Mari Kenalan dengan Mudra - Self Healing yang Banyak Manfaatnya. Ssst! Untuk Menurunkan Berat Badan Juga Bisa Lho!

Mari Kenalan dengan Mudra - Self Healing yang Banyak Manfaatnya. Ssst! Untuk Menurunkan Berat Badan Juga Bisa Lho!

667
Tuhan menciptakan manusia dengan segala kesempurnaannya. Dalam jemari manusia, terletak keharmonisan lima elemen alam semesta. Mari berkenalan dengan mudra!

Suka merasa penat dengan keseharian nggak, Ma? Walau Mama sadar bahwa apa pun itu yang ada dalam hidup Mama adalah sesuatu yang patut disyukuri, nyatanya keluh kesah itu masih saja terlontar.

Tapi, siapa yang tidak penat? Segala kecanggihan dan keinstanan pada zaman ini kadang terasa sulit untuk dikejar. Waktu seakan berlalu begitu cepat, dan anak-anak yang perasaan baru saja disapih itu ternyata sudah bisa men-download film atau meminjam kartu kredit Papa untuk membayar sebuah game online teranyar. Padahal Mama baru saja membereskan kredit panci di sebuah arisan! Ah! Betapa tertinggalnya hidup Mama ....

Adakah cara untuk sekadar 'keluar' dari kepenatan itu, barang 5 sampai 10 menit tanpa menyusahkan? Ada, Ma. Yuk, kenalan dengan Mudra!


BACA JUGA


Paolo Kenzo: Hidup Bahagia, Sehat dan Sejahtera Itu Bukan Sekadar Khayalan! Kenalan dengan Berbagai Teknik Self Healing Yuk!

Paolo Kenzo: Hidup Bahagia, Sehat dan Sejahtera Itu Bukan Sekadar Khayalan! Kenalan dengan Berbagai Teknik Self Healing Yuk!

Hidup bahagia, sehat dan sejahtera itu bisa kita usahakan, Ma, bukan hanya karena nasib saja yang mengaturnya untuk kita. Kenalan lebih jauh ...

Read more..


Apa itu Mudra?


Menurut Advait, yang menulis buku "Mudras for Memory Improvement: 25 Simple Hand Gestures for Ultimate Memory Improvement (Mudra Healing Book 10)",

"When the fingers are brought together in a specific pattern and are touched to each other, or slightly pressed against each other, the formation is called as a 'Mudra'".

Ketika jemari ditautkan dalam pose tertentu dan menyentuh satu dengan lainnya, atau secara ringan saling menekan, formasi itu dinamakan Mudra.

Penjelasan yang sederhana, ya Ma? Tapi buat apa melakukan formasi dengan jemari? Karena Tuhan menciptakan tangan kita juga dengan kesempurnaan, Ma. DiberiNya tiap jari kuasa untuk menyeimbangkan lima elemen yang ada di semesta alam ini, yaitu:

1. Elemen Api (Agni), letaknya di ibu jari

2. Elemen Udara (Gyan), letaknya di jari telunjuk

3. Elemen Ruang (Aakash), ada di jari tengah

4. Elemen Tanah (Prithvi), ada di jari manis

5. Elemen Air (Jala), ada di jari kelingking

Kelima elemen itu ada juga di dalam tubuh kita. Suhu tubuh yang senantiasa hangat, adalah representasi dari elemen api. Oksigen dan karbondioksida yang kita hirup dan embuskan adalah representasi dari elemen udara. Rongga-rongga dalam kepala kita adalah representasi dari elemen ruang. Tubuh kita yang berdaging dan bertulang adalah representasi dari elemen tanah. Lalu, komponen air yang mengisi tubuh adalah representasi dari elemen air.

Dan ... setiap jari kita memiliki kuasa atas masing-masing elemennya, Ma! Betapa agung ciptaanNya, ya?


Bagaimana cara bekerja Mudra?


Kelima elemen tersebut harus seimbang, antara satu dengan lainnya. Bila tidak, maka akan terjadi masalah. Misalnya saja, kekurangan elemen air, maka tubuh akan mengalami keletihan dan dehidrasi. Contoh lain, tubuh yang kedinginan adalah pertanda dari kekurangan elemen api, hingga menuntut untuk cepat-cepat diberi kehangatan. *peluk Papa*

Melakukan pose-pose dengan jari atau ber-Mudra akan mengembalikan kekurangan-kekurangan itu. Hal ini dikarenakan setiap posenya akan 'mengunci' aliran energi untuk mengalir ke bagian-bagian yang membutuhkan. Selain itu, setiap syaraf di jari memiliki hubungan tersendiri terhadap otak. Syaraf yang memberikan sinyal lalu membuat otak memerintahkan sebuah reflek, mengirimkan arus elektromagtenik yang menjalar sesuai pose-pose yang dilakukan.

