Kuis Kepribadian: Mama Seorang Introvert? Kenali Diri Mama Lebih Jauh, Yuk!

Kuis Kepribadian: Mama Seorang Introvert? Kenali Diri Mama Lebih Jauh, Yuk!

4.4K
Ikutan kuis kepribadian ini yuk, untuk mengenali seberapa introvert-nyakah pribadi Mama.

Are you introvert or extrovert, Mama?

Masih bingung? Coba ikuti kuis kepribadian sederhana ini, Ma.


BACA JUGA


Membesarkan Anak Introvert - 4 Hal yang Bisa Mama Lakukan Ini Akan Membantunya Berkembang

Membesarkan Anak Introvert - 4 Hal yang Bisa Mama Lakukan Ini Akan Membantunya Berkembang

Anak introvert biasanya dicap sebagai anak pemalu, anak penakut, anak penyendiri dan seterusnya. Well, barangkali kita hanya kurang tahu ...

Read more..


Kuis kepribadian: Introvert atau ekstrovert?



1. Orang bilang, saya pendengar yang baik

  • Benar
  • Salah

2. Saya lebih suka mengobrol dengan satu atau dua orang secara intim ketimbang berbicara dalam kelompok besar.

  • Benar
  • Salah

3. Saya nggak menemui masalah saat harus bepergian sendirian, juga lebih suka menghabiskan waktu sendirian.

  • Benar
  • Salah

4. Saya lebih mahir menuliskan apa yang saya rasakan dan yang ingin saya katakan.

  • Benar
  • Salah

5. Saya lebih memilih persahabatan ketimbang popularitas dan status.

  • Benar
  • Salah

6. Saya sering takut mengambil risiko.

  • Benar
  • Salah

7. Orang sering menggambarkan saya sebagai orang yang tak banyak bicara, lebih banyak bertindak.

  • Benar
  • Salah

8. Saya lebih menikmati pekerjaan yang tidak tergantung pada orang lain dan bisa saya selesaikan sendiri ketimbang berada dalam tim.

  • Benar
  • Salah

9. Saya lebih suka menerima dan mengirim pesan tertulis ketimbang telepon.

  • Benar
  • Salah

10. Kalau ulang tahun, saya cenderung lebih suka merayakannya dalam pesta kecil-kecilan bersama orang-orang yang saya sayangi.

  • Benar
  • Salah

11. Sebelum melakukan apa pun, saya terbiasa mempertimbangkannya masak-masak.

  • Benar
  • Salah

12. Sebelum benar-benar tuntas, saya cenderung untuk tak suka membicarakan pekerjaan yang sedang saya lakukan dengan siapa pun.

  • Benar
  • Salah


Nah, bagaimana hasil kuis kepribadian Mama di atas? Lebih banyak jawaban ‘benar’ atau ‘salah’.

Jika jawaban kuis kepribadian Mama lebih banyak SALAH, maka Mama termasuk tipe kepribadian ekstrovert. Jika jawaban Mama lebih banyak BENAR, maka Mama adalah pribadi yang introvert. Sedangkan kalau sama banyak, Mama termasuk ambivert.

It’s ok to be an introvert, Ma. Really.

Barangkali di pergaulan, orang-orang introvert memang agak ‘tersingkirkan’ karena dianggap terlalu pemalu atau terlalu tertutup. Sebagian mungkin juga akan bilang pada Mama, bahwa sifat introvert ini bisa merugikan diri Mama sendiri, seperti misalnya karena terlalu pendiam maka akan banyak melewatkan peluang untuk mengembangkan diri. Atau terlalu pemalu, hingga bisa saja membuang kesempatan berkarier lebih tinggi.


BACA JUGA


Mempunyai Karier Sesuai Kepribadian? Mengapa Tidak?

Mempunyai Karier Sesuai Kepribadian? Mengapa Tidak?

Punya karier sesuai kepribadian pasti akan lebih menguntungkan bagi kita untuk bisa survive menjalani hari yang mungkin akan penuh tekanan

Read more..


Tapi, sebenarnya ada setidaknya 7 kelebihan introvert yang tak dipunyai oleh siapa pun di dunia ini.


  1. Introvert bukannya antisosial. Mereka suka kok bergaul, namun dalam skala yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan, orang-orang introvert lebih terbuka membuka peluang untuk hubungan pertemanan atau bisnis yang lebih intim dan bersahabat.
  2. Introvert bukannya pemalu. Itu adalah dua hal yang tak sama. Pemalu lebih cenderung ke kurangnya percaya diri. Orang-orang introvert punya kepercayaan diri yang kuat, hanya saja tak suka keramaian. Jadi ketimbang mereka berada di tengah orang banyak, mereka akan menyingkir ke pinggir. Tapi mereka selalu punya cara untuk bisa berkenalan dengan orang lain dengan lebih dekat.
  3. Introvert adalah pendengar yang baik. Karena kemampuannya untuk mendekati seseorang melebihi tipe kepribadian yang lain, membuat seorang introvert punya kemampuan mendengar yang baik juga. Akhirnya orang-orang introvert dikenal sebagai tempat ‘sampah’, tempat curhatan.
  4. Introvert adalah pengamat yang baik. Ya, orang introvert dikenal sebagai orang yang punya kemampuan mengamati dengan baik dan penuh konsentrasi. Hal ini membuat orang-orang introvert menjadi kreatif, hanya saja tak banyak yang bisa mengungkapkannya dengan baik. Mereka butuh dorongan dan suntikan semangat, agar mampu mengomunikasikan apa yang ada di pikirannya.
  5. Introvert bukan people pleaser. Hal ini dikarenakan sifat orang-orang introvert yang tak suka keramaian, dan cenderung menghindari perhatian. Akibatnya, mereka tak terbiasa mengatakan atau melakukan sesuatu hanya untuk menyenangkan hati orang lain.
  6. Introvert suka belajar. Karena sifat alaminya sebagai ‘pengamat’, orang introvert cenderung juga untuk selalu ingin tahu lebih banyak. Hal ini membuat mereka selalu siap mempelajari hal baru.
  7. Introvert sangat tahu cara berprestasi tanpa harus banyak berkata-kata. Kecenderungan orang-orang introvert yang sangat menonjol adalah tak suka membicarakan apa pun yang belum pasti tingkat keberhasilannya. Mereka akan berkutat dengan pekerjaannya, berusaha memecahkan persoalan dan masalah yang timbul diam-diam. Baru mereka akan muncul (meski tetap dalam kelompok kecil) saat mereka sudah berhasil memecahkan masalah dan menemukan solusi yang tepat akan permasalahan yang timbul.

Nah, it’s good to be an introvert kan, Ma?


BACA JUGA



Jika memang hasil kuis kepribadian di atas menunjukkan bahwa Mama adalah seorang introvert, maka tak perlu merasa minder jika Mama tak nyaman berada di keramaian. Tak perlu canggung saat Mama ingin menyendiri pada saat sedang menghadiri pesta. Karena memang begitulah adanya orang-orang introvert.

Jadi, kalau memang suatu saat Mama harus berada di tengah keramaian, pastikan Mama mempunyai persiapan yang cukup, agar Mama bisa nyaman dengan diri sendiri.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kuis Kepribadian: Mama Seorang Introvert? Kenali Diri Mama Lebih Jauh, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar