Mama Hobi Belanja Online? Intip Taktik Tokcernya Agar Tidak Mengganggu Keuangan Keseharian Mama!

Mama Hobi Belanja Online? Intip Taktik Tokcernya Agar Tidak Mengganggu Keuangan Keseharian Mama!

1.6K
Belanja online, tapi tanpa mengganggu kas harian? Bisa kok, bisa! Simak taktik tokcer ala Rocking Mama ini!

Setiap gajian tiba, apakah yang terbesit pertama kali di benak Mama? Apakah membayar tagihan, atau menabung? Atau, belanja online?

Jika pikiran Mama langsung tertuju untuk belanja online, bisa menjadi tanda bahwa Mama termasuk shopaholic online. Salah satu ciri shopaholic online adalah selalu memiliki berbagai alasan untuk membeli berbagai barang secara online yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Namun Mama tidak perlu khawatir, hal tersebut tidak merugikan selama Mama masih dapat mengontrolnya. Rocking Mama sudah merangkum beberapa tips yang bisa Mama lakukan agar Mama tetap dapat memuaskan keinginan belanja online tanpa mengganggu keuangan Mama.


BACA JUGA


7 Festival Belanja di Seluruh Dunia ini Benar-benar Memanjakan Perempuan!

7 Festival Belanja di Seluruh Dunia ini Benar-benar Memanjakan Perempuan!

Belanja, adalah napas perempuan. Belanja dan perempuan memang tak terpisahkan, karena itu ada 7 festival belanja dunia ini, demi memanjakan ...

Read more..


7 Taktik Tokcer Belanja Online agar Tak Mengganggu Dompet Harian Mama


1. Tentukan Bujet Per Bulan yang Dapat Mama Gunakan Untuk Berbelanja



Jika biasanya Mama tidak menentukan bujet saat belanja online, sekarang Mama harus punya agar dapat membatasi diri sehingga tidak menghabiskan banyak uang ketika berbelanja online.

Apalagi bila Mama juga senang berbelanja offline di toko, uang Mama nantinya akan tergerus karena hobi belanja Mama ini.

Sebaiknya Mama menggunakan bujet di bawah 10% saja untuk belanja online dari total pemasukan Mama setiap bulannya. Ingat, Mama juga harus menyisihkan uang untuk ditabung serta keperluan lainya seperti membayar tagihan dan pastinya belanja sembako kan?


2. Buat Daftar Prioritas



Apakah Mama memiliki daftar barang yang "ingin" Mama miliki?

Eits, tunggu dulu Ma, jangan langsung membeli barang-barang tersebut. Pastikan kalau Mama memang benar-benar membutuhkannya. Mama bisa menyiasatinya dengan membuat daftar prioritas akan barang yang Mama beli saat belanja online. Dengan begitu Mama dapat menghindari membeli barang yang ujung-ujungnya tidak terlalu penting.


3. Survey Harga Barang di Beberapa Toko Online



Mama termasuk yang senang icip-icip belanja di berbagai toko online bukan? Kalau iya, Mama bisa membandingkan harga barang di satu toko online dengan toko online lainnya.

Namun Mama jangan cepat tergiur dengan harga murah ya. Mama harus cek juga ya keaslian produk tersebut, rating seller serta review atau komentar dari para pembeli di toko online tersebut.


4. Cari Toko Online Bebas Ongkir



Jika Mama tinggal di luar area Jabodetabek, lebih baik membeli barang di toko online yang membebaskan ongkir agar Mama bisa lebih berhemat. Toko online yang biasanya memberikan gratis ongkir hingga ke seluruh Indonesia adalah Blibli dan Lazada.

Beberapa marketplace juga menawarkan fasilitas free ongkos kirim ini di saat-saat tertentu, Ma, misalnya seperti Shopee atau Bukalapak.

Coba follow saja akun-akun media sosial mereka, agar Mama bisa update jika mereka sedang ada promo.


5. Jangan Belanja karena Tergiur Diskon



Salah satu toko online mengadakan diskon besar-besaran? Apakah langsung terbesit keinginan Mama untuk langsung belanja online di sana? Mungkin Mama tergoda dan berpikiran untuk membeli barang tersebut selagi diskon. Duh, kapan lagi diskon begini kan?

Nah, Mama harus pintar-pintar menahan godaan tersebut. Jika barang yang didiskon merupakan barang di luar list prioritas, sebaiknya Mama berpikir 2 kali untuk membelinya. Hilangkan rasa takut Mama yaitu beruapa perasaan menyesal atau kecewa jika Mama tidak belanja sekarang.

Sebab perasaan kecewa Mama akan lebih besar jika Mama sadar telah mengeluarkan uang untuk barang yang benar-benar tidak dibutuhkan.


6. Membeli Barang yang Sudah Pernah Dipakai Orang Lain



Mama ingin membeli barang elektronik atau pun smartphone namun minim bujet? Nggak ada salahnya Mama mengunjungi forum jual beli barang second seperti Kaskus, Olx, dan Jualo sekadar untuk melihat-lihat. Siapa tahu Mama bisa menemukan barang yang cocok.

Ketika Mama memutuskan untuk membeli barang-barang second atau preloved begini, ada baiknya Mama melakukan transaksi secara langsung dengan pihak penjual untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan. Misalnya saja, manfaatkan sistem COD atau Cash on Delivery.


7. Hindari Memakai Kartu Kredit



Mama memiliki kartu kredit? Sebaiknya Mama tidak terlalu sering menggunakannya untuk kebiasaan belanja online Mama. Sehingga Mama tidak terbebani untuk membayar tagihannya yang jatuh tempo.

Jika keuangan Mama sedang tidak memungkinkan untuk berbelanja, sebaiknya urungkan niat untuk berbelanja. Jangan sampai Mama tergoda untuk menggunakan kartu kredit demi memuaskan kengininan belanja Mama. Gunakan kartu kredit sebijak mungkin ya Ma.


BACA JUGA


Atasi Boros Belanja Yang Kerap Mama Lakukan Dengan 6 Langkah Simpel Ini!

Atasi Boros Belanja Yang Kerap Mama Lakukan Dengan 6 Langkah Simpel Ini!

Atasi boros belanja memang gampang-gampang susah, ya, Ma? Kita harus lebih bisa memprioritaskan yang mana kebutuhan dan mana keinginan

Read more..


Yap itu dia beberapa taktik tokcer yang bisa Mama lakukan ketika belanja online. Dijamin Mama masih bisa belanja barang-barang impian tanpa membuat kantong bolong. Asal Mama harus berpegang teguh pada batasan-batasan belanja yang Mama buat ya.

Let's be a smart shopper, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mama Hobi Belanja Online? Intip Taktik Tokcernya Agar Tidak Mengganggu Keuangan Keseharian Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Eunike Tania Barlian | @eunikeketania

* Love kids and tech world * - Owner of @KnK.Case - Student Ambassador Of Cicil.co.id - Communication Student

Silahkan login untuk memberi komentar