Makanan ala Jepang aka Japanese Street Food Ini Sangat Ngehits di Indonesia - Mama Sekeluarga Suka yang Mana?

Makanan ala Jepang aka Japanese Street Food Ini Sangat Ngehits di Indonesia - Mama Sekeluarga Suka yang Mana?

6.6K
Makanan Jepang banyak yang enak! Beberapa di antaranya bahkan terkenal banget di sini, dan gampang banget ditemukan di mana-mana sebagai jajanan jalanan favorit. Yang mana yang sudah Mama coba?

Serupa dengan Indonesia, Jepang memiliki banyak sekali jajanan khas pinggir jalan. Beberapa makanan Jepang ini dapat dinikmati di Indonesia sebagai camilan. Beberapa di antaranya bahkan sangat populer, dan gampang banget ditemui di semua tempat.


BACA JUGA


7 Camilan Sehat untuk Keluarga Ini Cocok Sebagai Pengganti Junk Food. Sedap Lagipula Bergizi!

7 Camilan Sehat untuk Keluarga Ini Cocok Sebagai Pengganti Junk Food. Sedap Lagipula Bergizi!

Camilan sehat harus selalu tersedia setiap saat. Namanya anak-anak kan sudah biasa nggak bisa berhenti makan. Dengan camilan sehat, maka ...

Read more..


Hmmm ... apakah Mama termasuk dari mereka yang mengaku sebagai penggemar makanan Jepang? Kalau iya, pasti Mama juga mengenai beberapa camilan dan makanan Jepang berikut ini.


Beberapa makanan Jepang aka Japanese street food yang ngehits dan gampang banget ditemui di Indonesia.


1. Yakitori


Yakitori adalah sejenis sate. Makanan Jepang ini terdiri dari potongan ayam, termasuk jantung, hati, dan tulang rawan yang dimasak dengan tusuk daging, lalu dipanggang di atas panggangan arang.

Selain ayam, biasanya yakitori dilengkapi juga dengan aneka sayuran dan jamur. Disajikan dengan aneka saus khas Jepang.


2. Okonomiyaki



Makanan Jepang satu ini rasanya mirip dengan takoyaki.

Okonomiyaki terbuat dari tepung terigu yang dicairkan, kemudian ditambah telur, kubis, udang, cumi-cumi, sesuai selera. Adonan okonomiyaki kemudian digoreng di penggorengan datar, setelah matang disiram dengan saus okonomiyaki, mayones, dan taburan katsubushi.


3. Takoyaki


Siapa yang belum pernah nyicipin makanan Jepang yang satu ini?

Jajanan dengan rasa gurih ini adalah jajanan pinggiran Jepang yang paling populer.

Takoyaki berasal dari daerah Kansai, Jepang. Kue bola mungil ini dibuat dari adonan tepung terigu dengan isi macam-macam seperti sosis, keju, atau daging asap.

Takoyaki sangat nikmat dimakan selagi panas dengan saus bulldog, mayones, serta taburan katsubushi dan nori. Yummmm!


4. Ujikintoki Kakigori


Ujikintoki kakigori adalah es campur ala Jepang dengan teh hijau dan kacang merah sebagai isi utamanya.

Ya ampun! Enak bingits ini dimakan pas siang hari yang gerah! Slurppp!


5. Yakisoba


Makanan Jepang ini sejenis dengan mi goreng di Indonesia, Ma. Hanya saja yakisoba menggunakan mi dari tepung terigu yang sudah dikukus matang.

Biasanya yakisoba menggunakan bumbu kecap atau saus tiram. Campuran untuk yakisoba selain mi adalah kol, daging, dan aneka sayur lain. Bahan lain yang bisa ditambahkan pada yakisoba adalah bawang bombay, wortel, acar jahe, udang kering, nori, dan lain-lain.

Yakisoba berasal dari mi goreng ala Tiongkok, yang kemudian disesuaikan dengan selera orang Jepang. Yakisoba mulai populer sejak Perang Dunia II.


6. Dorayaki


Kue asal Jepang favorit Doraemon ini termasuk golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar. Kayak kue apem, kalau di Indonesia barangkali ya, Ma. Well, campuran antara kue apem dan martabak manis kali ya. Hahaha.

Biasanya penyajiannya terdiri atas dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut, dan mirip pula dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu.


7. Taiyaki


Taiyaki merupakan kue Jepang yang berbentuk seperti ikan.

Terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian dipanggang dalam 2 bagian bentuk ikan. Dua adonan kue ini kemudian ditumpuk dan diisi dengan pasta kacang merah. Selain itu taiyaki juga dapat disajikan dengan selai cokelat, custard ataupun keju sesuai selera.


8. Mochi


Mochi adalah sajian makanan Jepang yang sangat populer, bahkan hingga ke beberapa negara Asia.

Kue bulat mungil berwarna warni ini terbuat dari beras ketan, ditumbuk hingga lembut dan lengket. Lalu dibentuk bulat dan dimasak dengan dikukus. Mochi biasanya berisi kacang-kacangan dan gula.


9. Dango


Kue dango ini cukup populer juga karena sering muncul di berbagai kartun Jepang. Kue beras kenyal yang berbentuk bola-bola kecil ini ditusukkan pada tusuk sate dan disajikan dengan siraman kecap gula maupun pasta kacang merah.

Kue ini ada yang berwarna putih polos atau berwarna warni. Baisanya yang berwarna warni ini berasa teh hijau, wijen, ataupun kacang merah.


10. Ramen


Ini dia masakan mi kuah Jepang yang aslinya berasal dari Tiongkok. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba atau shina soba karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang berarti mi.

Ramen adalah makanan rakyat di Jepang. Kuah ramen memiliki banyak sekali variasi rasa yang ditentukan oleh jenis kaldu yang digunakan, bumbu dan lauk yang ditambahkan di atas mi. Bahan-bahan produksi lokal dari berbagai daerah sering digunakan untuk menghasilkan rasa lokal yang khas dan disukai.


BACA JUGA


7 Resep Snack Arisan Praktis yang Bisa Mama Buat Sendiri Kurang dari 30 Menit!

7 Resep Snack Arisan Praktis yang Bisa Mama Buat Sendiri Kurang dari 30 Menit!

Ketika Mama menerima giliran arisan, yang dipikirkan pertama kali pasti snack apa yang harus disajikan? Bener nggak, Ma?Sebagian Mama sulit ...

Read more..


Nah, Mama, apakah Mama sudah pernah menyicip ke-10 makanan Jepang yang ngehits di atas? Yang manakah favorit Mama?

Kalau saya sih suka semua! Hahaha.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Makanan ala Jepang aka Japanese Street Food Ini Sangat Ngehits di Indonesia - Mama Sekeluarga Suka yang Mana?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar