BACA JUGA


Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!

Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!

Liburan sekolah masih tersisa. THR sudah habis. Jadi, gimana dong? Ya, liburan sekolah nggak mesti mahal kok, Ma

Read more..


5. Cooking Project


Anak-anak biasanya juga selalu antusias bila diajak memasak, Ma. Mama bisa mengajak anak memasak jajanan atau makanan kesukaannya selama liburan sekolah ini.

Seperti yang saya lakukan dengan anak saya, yang suka sekali bila diajak memasak jajanan favoritnya, Mozzarela Fried Stick. Mama bisa mengajak anak memasak makanan yang sederhana.

Memasak memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak lo, Ma. Selain itu kegiatan memasak bersama bisa meningkatkan bonding antara Mama dan anak. Nggak percaya? Coba saja, Ma.


6. Berkebun


Berkebun bisa menjadi aktivitas dalam mengisi liburan sekolah, Ma. Ya, meskipun dengan berkebun anak-anak menjadi kotor, ternyata berkebun punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak.

Sebagaimana riset yang dikemukakan oleh HortTechnology (2007), berkebun dapat memacu aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan anak. Dengan berkebun anak akan mengenal berbagai jenis tanaman dan mengajarkan proses tumbuh dan berkembang ketika Mama mengajak anak menanam, memupuk, menyiram, memetik, dan bahkan memasak hasil kebunnya sendiri menjadi hidangan lezat.


7. KonMaring Mainan


Konmari, diambil dari singkatan nama penciptanya, Marie Kondo, seorang konsultan penataan ruang dan penulis buku populer tentang penataan berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up.

Metode KonMari ini disebut sebagai metode penataan yang trendi, namun sangat bermanfaat dan mudah diaplikasikan pada berbagai aspek rumah tangga, mulai dari isi lemari, kamar tidur, dapur, dan semua bagian dari rumah.

Konmari juga bisa diterapkan dalam membereskan mainan anak. Mama bisa mengajak anak membereskan mainannya melalui metode KonMari selama liburan sekolah ini.

Pakai prinsip-prinsip dasar dalam KonMari. Mulai dari menyimpan mainan yang mendatangkan kebahagian hingga mainan yang bisa mencerminkan jiwa anak,

Ketika anak sudah bisa menyisihkan mainan yang membuatnya bahagia, mainan lainnya bisa diberikan kepada orang lain.

Selain membuat mainan lebih rapi, kegiatan ini juga mengajari anak untuk berbagi, misalnya memberikan mainannya pada orang yang lebih membutuhkan.


BACA JUGA


Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan sekolah nan seru yang menyenangkan itu penting sebagai penyeimbang hidup. Kerja keras yang sudah kita lakukan sepanjang waktu ...

Read more..


Nah bagaimana Ma? Seru juga kan walaupun liburan sekolah kali ini Mama dan anak-anak hanya di rumah saja?

Tujuh aktivitas tersebut tak hanya membuat anak melakukan hal yang bermanfaat saat liburan sekolah. Tapi juga bisa meningkatkan bonding antar anggota keluarga. Dan dompet Papa dan Mama akan aman sentosa, liburan di rumah hemat tapi kaya manfaat. Hahaha.

Selamat berlibur!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Sekolah Cuma di Rumah? Jangan Khawatir, Ma, Ini Dia 7 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Liburan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dian Kusumawardani | @diankusumawardani

Silahkan login untuk memberi komentar