Misalnya saja melakukan Surya Mudra saat Mama sedang merasa kedinginan dan Papa sedang tidak ada untuk memeluk (ehem!). Dengan melipat jari manis dan menekannya dengan ibu jari, serta-merta rasa hangat akan menjalar dalam tubuh. Yes, it works wonder, Ma! Cara kerjanya sangat efektif!


BACA JUGA


Mama Gampang Sakit dan Sering Merasa Tak Sehat? Sebelum Pergi ke Dokter, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!

Mama Gampang Sakit dan Sering Merasa Tak Sehat? Sebelum Pergi ke Dokter, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!

Mama, pernah nggak sih kita merasa kalau perempuan itu lebih gampang sakit dibandingkan pria? Nggak disibukkan dengan pekerjaan saja bisa ...

Read more..


Apa saja kegunaan Mudra?


Banyak sekali, Ma, mengingat pose-pose Mudra itu ada ratusan. Mama bisa dengan cepat mengembalikan apa pun itu keadaannya dalam tubuh Mama. Sakit kepala karena ketidakseimbangan dalam rongga kepala, bad mood karena mendengar berita yang tidak menyenangkan, kesal dengan jerawat yang menjejali wajah, sampai sakit yang berat sekalipun!

Namun demikian, tidak ada catatan resmi mengenai kegunaan Mudra, walaupun salah satu bentuk self healing yang berasal dari India ini sudah dipraktikkan sejak dahulu kala dan sangat diakui kemanjurannya. Menurut Rajendra Menen dalam bukunya "The Healing Power of Mudras, The Yoga of The Hands",

“Tidak ada dokumentasi, hanya kesaksian-kesaksian lisan tentang kemanjurannya yang beredar, dan itulah sebabnya kegunaan Mudra masih hidup dan ada di antara kita."

Hm, jadi Mudra itu sederhana tapi manjur, ya?


Lalu, bagaimana mengaplikasikan Mudra?

Mengaplikasikan Mudra juga sangat mudah. Mama hanya perlu duduk, lalu mulai melakukan pose-pose Mudra dengan jemari. Kebanyakan Mudra dilakukan dengan kedua tangan, dan sebaiknya dikerjakan sambil duduk bersila dengan masing-masing tangan di atas paha.

Setelah duduk (walaupun dalam kasus-kasus penyakit berat, Mudra dapat dilakukan dengan berbaring), Mama bisa mulai membuat formasi-formasi Mudra yang diperlukan. Sebisa mungkin, lakukan tubuh dan pikiran rileks. Misalnya dengan memperhatikan napas. Hanya menyadari kapan udara dihirup dan dikeluarkan itu bikin rileks lo, Ma. Dan dalam ketenangan tubuh dan pikiran itulah saatnya energi bekerja mengembalikan keharmonisan yang diidamkan tubuh juga pikiran.


BACA JUGA


Sering Sakit Kepala, Ma? 5 tips Praktis Ini Membantu Meredakannya

Sering Sakit Kepala, Ma? 5 tips Praktis Ini Membantu Meredakannya

Sakit kepala adalah hal yang sering dialami oleh hampir semua Mama. Bentuk dan jenisnya bermacam-macam. Mulai dari migraine atau sakit ...

Read more..


Mudra-nya apa saja, ya?

Ada ratusan, Ma, tapi untuk Mama yang kinyis-kinyis, Rocking Mama siapkan 5 pose Mudra yang sekiranya diperlukan, ya!


1. Vayu Mudra untuk Ketenangan Pikiran


Bagi yang sering dilanda kekhawatiran, serangan panik, atau terlalu banyak berpikir, Vayu Mudra sangat cocok untuk Mama. Vayu dalam bahasa Sansekerta berarti Angin, jadi Vayu Mudra berguna untuk menyeimbangkan elemen angin/udara dalam tubuh.

Caranya mudah, hanya dengan melipat jari telunjuk dan menahannya dengan ibu jari setidaknya selama 5 menit. Vayu Mudra dapat mengharmonisasikan sistem syaraf, menenangkan busy-restless mind yang biasanya diderita para mama.


