Mama Suka Menulis Buku Diary? Ternyata Ada 8 Manfaat yang Bisa Didapat dari Rutin Menulis Jurnal Harian

huffingtonpost

Mama Suka Menulis Buku Diary? Ternyata Ada 8 Manfaat yang Bisa Didapat dari Rutin Menulis Jurnal Harian

683
Menulis buku diary, atau yang jurnal harian, ternyata bisa memberikan banyak manfaat loh, Ma.

Saat Mama mendengar istilah "jurnal harian" atau "buku diary", mungkin Mama akan berpikir, "Duh ... saya sudah terlalu tua untuk hal-hal remeh-temeh seperti itu".

Hmmm, sebaiknya Mama buang jauh-jauh pemikiran tersebut ya. Menulis buku diary bukan hanya kegiatan remeh-temeh tidak penting yang menyita waktu loh. Penelitian mengungkapkan, setidaknya ada 8 manfaat yang bisa mama raih dari rutin menulis buku diary.


BACA JUGA


Jangan Berhenti Melakukan 5 Hal Ini Sampai Akhir Hidup Nanti Demi Keselarasan dan Keseimbangan Jiwa Mama Sendiri!

Jangan Berhenti Melakukan 5 Hal Ini Sampai Akhir Hidup Nanti Demi Keselarasan dan Keseimbangan Jiwa Mama Sendiri!

Jangan berhenti melakukan hal-hal kebaikan penuh kedewasaan untuk menjamin kebahagiaan kita sendiri

Read more..


8 Manfaat baik yang bisa Mama dapatkan dari rutin menulis buku diary


1. Kenangan terekam dengan rapi

shutterstock

Jangankan kejadian beberapa tahun yang lalu, kejadian minggu lalu pun sepertinya sudah mulai sulit untuk diingat.

Padahal, ada kalanya kenangan adalah salah-satu sumber tenaga untuk menjalani kehidupan. Entah itu kenangan baik, ataupun kenangan buruk, pasti memiliki energi tersendiri untuk memotivasi.

Menuliskan sebuah kejadian dalam sebuah buku diary adalah salah satu cara untuk mengawetkan kenangan. Dengan menuliskannya, Mama akan bisa mengingat kembali kenangan setiap kali membaca buku diary Mama.


2. Lebih menyadari sifat dan perilaku diri di masa lalu

womansday

Selain menghadirkan wadah untuk bernostalgia, buku diary pun menjadi sarana bagi Mama untuk berinstropeksi diri.

Melalui tulisan-tulisan di masa lalu, Mama akan menyadari sifat, sikap, serta perilaku Mama. Dengan demikian, Mama akan jauh lebih mengenal diri Mama. Mungkin Mama akan merasa malu dengan kebodohan di masa lalu, atau merasa kagum dengan kedewasaan Mama saat memaafkan dan mengikhlaskan.

Dengan kembali mengarungi kenangan-kenangan tersebut, Mama akan lebih mudah bercermin dan memperbaiki diri.


3. Belajar dari kesalahan masa lalu

ghanacelebrities

Manfaat ketiga ini adalah manfaat lanjutan dari menulis buku diary dua poin sebelumnya.

Namun, pastikan Mama berkomitmen untuk menulis buku diary dengan 100% jujur ya, Ma. Nah, di masa depan, saat Mama membaca kembali tulisan di dalam jurnal harian tersebut, Mama akan mampu mengenali, dan menyadari kesalahan serta kekeliruan Mama.

Selanjutnya, Mama hanya tinggal mengevaluasi diri, dan mencegah diri untuk mengulangi kesalahan yang sama.


4. Mengasah kemampuan menulis

pashionistas

Jika Mama merutinkan menulis buku diary, otomatis Mama menjadi lebih rajin menulis daripada biasanya. Sesuai peribahasa, alah bisa karena biasa.

Seiring berjalannya waktu, kemampuan menulis Mama akan semakin terasah, pengetahuan kosakata Mama semakin kaya, dan Mama akan semakin piawai menemukan perumpamaan yang segar.

Bagi Mama yang bercita-cita sebagai penulis, menulis buku diary adalah langkah awal yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis. Dalam setiap tulisan, cobalah untuk mengungkapkan peristiwa dengan kata-kata sekreatif mungkin.


BACA JUGA


Lagi Sakit Hati dengan Seseorang? Baper? Lepaskan Rasa Itu dengan Melakukan 5 Sikap Ini!

