Masih Menjadi Ibu Menyusui Tapi Sudah Hamil Lagi. Lanjutkan Menyusui Atau Sapih Si Kakak Ya?

Masih Menjadi Ibu Menyusui Tapi Sudah Hamil Lagi. Lanjutkan Menyusui Atau Sapih Si Kakak Ya?

1.1K
Kondisi baik ibu menyusui maupun ibu hamil sama-sama membutuhkan perhatian lebih. Gimana dengan ibu menyusui yang juga sedang hamil? Berbahayakah? Perlukah menyapih sang kakak secepatnya?

Mendapatikan kabar kalau kita sedang hamil pastinya sangat membahagiakan ya, Ma. Tetapi bagaimana kalau Mama dinyatakan hamil, sementara Mama masih berstatus ibu menyusui?

Nah loh! Antara bahagia karena dikasih kepercayaan lagi, dan pasti juga ada rasa takut dan waswas, bisa nggak ya, ngurus si adik nanti sementara si kakak masih belum bisa mandiri?

Akhirnya, beberapa mama yang mengalami hal serupa ini akan mengambil keputusan untuk segera menyapih sang kakak. Tapi pasti juga banyak yang memilih untuk tetap melanjutkan menyusui. So, status Mama akan menjadi seorang ibu hamil sekaligus ibu menyusui.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Masalah Ibu Menyusui yang Biasanya Dialami, Beserta Tips untuk Mengatasinya!

Ini Dia 7 Masalah Ibu Menyusui yang Biasanya Dialami, Beserta Tips untuk Mengatasinya!

Bisa menyusui, pastilah sudah menjadi keinginan Mama begitu si bayi lahir ya, Ma. Dan, jangan dikira pula bahwa menyusui itu mudah, tinggal ...

Read more..


Wah! Nggak kebayang, beratnya ya? Gimana, Ma? Jangan-jangan inilah yang sedang Mama jalani sekarang? Hamil sembari menyusui, atau yang lebih keren disebut dengan Nursing While Pregnancy (NWP)?

Sebenarnya, aman nggak sih, kalau ada ibu menyusui yang juga sedang hamil ini? Apakah benar, jika ibu menyusui selama hamil, maka akan memengaruhi pertumbuhan bayi di dalam kandungan?

Lalu bagaimana dengan sang kakak? Nutrisi di dalam ASI yang dikonsumsinya akan berubah nggak ya?

Well, jika Mama memang memutuskan untuk tetap menjadi ibu menyusui sementara Mama juga hamil dan melakukan NWP, maka ada beberapa hal yang harus harus menjadi perhatian, Ma. Coba kita lihat, yuk.


Beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui yang juga sedang hamil


1. Asupan nutrisi


Sangat penting bagi Mama untuk memperhatikan asupan nutrisi Mama.

Hal ini pastinya sangat bergantung pada usia sang kakak yang sedang menyusui. Tahu nggak sih, Ma, bahwa untuk mencukupi nutrisi ibu menyusui yang sedang hamil, maka Mama akan membutuhkan tambahan 650 kalori sehari jika kakak masih berusia di bawah 6 bulan, atau 500 kalori jika ia sudah MPASI.

Tambahan kalori juga diperlukan untuk kehamilan, Ma, yaitu 350 kalori saat trimester kedua, dan 450 kalori selama trimester ketiga.

Nah, yang bikin lega dalam hal ini, bahwa nggak akan ada perubahan kualitas pada ASI meski Mama hamil sementara sedang menyusui.

So, nggak perlu khawatir kalau si kakak nggak lagi dapat mendapatkan nutrisi terbaik dari ASI.


2. Kontraksi Uterin


Menyusui memang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim, tetapi kontraksi ini tidak meningkatkan risiko keguguran ataupun kelahiran prematur.

Hal ini disebabkan jumlah hormon oksitosin yang dilepaskan selama menyusui tidaklah terlalu banyak, sehingga tidak cukup menyebabkan dilatasi pada servix yang dapat memicu kelahiran sang janin.

Namun, sebagai informasi tambahan ya, Ma, bahwa hormon oksitosin juga dikeluarkan saat Mama mengalami orgasme. Oleh karena itu, jika Mama tidak disarankan atau dilarang melakukan hubungan seksual selama hamil oleh obgyn Mama, maka perlu dipertimbangkan juga lebih jauh, agar Mama jangan melakukan NWP dan akan lebih safe jika Mama menyapih sang kakak lebih dulu.


BACA JUGA


Ini Dia 9 Kondisi yang Sering Dikeluhkan oleh Mama Hamil - Wajar Kok, Tak Perlu Khawatir!

Ini Dia 9 Kondisi yang Sering Dikeluhkan oleh Mama Hamil - Wajar Kok, Tak Perlu Khawatir!

It is the most powerful creation to have life growing inside of you, there is no bigger gift. - Beyonce

Read more..


3. Keluhan selama melakukan NWP


Ada beberapa ketidaknyamanan yang akan Mama alami sebagai ibu menyusui yang sedang hamil dan melakukan NWP. Misalnya, seperti puting yang menjadi lebih sensitif sehingga akan terasa sakit.

Mama pun merasa lebih cepat lelah dibanding keadaan menyusui biasa tanpa kehamilan.


4. Larangan melakukan NWP


Meskipun kondisi ibu menyusui yang sedang hamil dan melakukan NWP dinyatakan aman, namun tetap ada beberapa kondisi di mana Mama akan dilarang melakukan NWP. Kondisi-kondisi tersebut adalah:

  • Kehamilan dengan risiko tinggi
  • Kehamilan kembar
  • Dilarang melakukan hubungan seks selama hamil
  • Mengalami pendarahan atau nyeri (kram)


BACA JUGA


Saya Tak Ingin Hamil Lagi, Tapi Kemudian Saya Menemukan Cinta

Saya Tak Ingin Hamil Lagi, Tapi Kemudian Saya Menemukan Cinta

Tak ingin hamil anak kedua saat si sulung masih 7 bulan. Tapi apa mungkin kehadirannya saya tolak

Read more..


Well, jika Mama sudah memantapkan hati untuk melanjutkan status ibu menyusui sementara dinyatakan hamil lagi dan melakukan NWP, maka sebaiknya segera konsultasikan keinginan Mama kepada obgyn ya.

Jangan lupa minta dukungan ke lingkungan sekitar terutama Papa.

Stay healthy, Mama!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masih Menjadi Ibu Menyusui Tapi Sudah Hamil Lagi. Lanjutkan Menyusui Atau Sapih Si Kakak Ya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahma Maryama | @rahmatejawati

Silahkan login untuk memberi komentar