2. Jala Mudra untuk Awet Muda


Jala dalam bahasa Sansekerta artinya Air. Jari kelingking Mama memegang kendali atas elemen air dalam tubuh. Oleh karenanya, dengan menempelkan ujung kelingking dengan ujung ibu jari selama setidaknya 5 menit, dapat menyeimbangkan kekurangan cairan dalam tubuh.

Kulit adalah satu organ yang paling mudah kering, jadi Jala Mudra cocok untuk Mama yang berkulit kering, bersisik, atau pecah-pecah. Berguna untuk mengembalikan keremajaan kulit hingga terlihat tetap awet muda.

Bagi Mama yang sudah memiliki kelembapan kulit yang cukup, lakukan Jala Mudra dengan waktu singkat saja ya.


3. Surya Mudra untuk menurunkan berat badan


Sesuai dengan namanya, Surya berarti Matahari, yang dapat menghasilkan panas. Surya Mudra menghasilkan panas tubuh yang salah satu efeknya adalah membakar kelebihan lemak. Tapi buat Mama yang cenderung memiliki tubuh yang kurus, sebaiknya tidak perlu berlama-lama melakukannya.

Cara melakukannya mudah, hanya dengan menekuk jari manis dan menahannya dengan ibu jari, setidaknya selama 5 menit. Surya Mudra untuk menurunkan berat badan memang tidak instan, selain itu, ada dua Mudra lagi yang dapat menunjang keberhasilan menurunkan berat badan ini, yaitu Apaana Mudra dan Tritiiya Vayu Mudra. Mama bisa googling untuk cari tahu lebih banyak ya.

Ayo semangat, Ma!


BACA JUGA


Ini Dia 3 Rahasia Tips Sehat Terbesar yang Bisa Mengubah Hidup Mama Sepanjang Hidup!

Ini Dia 3 Rahasia Tips Sehat Terbesar yang Bisa Mengubah Hidup Mama Sepanjang Hidup!

Mau tahu rahasia tips sehat terbesar yang bisa mengubah hidup Mama? Mama harus berkomitmen untuk melakukan semua tips sehat berikut, jika ...

Read more..


4. Prithvi Mudra untuk mencegah osteoporosis


Prithvi berarti bumi, dan salah satu komponen bumi terbesar dalam tubuh adalah tulang. Untuk kesehatan tulang, melakukan Prithvi Mudra dapat membantu mencegah osteoporosis. Mudra ini juga membantu permasalahan persendian.

Jika Mama sudah menjalani hidup sehat dengan olahraga yang rutin, atau menderita asma kronis, melakukan Prithvi Mudra cukup dalam waktu yang singkat saja. Mudra ini sama sederhananya dengan yang lain, yaitu menyatukan ujung jari manis dengan ujung ibu jari.


5. Kundalini Mudra untuk kegiatan seksualitas


Kundalini adalah energi yang ada dalam setiap manusia. Mengaktifkan Kundalini juga akan menaikkan hasrat seksual sekaligus meningkatkan stamina.

Bila hubungan dengan Papa sedang menurun, segera ajak untuk melakukan formasi tangan ini ya Ma, yaitu dengan tangan kiri berpose menunjuk (hanya jari telunjuk yang lurus, jari-jari lain terkepal) lalu genggam telunjuk itu dengan tangan kanan. Setidaknya selama 5 menit, Kundalini Mudra akan membawa Mama dan Papa pada hubungan yang kembali semangat dan hangat.


BACA JUGA


Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Pola hidup sehat penting banget untuk Mama terapkan dalam keseharian. Hindari 5 kebiasaan buruk ini untuk pola hidup sehat

Read more..


Keempat Mudra yang paling atas diaplikasikan dengan kedua tangan, ya Ma. Biasanya sambil duduk bersila dengan punggung tegak, dan masing-masing tangan berada di atas paha. Mudra yang kelima dilakukan dengan formasi tangan digabungkan. Mudra juga sangat berguna untuk berbagai kasus penyakit parah, dan bisa dilakukan dalam kondisi senyamannya, bahkan berbaring saja.

Yuk, Ma, kita kembali ke alam dengan melakukan pengobatan sealami mungkin dan dari diri sendiri (self healing). Pose Mudra ada ratusan, jadi sila mencari tahu sendiri kebutuhan Mudra Mama dan keluarga, ya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mari Kenalan dengan Mudra - Self Healing yang Banyak Manfaatnya. Ssst! Untuk Menurunkan Berat Badan Juga Bisa Lho!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar