Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

10.5K
Liburan sekolah nan seru yang menyenangkan itu penting sebagai penyeimbang hidup. Kerja keras yang sudah kita lakukan sepanjang waktu sebelumnya bisa saja membuat badan dan mental kita lelah. Aus!

Liburan sekolah nan seru pastilah bareng keluarga. Ke mana? Sebetulnya nggak masalah ke mana pun. Namun, akan lebih baik jika kita bisa mengunjungi tempat yang bisa menyegarkan pikiran. Betul, Ma?

Setidaknya begitulah arti liburan sekolah nan seru ala keluarga saya.

Kami memilih melewati jalur yang bukan jalan utama, melainkan melewati banyak perkebunan teh dengan hawa yang segar! Selain supaya nggak macet, rasanya akan lebih seru kalau kita bisa mengoptimalkan jalur alternatif yang ada, dan menikmati pemandangan selama perjalanan dengan santai.

Liburan sekolah nan seru juga nggak selalu berarti jalan-jalan ke luar negeri, menikmati iklim yang berbeda. Mau ngadem, banyak kok daerah-daerah sejuk di Indonesia yang bisa menjadi tujuan liburan kita.

Kayak saya sekeluarga nih, Ma, misalnya. Lebaran 2016 yang lalu kami sekeluarga menikmati liburan sekolah dan jalan-jalan seru seputar Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Nggak terlalu jauh kan?

Apalagi dulu papanya anak-anak menghabiskan masa kecil dan remaja di seputar daerah tersebut. Jadi semacam nostalgia, sembari napak tilas jalan-jalan alternatif yang ada, menembus desa, melewati persawahan, dan menikmati hawa dingin khas dataran tinggi. Ugh! Perfecto!


BACA JUGA


Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!

Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!

Liburan membuat kita lebih bisa menerima perbedaan dan lebih toleran. Pada tahap tertentu, berjalan menyisiri belahan bumi lain membuat kita ...

Read more..


Menyoal masalah liburan sekolah, seharusnya nggak cuma buat anak-anak lho, Ma. Kita pun, para orangtua, yang sehari-harinya sibuk, juga berhak menikmati liburan yang menyenangkan!

Mama suka dengar nggak, ada yang suka berkeluh kesah begini kalau mau liburan, "Yah, nyenengin anak sekali-sekali nih. Nggak apa-apa deh, kita kelenger ya."

Tunggu dulu. Kelenger? Kenapa harus kelenger? Kenapa nggak ikut menikmati liburan sekolah ini bareng anak-anak?

Hihihi. Hayo, siapa yang suka ngomong gitu? *ngacung* Iya, Ma, saya pun kerap bekata demikian. Bukannya nggak ikhlas, namun ya, saya rasa manusiawi kalau kepikiran bakalan repot nanti di perjalanan, atau di tempat tujuannya. Ya, jangankan liburan sekolah keluar kota ya, di rumah aja rempong!

Jadi, bener nggak liburan sekolah itu berarti repot?

Well, sebenarnya sih liburan sekolah itu nggak sekadar siapkan dana, bekal yang cukup, stamina oke, dan segala macam persiapan yang kasat mata saja, Ma.

Nah, kebetulan saya dapat referensi nih dari Carla Naumburg, PhD, seorang penulis sekaligus seorang pekerja sosial yang tinggal di Boston, Amerika Serikat. Di suatu web, Carla pernah sharing tentang how to enjoy your holidays like your kids. Carla memberi 5 tips menikmati liburan sekolah yang nikmat dan seru a la bocah yang bisa kita nikmati. Mau tahu, Ma?

Nih, saya kutipin yah!


5 cara menikmati liburan sekolah nan seru bagi para orangtua sibuk layaknya anak-anak


1. Jangan terlalu muluk-muluk



Berlibur itu bukan berarti kita akan terbebas sepenuhnya dari hal-hal rutin yang biasa terjadi lho, Ma. Sebut saja, pertengkaran bocah-bocah, bakalan terus ada nih di sepanjang perjalanan. Atau ketinggalan sesuatu yang penting. Atau, ternyata bekal baju bersih yang ada di tas ternyata kurang, endebre endebre.

Liburan sekolah yang adem ayem tanpa masalah, itu nggak pernah ada! Itu cuma sebatas mimpi, Ma!

Nah, dengan menurunkan level harapan begitu, alias jalani saja, kita pastinya nggak akan terlalu kecewa jika harus menghadpi hal-hal menyebalkan yang mungkin terjadi.

Yang perlu kita lakukan saat ada masalah adalah tetap tenang dan kemudian berunding untuk mencari solusinya. Ketemu solusi, jalankan! Gitu aja.


2. Fleksibel terhadap rencana



Menjalani liburan sekolah, apalagi yang jauh, kita mesti siap dengan rencana A, rencana B, dan rencana dengan 24 alfabet lainnya!

Bayangin saja, Ma, sudah susah-susah booking tiket pesawat untuk liburan, eh ... pas tiba waktunya berangkat si kecil sakit.

Nah loh! Gimana coba? Mau tetap liburan dan ninggalin anak sakit? Yakin? Terus, batal dong! Ya, gimana lagi? Prioritas utama ya merawat si kecil dulu kan? Ada beberapa alternatif sih. Yang pertama, tunda liburan sekolahnya. Yang kedua, batalkan rencana lalu bikin acara liburan lainnya.

Yah, liburan itu memang semacam break the rules maksimal deh! Mendobrak rutinitas. Tsah.

Tapi sebagai orangtua, sebelum mulai liburan sekolah, kita juga harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya, usahakan untuk tidur yang cukup agar tubuh tetap fit. Apalagi kalau masih bayi ya, kondisi tubuh mereka masih belum stabil. Nggak enak sedikit aja sudah deh, bakalan rewel.


BACA JUGA


Di Antara 4 Tipe Liburan Keluarga Ini, Manakah yang Paling Cocok untuk Keluarga Mama? Pertimbangkan, Agar Benar-benar Enjoyable!

Di Antara 4 Tipe Liburan Keluarga Ini, Manakah yang Paling Cocok untuk Keluarga Mama? Pertimbangkan, Agar Benar-benar Enjoyable!

53% liburan keluarga membuat hubungan antar anggota keluarga semakin erat. (Sumber : takingthekids.com) Sebelum menentukan destinasi, cek ...

Read more..


3. Santai dong, kan ini liburan sekolah!


Suka kepikiran begini ngga, Ma. Mumpung libur, sekalian deh, kita sambangi semua saudara.

Ya, boleh saja sih. Tapi perhatikan jaraknya, Ma. Kalau saling berjauhan, belum lagi jalanan macet, bisa-bisa malah sudah capek duluan setelah berkunjung ke sana kemari dan akhirnya nggak jadi berwisata santai deh. Loyo semua.

So, ayo bikin itinerary ala keluarga Mama. Rencanakan mau ke mana saja? Naik apa? Biayanya berapa? Dan seterusnya. Mengunjungi saudara? Hmmm ... barangkali bisa dipertimbangkan yang dekat saja. Yang jauh-jauh, bisa diagendakan di acara liburan sekolah berikutnya sambil berwisata ke objek yang dekat dengan lokasi saudara tersebut.

Jadi, kembali lagi niat awal. Liburan sekolah kan penginnya ya santai dan bersenang-senang kan?


4. Bersiaplah untuk petualangan!


Kalau niat awalnya adalah liburan, maka mengapa nggak menawarkan petualangan untuk anak-anak, Ma?

Kadang kita ingin membelikan banyak hadiah buat anak-anak. Bukannya nggak boleh sih. Tapi coba deh, kita ingat, saat ada mainan baru, seberapa lama si kecil akan bertahan dengan mainan tersebut? Nggak lama, Ma! Anak-anak kan mudah banget bosan.

Atau misalnya nih, kita beri hadiah games player yang sudah lama dia inginkan. Lalu selama liburan sekolah, dia hanya menghabiskan waktu dengan games-games favoritnya. Lalu, apa yang kita dapatkan? Hmmm ... saya kira kok kurang ya.

Apa nggak lebih baik kalau kita ajak liburan sekolah ke berbagai tempat baru? Iya, capek pastinya. Pun dananya mungkin butuh lebih banyak. Tapi bonusnya, Ma, kebersamaan kita dengan anak-anak dan suami! Buat mama yang sibuk *seperti saya. ehem!* ini kan langka!


5. Just enjoy it!


Mama masih suka kepikiran pekerjaan pas lagi liburan sekolah? Ah, wajar!

Tapi ingat, Ma, liburan kan kita perlukan demi menyeimbangkan hidup. Kerja keras yang sudah kita lakukan sepanjang waktu sebelumnya bisa saja membuat badan dan mental kita lelah. Aus. Karena itu, kita membutuhkan liburan yang menyenangkan sebagai penyeimbang hidup.

So, kenapa nggak kita nikmati saja liburan sekolah ini, Ma? Tunda semua pikiran pekerjaan, ada waktunya tersendiri kan buat mereka? Nggak bakalan lari ke mana kok!

Ayo, ciptakan ritual liburan sekolah yang menyenangkan bareng anak-anak.

Mau rafting? Mau camping? Naik gunung? Menikmati hawa pegunungan? Atau sewa villa di pantai? Atau just a simple vacation ala keluarga saya, Ma. Bangun siang! Hahaha.


BACA JUGA


Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!

Begini Cara Menikmati Liburan Sekolah Murah Meriah Tapi Tetap Fun!

Liburan sekolah masih tersisa. THR sudah habis. Jadi, gimana dong? Ya, liburan sekolah nggak mesti mahal kok, Ma

Read more..


Bagaimana, sudah siap menikmati liburan sekolah seperti cara anak-anak kita yang bahagia maksimal saat masa liburan sekolah tiba?

Selamat piknik, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Sekolah Nan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Uniek Kaswarganti | @uniekkaswarganti114

Easy mom with extraordinary love, willing to spend more time to blog her life in her unique way. Come n enjoy her planets here : www.uniekkaswarganti.com and www.bocahrenyah.com

Silahkan login untuk memberi komentar