Manfaat Gadget Untuk Anak Bisa Mama Maksimalkan Dengan Melakukan 5 Aktivitas Ini di Rumah

Manfaat Gadget Untuk Anak Bisa Mama Maksimalkan Dengan Melakukan 5 Aktivitas Ini di Rumah

1.4K
Manfaat gadget untuk anak nggak selamanya buruk buat si kecil lho, Ma. Ini ada beberapa ide belajar dan bermain dengan gadget yang bisa bikin si kecil tambah kreatif. Eitss, tapi harus didampingi sama Mama, ya, agar manfaat gadget untuk anak ini lebih terasa maksimal.

Kreativitas kadang muncul dari sesuatu yang dekat dengan kita, Ma. Misalnya gadget alias gawai. Biasanya kita menganggap gadget sebagai sesuatu yang dekat sekaligus harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak, padahal manfaat gadget untuk anak pun ada. Sebagian Mama pun bertanya, "Gadget for kids, sekarang atau nanti, ya?"

Banyak keluhan Mama yang sering terdengar kalau anaknya jadi gadget-addicted, sebab terlanjur tidak bisa dijauhkan dari gadget. Dan adapula Mama yang menganggap bahwa gadget ini merupakan racun teknologi. Padahal, sebagaimana bentuk teknologi yang lain, gadget beserta teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat bersamanya, juga punya dua sisi yang pasti Mama juga tahu. Penggunaan internet sehat, internet baik, juga bisa memunculkan berbagai ide seru yang berhubungan dengan kegiatan belajar dan bermain. Tak hanya itu, ada juga lho Ma, aplikasi gadget untuk anak yang bisa membuat bakat lebih terasah. Jadi, jangan cepat berburuk sangka, ya, Ma bahwa manfaat gadget untuk anak itu nggak ada.

Kenapa kita tidak menyebut belajar sambil bermain? Karena bagi anak-anak, kegiatan belajar dan bermain tidak bisa dipisahkan. Mereka belajar dalam bermain, dan bermain dalam belajar. And it’s really fun for them, and for us as parents. Paling tidak, itu yang saya sendiri alami sejak dua dari tiga anak saya menjalani homeschooling, sebuah bentuk pendidikan alternative yang dapat menjadi sarana lahirnya pemimpin, teknokrat dan tokoh-tokoh bangsa di masa depan.

Dalam homeschooling, kita menggunakan beberapa pendekatan, yang benang merahnya adalah, anak-anak belajar dari keseharian mereka, dari kehidupan yang mereka jalani, dan dari nilai-nilai yang mereka dapatkan, bukan hanya berupa angka dan prestasi akademik. Oleh karena itu, dalam prosesnya, kegiatan homeschooling banyak melahirkan kreativitas dalam belajar dan bermain, yang akhirnya menuju kepada kreativitas berpikir dan menciptakan sesuatu. Penting banget kan, untuk masa depan mereka? Mama juga bisa lho menerapkan sistem semi homeschooling, di mana anak-anak tetap bersekolah, namun di rumah, Mama-lah yang memfasilitasi mereka untuk belajar asyik dengan keseharian mereka. Seru dan menantang banget lho, Ma.

Itu sebabnya, di rumah saya, penggunaan gadget-pun diarahkan menuju ke kreativitas dalam menemukan nilai dan ilmu, bukan hanya buat nge-game atau mainan medsos.

Inilah 4 ide kreativitas dari manfaat gadget untuk anak yang saya peroleh dan lakukan di rumah.

1. Menulis

Iyes, menulis!

Kegiatan menulis ini bisa dilakukan secara offline melalui program pengolah kata sejenis office, polaris, evernote, atau notes/notepad pada gadget seri Tab atau iPad. Secara online bisa menggunakan blog gratis dengan platform wordpress, blogspot, tumblr, weebly, dan sejenisnya. Jika anak mulai tertarik membaca, ajak anak membuat review buku yang dibacanya, bisa melalui Goodreads. Jika dia sudah mulai dapat menulis secara lebih terstruktur menjadi sebuah buku, bisa mencoba membuat project di sites storial, steller, wattpad, tulisen, inspirasi.co, bercerita.com, NaNoWriMo, atau banyak yang lain. Tolong awasi ya, Ma, jika ada konten untuk dewasa, biasanya melalui cover buku online yang terpajang.

2. Belajar komunikasi secara tertulis

Belajar berkomunikasi secara tertulis bisa lewat messenger sejenis Whatsapp, BBM. Line, Telegram, bahkan Skype. Ajak anak menulis pesan untuk Papa di kantor, Nenek, Tante, atau temannya. Dari situ kita bisa melatih penggunaan bahasa dan tanda baca yang tepat, kapan menggunakan titik, kapan menggunakan koma, misalnya. Aih ini mah Mama juga kayaknya penting banget nih belajar ingat-ingat lagi pelajaran bahasa Indonesia waktu sekolah dulu. Saya juga mengalami hal yang sama, Ma.

3. Menggambar, editing foto dan video

Anak Mama hobi menggambar, membuat komik atau animasi, mengedit foto bahkan bikin vlog? Don't worry, Ma! Sekarang ini banyak aplikasi pendukungnya pun di web banyak yang menyajikan tutorialnya. Mama bisa mengunduh aplikasi seperti, instagram, youtube, picsart, picsstory, line camera, vivavideo, filmora, picmix. Banyak banget bukan? Tentunya dipilah saja mana yang cocok untuk anak.

4. Belajar ragam ilmu di website

Banyak ilmu yang bisa Mama peroleh dari situs di internet, betul? Nah dari sana Mama pun bisa mengajarkannya ke anak-anak. Misalnya, mengajarkan bahasa Inggris bisa melalui ReadingEggs, StarFall, dan Rosetta Stone. Bahkan di Rosetta Stone tersedia lebih dari 20 bahasa asing lho, Ma. Belajar matematika, sains, hingga memasak, merajut, dan bercocok tanam semua bisa ditemukan melalui gadget. Mama dan si kecil bisa asyik belajar bareng.

5. Media sosial

Media sosial yang Mama ikuti, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, LinkedIn, Pinterest, Cookpad dan lain-lain, juga penuh dengan ilmu dan kreativitas yang bisa Mama ajarkan kembali kepada anak-anak. Misalnya nih di Facebook kan sering ada tuh, cara menanam tanaman buah dalam pot (tabulampot), atau kemarin di Path ada yang nge-share cara memilah sampah di rumah. Penting banget tuh, Ma, untuk dibagi dengan anak-anak, dengan cara yang tentu saja sudah Mama kreasikan sesuai dengan kondisi anak-anak.

Ini baru sebagian ide saja yang bisa Mama lakukan di rumah sebagai manfaat gadget untuk anak. Sebenarnya, penggunaan teknologi ini bisa digunakan secara optimal sebagai sarana anak-anak belajar dan bermain, nggak sekedar main game atau youtbe-an saja. Tapi, semuanya balik lagi ke Mama dan Papa juga. Bagaimana cara mendidik, mengawasi serta mengendalikan penggunaan gadget di rumah. Salah satu cara meredam agar anak tidak kecanduan gadget adalah, membuat aturan yang ketat di rumah.

Walaupun manfaat gadget untuk anak ini ke arah positif bukan berarti tidak ada aktivitas fisik di luar rumah, yes. Sediakan waktu berkualitas di mana Mama dan keluarga menikmati hari tanpa gadget.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Manfaat Gadget Untuk Anak Bisa Mama Maksimalkan Dengan Melakukan 5 Aktivitas Ini di Rumah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


IfaAvianty AlAsyhar | @ifaaviantyalasyhar

Silahkan login untuk memberi komentar