Masih Meragukan Manfaat Teh Hijau? 7 Hal Ini Pasti Bisa Meyakinkan Mama!

Masih Meragukan Manfaat Teh Hijau? 7 Hal Ini Pasti Bisa Meyakinkan Mama!

779
Teh hijau terkenal akan antioksidannya yang penting untuk tubuh. Lalu, apa lagi?

Sudah menjadi tradisi di keluarga saya setiap pagi dan sore ngeteh bersama. Biasanya mama saya selalu membuatkan teh manis hangat buat kami sekeluarga. Teh bikinan beliau memang istimewa. Tehnya sih merek biasa saja, tapi karena Mama membuatnya dengan penuh cinta makanya tehnya terasa istimewa.

Kebiasaan minum teh itu akhirnya terbawa hingga sekarang. Untuk keluarga saya, setiap pagi dan sore rutin saya buatkan teh. Bahkan, suami yang dulu nggak pernah minum teh, sekarang pun jadi ikutan suka minum teh. Tapi berbeda dengan mama saya yang ngeteh dengan teh hitam beraroma melati, saya lebih suka minum teh hijau. Yah, sesekali saya masih minum teh hitam sih, apalagi kalau lagi kangen sama mama saya.

Teh hijau? Kenapa teh hijau?

Pasti Mama juga sudah bisa menebak alasan saya deh, mengapa saya lebih pilih teh hijau. Betul, semua karena kandungan dan manfaat teh hijau yang banyak, terutama untuk kesehatan tubuh kita. Iya, hari gini. Siapa sih yang nggak mau hidup sehat, iya kan Ma?

Mungkin Mama juga sudah tahu ya, bahwa teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang diolah dengan metode pengukusan. Proses pengolahan teh seperti ini bisa dibilang adalah metode yang terbaik, Ma, karena dengan begini, kandungan katekin di dalam teh hijau tidak akan hilang.

Teh hijau juga, konon, memiliki kandungan kafein yang jauh lebih rendah daripada jenis teh lain, apalagi kopi. Jadi kalau kita mengonsumsi teh hijau nggak perlu khawatir deh, Ma, akan timbulnya efek tertentu.

Selain itu di dalam teh hijau juga ada antioksidannya yang penting untuk tubuh, yaitu polifenol, yang mampu menetralkan zat-zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Cuma itu aja ya, manfaat teh hijau? Mengandung antioksidan?

Nggak dong, Ma, masih banyak manfaat teh hijau yang lain! Coba yuk, kita lihat bareng-bareng!


BACA JUGA


Ini Dia 4 Manfaat Teh untuk Kecantikan Alami Ala Rocking Mama

Ini Dia 4 Manfaat Teh untuk Kecantikan Alami Ala Rocking Mama

Yes! Jangan buang kantung teh celup bekasnya, Ma! Ada banyak manfaat teh tersembunyi di baliknya lho

Read more..


7 Manfaat teh hijau yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur


1. Meningkatkan kekebalan tubuh


Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang berupa flavonoid dan polifenol (seperti yang sudah disebutkan di atas). Keduanya bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, Ma. Jadi bikin kita nggak mudah sakit, pastinya tubuh jadi lebih kuat dalam menangkal serangan virus dan infeksi.

Teh hijau juga mengandung vitamin C yang juga berperan penting dalam perbaikan sistem kekebalan tubuh ini, Ma.


2. Terhindar dari Osteoporosis


Salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh orang-orang menjelang usia lanjut, dan para wanita, adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Bayangkan, Ma, kalau kita sampai terkena osteoporosis. Bayangkan kalau Mama sedikit saja bergerak berisiko cidera. Duh! Enggak banget deh!

Teh hijau ini punya kandungan fluoride yang cukup banyak, Ma, dan baik banget untuk menjaga tingkat kepadatan tulang, dan termasuk menurunkan risiko penyakit osteoporosis.


3. Terhindar dari penyakit Neurologis


Teh hijau mengandung polifenol yang bermanfaat untuk melindungi bagian organ otak yang berfungsi untuk mengatur kemampuan ingatan dan menyerap informasi.

Mengonsumsi teh hijau secara rutin akan mencegah kerusakan sel di otak, sehingga mencegah penyakit neurologis, seperti Parkinson dan Alzheimer.



4. Kulit kita lebih sehat


Sejumlah penelitian menemukan adanya manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit, Ma.

Minum teh hijau secara rutin akan dapat membantu kita memiliki kulit yang lebih segar dan bercahaya. Senyawa antidioksidan berupa polifenol berfungsi mencegah penuaan dini.


5. Terhindar dari penyakit kanker


Para ilmuwan di Penn State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa senyawa yang terkandung di dalam teh hijau mampu membunuh sel-sel abnormal.

Epigallocatechin-3-gallate (EGCG), senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, disinyalir mampu membunuh sel-sel kanker mulut tanpa merusak sel normal.

Senyawa polifenol dalam teh hijau juga membantu membunuh sel mitokondria ("powerhouses" atau bagian dari sel-sel yang bertanggung jawab untuk mengubah gula dan oksigen menjadi energi, yang diperlukan agar sel dapat berfungsi dengan semestinya), dan mengurangi kemampuan pelindung dari sel-sel kanker.


6. Kadar kolesterol turun


Teh hijau juga mengandung senyawa tanin yang berkhasiat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh lho, Ma. Senyawa ini diperlukan untuk melawan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, yang bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan plak di arteri.

Teh hijau juga punya kandungan zat katekin yang bermanfaat juga baik untuk pengendalian kolesterol dalam usus.


7. Berat Badan Turun


Ada yang pengin punya berat badan ideal? *ngacung* Siapa sih yang enggak?

Setiap perempuan pasti memimpikan punya berat badan ideal kayaknya ya, Ma.

Antioksidan polifenol katekin dalam teh hijau juga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, karena ia dapat mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh dengan mengubah lemak menjadi kalori.

Fungsi lainnya adalah mengoptimalkan proses detoksifikasi di dalam tubuh dan menekan nafsu makan yang berlebihan. Ini sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Dosa Kesehatan yang Sering Kita Lakukan Berulang Kali!

Ini Dia 7 Dosa Kesehatan yang Sering Kita Lakukan Berulang Kali!

Kadang kita itu memang sok kuat dan sok jago sih. Dengan sengaja, kita melakukan hal-hal yang jelas-jelas membahayakan kesehatan

Read more..


Tuh kan Ma, ternyata bener ya. Banyak sekali manfaat teh hijau bisa kita dapatkan kalau kita mengonsumsinya secara rutin.

So, mengapa nggak mulai beli teh hijau hari ini, Ma?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masih Meragukan Manfaat Teh Hijau? 7 Hal Ini Pasti Bisa Meyakinkan Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ika Puspita | @ikapuspita

Saya seorang Mom Blogger dan memiliki tiga anak. Menulis dan memasak adalah hobi saya.

Silahkan login untuk memberi komentar