Lagi Sakit Hati dengan Seseorang? Baper? Lepaskan Rasa Itu dengan Melakukan 5 Sikap Ini!

Sakit hati dan baper, dua hal yang makin sering mendatangi kita setiap hari. Bagaimana menyikapinya supaya nggak sampai merebut kebahagiaan ...

Read more..


5. Meningkatkan kecerdasan

executivestyle

Penelitian yang dilakukan oleh University of Victoria mengungkapkan, bahwa menulis erat kaitannya dengan kecerdasan.

Melalui buku diary, Mama akan mencoba untuk mengungkapkan peristiwa melalui bahasa. Dalam prosesnya, secara alami, otak Mama akan bekerja keras untuk menemukan kata baru untuk meningkatkan pengetahuan akan kosakata.

Kekayaan kosakata adalah salah satu cara untuk mengukur kecerdasan seseorang. Semakin banyak kosakata yang Mama ketahui, maka Mama dianggap semakin kreatif dan semakin cerdas.


6. Membantu meraih mimpi

huffingtonpost

Saat menulis jurnal, Mama mungkin menyisipkan mimpi-mimpi dan cita-cita terpendam Mama. Buku diary akan bertindak seperti pemancar yang akan mengirim sinyal ke otak bahwa “mimpi dan cita-cita ini penting untuk diraih”!

Reticular activating system (RAS) akan menyimpan perhatian besar pada mimpi dan cita-cita Mama, dan membantu Mama menggapainya sehingga kemungkinan tercapainya sebuah mimpi akan lebih besar.


7. Menyembuhkan emosi, fisik, dan psikologi

theodysseyonline

Dengan berbagai tekanan dan kesibukan, Mama pasti tidak akan terlepas dari stres, kecemasan, kegelisahan, dan sakit ringan seperti sakit kepala, dan flu.

Nah, menulis, ternyata, dapat membantu Mama menyembuhkan berbagai gangguan emosi, fisik, dan psikologi. Dr. James Pennebaker, penulis buku Writing to Heal, mengungkapkan bahwa dirinya melihat ada peningkatan sistem kekebalan tubuh pada partisipan penelitian yang melakukan latihan menulis.

Berbagai masalah seperti stres, kecemasan, dan kegelisahan biasanya muncul dari masalah emosi dan pikiran. Dengan menulis, terutama menulis buku diary, segala gangguan pikiran tersebut akan terlepas dari pikiran karena Mama telah ‘menumpahkannya’ ke dalam tulisan.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa pengungkapan emosi melalui buku diary dapat mengurani kecemasan, stres, dan memperbaiki tidur.


8. Percaya diri

confusedonline

Selain menjadi wadah untuk melepas stres, buku diary juga menjadi tempat perayaan berbagai pengalaman menyenangkan. Dengan menuliskan dan membaca kembali pengalaman positif, otak Mama akan kembali hidup, dan kembali meyakini kemampuan diri saat setitik keraguan muncul.

Keyakinan ini akan melepaskan hormon endorfin dan dopamin yang akan menambah kepercayaan diri, dan memperbaiki mood. Pastikan Mama menuliskan berbagai pengalaman positif agar Mama memiliki semacam katalaog keberhasilan yang akan membantu Mama meraih capaian-capaian berikutnya.


BACA JUGA


Jangan Pernah Mengorbankan Diri Demi Cinta dan Demi Penilaian oleh yang di Luar Diri Kita! Terutama 5 Hal Berikut!

Jangan Pernah Mengorbankan Diri Demi Cinta dan Demi Penilaian oleh yang di Luar Diri Kita! Terutama 5 Hal Berikut!

Demi cinta, akhirnya mengubah diri kita menjadi orang lain, atau meninggalkan hal-hal yang tadinya kita lakukan karena kita merasa bahagia ...

Read more..


Nah, setelah membaca ke-8 manfaat positif dari menulis buku diary di atas, pastinya Mama semakin yakin bahwa menulis jurnal harian dalam buku diary bukanlah kegiatan remeh temeh yang nggak berfaedah kan?

Yuk, Ma, beli buku diary dan mulai menuliskan apa pun yang ada di otak Mama sekarang!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mama Suka Menulis Buku Diary? Ternyata Ada 8 Manfaat yang Bisa Didapat dari Rutin Menulis Jurnal Harian". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar