Makanan Manis Memberikan Setidaknya 5 Dampak Buruk bagi Si Kecil - Yuk, Ma, Batasi!

Makanan Manis Memberikan Setidaknya 5 Dampak Buruk bagi Si Kecil - Yuk, Ma, Batasi!

864
Makanan manis yang dikonsumsi anak secara berlebihan tak semanis hasilnya untuk kesehatan. Waspada dengan yang manis-manis ya, Ma.

Anak siapa hayo yang nggak doyan makanan dan minuman manis? Mungkin hampir nggak ada ya, Ma?

Kegemaran anak-anak mengkonsumsi makanan manis terkadang membuat kita lengah kalau ada bahaya yang meneror si kecil. Apa ya dampak buruknya yang belum Mama ketahui? Yuk kita ulik lebih dalam, Ma.


BACA JUGA


Resep Brownies dengan Ricotta - Gurih dan Manis Menyatu Lembut!

Resep Brownies dengan Ricotta - Gurih dan Manis Menyatu Lembut!

Mau camilan hari Minggu yang gurih sekaligus manis? Yuk, cobain resep brownies dengan keju ricotta ini

Read more..


Dampak buruk makanan manis bagi anak-anak

1. Diabetes

Tujuannya sih Mama pengin lihat si kecil terlihat gemuk, lalu cara instan pun ditempuh. Yep, memberikan konsumsi gula berlebih.

Tanpa sadar, Mama telah membuat asupan gula dalam darah si kecil meningkat. Di tahun 2017 saja penderita diabetes anak makin meningkat lo, Ma.

Karena tanpa kita sadari jajanan si kecil rata-rata sudah mengandung kadar gula yang tinggi, apalagi kalau terdapat gula buatan.

Wah, lebih waspada ya, Ma.



2. Kerusakan gigi

Mungkin ini hal yang sudah biasa terdengar di telinga Mama. Tapi tahukah Mama, jika kerusakan gigi ini berlanjut akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan syarafnya pun jika terinfeksi sangat berbahaya.

Hal ini pun bisa membahayakan kepada otak si kecil. Pertumbuhan giginya pun menjadi tidak normal dan aktivitas si kecil akan sangat terganggu.



3. Menurunnya kekebalan tubuh

Wah, nggak nyangka lo, Ma, kalau gula bisa menghambat protein dan vitamin dalam tubuh si kecil. Tidak cuma itu, ternyata gula juga berperan aktif pada bakteri baik dan jahat.

Nah, ini nih yang bisa menyebabkan kekebalan tubuh si kecil menjadi menurun.



BACA JUGA


Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Di tengah cuaca panas terik maupun sedang hujan, tidak jarang minuman kemasan menjadi pilihan bagi Mama dan keluarga, bukan? Segar sih ya, ...

Read more..


4. Super aktif

Mungkin Mama suka bingung, kok si kecil nggak ada capeknya ya? Faktornya adalah si makanan manis ini, Ma. Tidak cuma itu saja, ketika tiba-tiba si kecil rewel, gelisah atau tantrum, Mama harus lebih waspada dengan makanan yang dikonsumsi oleh si kecil.

Makin banyak glukosa yang terserap pada tubuh, makin banyak juga energi yang keluar. Jadi, Mama jangan bingung ya kalau si kecil tiba-tiba menjadi super aktif.



5. Pola makan yang buruk

Terakhir nih, Ma, yang mungkin jarang kita perhatikan. Ketika si kecil mengonsumsi makanan manis ia cenderung susah makan atau tidak mau makan sama sekali.

Kenapa bisa gitu? Karena rasa manis menyebabkan si kecil merasa perutnya kenyang. Jadi, jangan salahkan si kecil kalau Mama ingin memberinya makan tapi ia menolak.

Coba cek lagi jangka waktu ia memakan camilan, apakah dekat dengan waktu makan? Ini berbahaya lo, Ma. Karena pola makan yang kurang sehat bisa mengganggu pertumbuhan dan kesehatan si kecil.



Nah, dari keterangan di atas, yuk mulai batasi makanan manis untuk si kecil. Agar perkembangan dan pertumbuhannya tidak terganggu. Biasakan si kecil untuk menerapkan pola hidup sehat sejak usia dini. Karena dampak dari kebiasaan mengonsumsi makanan manis ini akan terbawa hingga usia dewasa lo, Ma, jika tidak dikontrol sejak usia dini.


BACA JUGA


Selamat Hari Pangan Sedunia! Say Yes to Makanan Sehat, Say Bye to Makanan Siap Saji!

Selamat Hari Pangan Sedunia! Say Yes to Makanan Sehat, Say Bye to Makanan Siap Saji!

Sementara PBB memerangi kelaparan, kita juga bisa mewujudkan masyarakat yang sehat dengan memasak makanan sehat untuk anak-anak kita, Ma

Read more..


Tidak hanya untuk si kecil saja ya, Ma. Untuk Mama dan Papa pun sebaiknya memberikan contoh yang baik kepada si kecil dengan tidak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan pula. Karena dampaknya pun akan lebih berbahaya lagi bagi Mama dan Papa, bukan hanya untuk si kecil saja.

Tetap sehat, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Makanan Manis Memberikan Setidaknya 5 Dampak Buruk bagi Si Kecil - Yuk, Ma, Batasi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Silahkan login untuk memberi komentar