Manfaatkan 4 Barang Bekas Ini Hingga Bisa Berfungsi Kembali!

Manfaatkan 4 Barang Bekas Ini Hingga Bisa Berfungsi Kembali!

1.5K
Barang bekas menumpuk? Ayo, lihat lagi, Ma! Siapa tahu bisa kita manfaatkan lagi!

Siapa bilang memiliki benda lucu dan fungsional hanya bisa didapatkan di tempat home furniture dengan harga yang relatif mahal?

Siapa bilang, barang bekas yang tak terpakai lagi sebaiknya langsung dibuang saja?

Konsumtif memang sifat alamiah manusia. Mmm, ya kebanyakan oleh wanita sih, termasuk Mama juga kan? Hehehe.

Apa lagi mendekati gajian dan mendapat bonus, rasanya kepingin banget pasti, untuk bisa 'balas dendam' atas keringat Mama yang selama ini terkuras dengan membeli barang-barang kesukaan Mama, atau sekadar hiasan di rumah.

Eits, jangan tergiur dulu dengan barang yang tampilannya menarik. Tanyakan lagi, apakah Mama benar-benar butuh?

Di samping itu, telaah lebih jauh, kalau pun memang butuh, ada nggak sih barang bekas di rumah yang fungsinya sama, hanya saja bentuknya berbeda dan mungkin nggak semenarik yang terpajang di rak-rak tempat home furniture?


BACA JUGA


Baju Bekas Menumpuk? 11 Ide Kreatif Ini Bisa Mama Sontek dengan Memanfaatkannya!

Baju Bekas Menumpuk? 11 Ide Kreatif Ini Bisa Mama Sontek dengan Memanfaatkannya!

Baju bekas yang menumpuk di lemari seringnya diapain, Ma? Dibuang? Eits, jangan dong! Mending sontek 9 ide DIY baju bekas ini deh

Read more..


Yes, Mama juga bisa lho memanfaatkan barang-barang lain, terutama barang bekas agar memiliki fungsi yang sama seperti benda yang Mama ingin beli.

Seperti halnya 4 barang bekas ini yang dapat Mama manfaatkan agar dapat diperbaiki sehingga bisa beralih fungsi lain. Apa saja sih, 4 barang bekas tersebut? Yuk yak yuuk ... simak lebih lanjut artikel ini!


4 barang bekas yang jangan dibuang dulu, karena bisa difungsikan untuk yang lain


1. Kalender

Manfaatkan barang bekas - kalender. Image via snapfish.

Berapa banyak kalender yang ada di rumah Mama? Di sekitar dapur, kalender meja di ruang kerja Papa, kalender kertas di dekat ruang TV lantai 2, dan di sekitar ruang tamu!

Paling umum, kalender kertas bulan-bulan sudah lewat akan disobek dan dibuang, atau dijadikan coret-coretan anak. Khusus kalender meja nih, Mama bisa ajak si kecil juga untuk melakukan sedikit permak!

Yap, kurang lebih terdapat 12 lembar pada kalender meja. Ini berarti, ada 24 sisi kan? So, manfaatkan sisi-sisi tersebut untuk ditempel foto Mama dan keluarga.

Dan ... voila! Jadi album foto baru, deh.

Sebelumnya Mama bisa lapisi dulu kalender bekas tersebut dengan origami dengan warna berbeda tiap sisinya. Menjelang hari uang tahun pernikahan, Mama pajang lembar foto Mama dan Papa berdua. Saat hari ulang tahun si sulung, pajang fotonya saat masih bayi.

Biar pada liat, letakkan di tempat yang strategis agar jadi penyemangat untuk anggota keluarga!


2. Bingkai foto


Manfaatkan barang bekas - pigura foto.

Ooops!

Nggak sengaja si bungsu memecahkan kaca di bingkai foto. Setelah merapikan serpihannya, Mama bisa tetap memanfaatkan kerangkanya, kok!

Ambil seutas tali (boleh tali sepatu yang tidak terpakai lagi atau pita Jepang). Lalu tempelkan pita tersebut di belakang bingkai foto sehingga tampak depan akan terlihat pita melintas di antara bingkai. Selanjutnya, ambil paper clip ukuran kecil dan jepit foto-foto Mama di bingkai menggunakan paper clip hingga menyerupai jemuran baju.

Taraaa! Foto keluarga tetap bisa terpampang jelas dengan sentuhan unik di ruang keluarga Mama.


BACA JUGA


Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah

Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah

Bagi sebagian besar Mama, mengoleksi piranti rumah tangga itu hal yang wajib dilakukan. Bener nggak, Ma? Setiap ada diskon di toko, pasti ...

Read more..


3. Tempat selai

Manfaatkan barang bekas - stoples bekas selai. Image via imgarcade.

Selai cokelat crunchy favorit si kecil dan selai srikaya favorit Papa habis? Urungkan dulu niat Mama untuk langsung membuangnya.

Ayo, tetap semangat manfaatkan barang bekas, termasuk bekas tempat selai!

Lepas kemasan selai sehingga hanya tersisa tempat kaca yang bening. Cuci bagian dalam tempat selai hingga bersih, lalu keringkan menggunakan tisu.

Yap! Jadi deh tempat gula, garam, kopi bubuk atau tempat cokelat si kecil sudah jadi, deh! Simpel, kan?


4. Kotak sepatu

Manfaatkan barang bekas - kotak sepatu. Image via decopatchme.

Sering mengincar diskon dan membeli berpasang-pasang sepatu, Ma? Pasti kotak sepatunya bertumpuk deh di rumah.

Daripada hanya disimpan di gudang atau langsung dibuang, coba yuk kita beri sedikit inovasi!

Siapkan 10 paku panjang, hadapkan kotak sepatu ke arah bawah. Tusuk kotak sepatu dengan paku berjarak kurang lebih 1 cm satu dengan yang lainnya, dan buat menjadi 2 baris (5 paku per baris). Balik kotak sepatu dan jadikan tempat menyimpan benang.

Agar tidak tergores saat mengambil benang, potong kecil penghapus dan tancapkan di bagian ujung paku.


BACA JUGA


Keuangan Keluarga di Akhir Bulan Menipis? 5 Barang Bekas Ini Bisa Menjadi Penyelamat Mama!

Keuangan Keluarga di Akhir Bulan Menipis? 5 Barang Bekas Ini Bisa Menjadi Penyelamat Mama!

Keuangan keluarga memang penting untuk diperhatikan. Apalagi di akhir bulan, biasanya keuangan keluarga makin menipis

Read more..


Mama dapat 'barang baru' dengan memanfaatkan barang bekas, tanpa harus membeli, deh.

Kalau mau lebih unik, hias lagi dengan menggunakan cat atau alat prakarya lainnya sesuai kreativitas, ya!

Seperti di poin 1, tuliskan tanggal kecil atau momen apa yang ada di setiap foto. Dan, poin nomor 2, tambahkan label atau stiker sebagai penanda bahan apa yang ada di dalamnya.

So, kalau ada waktu luang, langsung aplikasikan ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Manfaatkan 4 Barang Bekas Ini Hingga Bisa Berfungsi Kembali!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar