Liburan Tahun Baru Usai? Lakukan 11 Trik Ini Agar Segera Bersemangat Kembali Bekerja

Liburan Tahun Baru Usai? Lakukan 11 Trik Ini Agar Segera Bersemangat Kembali Bekerja

2.1K
Sehabis liburan tahun baru yang asyik bareng keluarga harus segera mikirin kerjaan kantor? Aduh, menyebalkan! Tapi harus, Ma, Mama harus segera ‘kembali’ ke kantor dan kembali bersemangat kerja.

Hei, Mama! Gimana nih liburan tahun baru kemarin? Sukses kan ya? Anak-anak senang? Papa senang? Mama sendiri juga bahagia? Pastinya liburan tahun baru Mama sekeluarga bisa membawa kesegaran ya, setelah beberapa bulan full bekerja dan beraktivitas rutin. Yah, soalnya memang setiap orang tentunya perlu liburan, apalagi liburan panjang.

So, barangkali masih ada yang extend liburan tahun baru hingga minggu depan? Atau tinggal tersisa hari ini, dan besok sudah mulai beraktivitas biasa lagi? Anak-anak sudah mulai sekolah lagi besok? Mama dan Papa juga sudah kembali ngantor?

Nah, sehabis liburan, termasuk liburan tahun baru ini, biasanya sih kita lantas jadi susah banget untuk move on ya. Terutama nih, buat para mama pekerja di kantor. Semangat kerja menjadi menurun, karena yang di pikiran masih saja kebayang suasana liburan tahun baru kemarin. Senengnya anak-anak, asyiknya jalan-jalan, bahagianya ketemu sanak saudara ... Duh. Liburan lagi ajalah yuk! #eh

Tapi, nggak bisaaa! Harus segera kembali ngantor deh, kalau nggak mau dapat surat cinta peringatan dari HRD atau dari bos langsung. Jadi, ayo, siap-siap, Ma.

Ya ampun. Indahnya ya. Tumpukan paperworks menunggu, timbunan email menanti dijawab. Target juga sudah membayang di depan mata.

Calm down, Mama! Bagaimanapun, liburan itu selalu ada akhirnya, termasuk liburan tahun baru. Kita nggak mungkin kan liburan terus? Jadi mau nggak mau, kita harus segera memaksa otak kita untuk kembali menapak di bumi dan segera siap menghadapi realita. Tsah.

Nah, Rocking Mama punya jurus ampuh nih buat meringankan sindrom pasca liburan tahun baru yang mungkin menjangkiti di saat kita sudah harus segera bekerja besok. Yuk, disimak, Ma.


Trik ampuh segera bersemangat beraktivitas setelah liburan tahun baru


1. Istirahat satu hari sebelum bekerja


Ke mana pun Mama pergi kemarin bersama keluarga saat liburan tahun baru, berapa lama pun Mama berlibur, usahakan untuk selalu pulang dua hari menjelang masuk kerja. Dengan demikian, Mama bisa memanfaatkan satu hari sebelum mulai masuk kantor kembali untuk beristirahat, dan menyembuhkan jetlag liburan Mama sekeluarga.

Manfaatkan H-1 sebelum kerja ini untuk mengembalikan stamina Mama, misalnya pijat atau creambath, misalnya, agar Mama kembali segar dan siap bekerja kembali.


2. Cek email dan pesan dari grup kantor


Pergunakan satu hari sebelum liburan tahun baru berakhir untuk mengecek email pekerjaan Mama. Hanya mengecek saja, Ma, dan kalau mungkin Mama bisa sekalian mengelompokkan, mana yang harus direspon urgent besok pagi-pagi sekali saat sudah mulai masuk kerja, dan mana yang bisa Mama tunda sebentar hingga besok lusa atau hari-hari berikutnya.

Juga cek media sosial yang Mama pergunakan bersama teman-teman sekantor Mama. Grup WhatsApp, misalnya. Ada update apa, atau barangkali ada info penting lainnya. Dengan demikian, Mama langsung bisa tahu hal-hal apa saja yang harus segera ditindaklanjuti.


3. Siapkan baju kerja


Pilah pilih baju kerja yang akan dipakai ngantor besok pada malam sebelum mulai masuk kerja.

Pilihlah baju yang paling favorit dan paling nyaman untuk Mama pakai, agar bisa membangkitkan kembali semangat Mama untuk ke kantor. Bereskan juga tas yang besok akan dipakai, siapkan alat-alat kerja Mama seperti notebook, pulpen, tab ataupun laptop Mama. Jadi pada pagi hari besok, Mama tak perlu buru-buru mempersiapkan semuanya. Apalagi anak-anak dan Papa juga butuh bantuan Mama untuk menyiapkan diri kan?


BACA JUGA


39 Gaya Busana Victoria Beckham untuk Inspirasi Penampilan yang Elegan, Modis dan Fashionable

39 Gaya Busana Victoria Beckham untuk Inspirasi Penampilan yang Elegan, Modis dan Fashionable

Pasti Mama mengenal Victoria Beckham dong?Former anggota girlband Spicy Girls, yang nama gadisnya Victoria Adams, ini kini telah ...

Read more..


4. Datanglah lebih pagi


Agar Mama bisa beradaptasi kembali lebih dulu dengan suasana kerja yang cukup lama Mama tinggalkan, ada baiknya Mama datang lebih pagi di hari pertama masuk kantor setelah liburan tahun baru.

Coba bersihkan meja kerja Mama, tata kembali, kalau perlu tambahkan beberapa pernak pernik baru yang unyu-unyu di sana.


5. Ngobrol dengan rekan kerja


Sambangi kubikel-kubikel teman-teman sekantor, dan ngobrollah sebentar dengan mereka. Tentu saja Mama bisa sambil mengucapkan selamat tahun baru, atau barangkali bisa juga sambil mengucapkan selamat hari raya jika Mama berkenan dan ada teman yang sedang merayakan, ya.

Tanyakan pada mereka, acara liburan tahun baru yang mereka lewatkan bersama keluarga masing-masing, atau tanyakan saja apa resolusi tahun baru mereka. Kayaknya kan seru banget tuh, kalau saling tahu apa resolusi tahun baru masing-masing ya. Mungkin saja bisa saling mengingatkan kalau niat resolusi sudah menipis nanti. Hehehe.


6. Buat to do list


Kalau biasanya Mama tak memerlukan to do list, nah, mungkin sekarang Mama bisa memanfaatkannya agar Mama bisa organize your work better.

Ya, supaya Mama nggak stres duluan saat melihat tumpukan kerjaan yang menunggu selama ditinggal liburan tahun baru kemarin. Dengan membuat to do list, Mama akan bisa mengelompokkan mana yang urgent dikerjakan dan mana yang bisa menunggu lebih lama sehingga Mama bisa mengerjakan satu per satu.


7. Kerjakan mulai dari yang ringan


Meski ada yang urgent, kalau memang memungkinkan, ada baiknya Mama tetap mengerjakan yang ringan-ringan dulu, Ma, sebagai pemanasan. Yah, namanya juga hari pertama kerja setelah liburan tahun baru ya. Butuh penyesuaian lagi.

Tubuh dan pikiran Mama membutuhkan waktu untuk beradaptasi lagi dengan suasana dan ritme kerja seperti biasanya.


8. Pilih musik


Kalau memang Mama membutuhkan musik untuk membangkitkan mood, jangan pilih musik yang jenis-jenis musik pesta atau yang mengingatkan Mama akan liburan tahun baru kemarin ya.

Pilihlah musik-musik yang bisa menambah semangat kerja Mama. Berikut ini ada satu suggested playlist for productivity yang mungkin bisa bantu Mama lebih semangat.



9. Jangan membuat janji penting di hari pertama


Meeting di hari pertama kerja? Aduh, itu benar-benar siksaan, Ma! Dan nggak ada yang bisa Mama lakukan untuk membuat meeting seperti ini menjadi menyenangkan. Makanya, jangan membuat janji penting di hari pertama kerja ya.

Tunda sampai hari kedua setelah bekerja, Ma. Suasana hati Mama akan lebih baik, dan pikiran Mama akan lebih siap.


10. Hindari teman yang selalu minta bantuan Mama


Hari pertama kerja, sebaiknya hindari dulu orang-orang yang selalu saja meminta bantuan pada Mama, di luar job desc Mama.

Kalaupun memang tak bisa menghindar, Mama harus bisa untuk bilang ‘tidak’ jika mereka mulai ngerecokin. Mama butuh waktu untuk diri sendiri lebih dulu, sebelum mulai bisa membantu orang lain. Yes?


11. Mama membutuhkan pekerjaan ini


Sugesti diri Mama dengan kalimat, “Aku butuh pekerjaan ini. Aku membutuhkannya untuk penghasilan, cicilan, dan supaya bisa liburan tahun baru lagi.”

Dengan sugesti seperti itu, mau nggak mau, Mama jadi harus semangat kerja kan?


BACA JUGA


Liburan Panjang Tanpa Drama Timbangan Naik? Bisa Banget, Ma, Asal...

Liburan Panjang Tanpa Drama Timbangan Naik? Bisa Banget, Ma, Asal...

Yes!Betul banget, ya, Ma, liburan berarti saat-saat menyenangkan.Menyenangkan karena bebas dari rutinitas sehari-hari, menyenangkan karena ...

Read more..


Nah, itu dia 11 trik agar Mama bersemangat kembali masuk kantor setelah liburan panjang, termasuk liburan tahun baru ini.

Yah, memang agak berat ya, Ma, untuk kembali ke kantor sehabis liburan tahun baru yang asyik bareng keluarga begini. Tapi harus, Ma, Mama harus segera ‘kembali’ ke kantor dan kembali bersemangat kerja.

You can do it! Semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Tahun Baru Usai? Lakukan 11 Trik Ini Agar Segera Bersemangat Kembali Bekerja". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar