Masih Saja Ragu Melakukan Investasi Saham? Beberapa Alasan Berikut Pasti Bisa Meyakinkan Mama!

Masih Saja Ragu Melakukan Investasi Saham? Beberapa Alasan Berikut Pasti Bisa Meyakinkan Mama!

536
Masih takut investasi saham, Ma? Mungkin Mama harus baca beberapa alasan investasi saham di bawah ini untuk memotivasi mulai belanja saham, atau bahkan nabung saham?

Halo Ma, gimana setelah baca artikel bagaimana menepis keraguan Mama untuk investasi saham tempo hari? Sudah mulai investasi sahamnya Ma? Sudah koleksi perusahaan apa saja?

Belum juga ya Ma? *kemudian hening*

Tidak apa-apa, Ma. Memang belum yakin dan belum dapat alasan yang pas juga bisa jadi penghalang investasi saham. Ini saya mau bagi beberapa alasan yang mungkin bisa bikin Mama berubah pikiran.


BACA JUGA


Bingung Pengin Investasi? Mulailah dari 2 Jenis Investasi yang Paling Aman untuk Ibu Rumah Tangga Ini Dulu!

Bingung Pengin Investasi? Mulailah dari 2 Jenis Investasi yang Paling Aman untuk Ibu Rumah Tangga Ini Dulu!

Investasi penting dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Bingung? Mulailah dengan investasi yang aman dan mudah ini dulu saja ...

Read more..


Alasan Kenapa Mama Harus Mulai Investasi Saham

Harga Semua Barang Selalu Naik Karena Inflasi


Kalau alasan pertama ini, Mama pasti lebih tahu dibanding saya. Harga barang selalu naik kan, Ma? Iya, karena inflasi.

Nggak usahlah saya kasih contoh bagaimana tajam yang perbandingan harga beras sekarang dengan sepuluh tahun lalu ya, Ma? Apa uang sekolah anak? Bisa bikin pening cuma mikirinnya aja.

Tapi memang begitulah adanya. Meskipun beberapa tahun belakangan data inflasi cukup terkontrol, tapi nggak menjamin akan selalu seperti itu.

Uang yang Mama tabung bisa jadi nggak akan cukup untuk bayar sekolah anak beberapa tahun lagi. Karena itulah banyak penasihat keuangan menyarankan untuk melakukan investasi saham untuk menyiapkan kebutuhan yang masih relatif lama di masa depan. Idealnya yang lebih dari 5 tahun.

Secara historis perkembangan indeks harga saham bisa mencapai 25% setahun. Belum lagi kalau perusahaan yang Mama koleksi sahamnya bagi deviden. Bagi keuntungan buat pemilik modal alias pemegang saham.

Uang Mama bisa bekerja untuk Mama kan?


Mama Tiap Hari Pakai Produknya, Kenapa Nggak Sekalian (Ikut) Punya Perusahaannya?


Ini nih, Ma, yang selalu saya bilang ke teman-teman saya. Kita setiap hari pakai produknya, kenapa nggak sekalian ikutan punya perusahaannya?

Kayak Mama, tiap bulan atau tiap minggu belanja ke warung beli susu, odol, sabun dan aneka macam kebutuhan rumah tangga. Mama bisa loh ikutan jadi pemilik perusahaannya. Ya, dengan beli sahamnya, Ma. Kita investasi saham di perusahaan yang produknya kita pakai setiap hari.

Susu anak, Mama bisa beli saham perusahaan yang jualan susu. Suka nyemil mi instan, ada juga perusahaannya di bursa. Sabun, odol, pewangi pakaian dan pembersih lantai? Salah satu perusahaan blue chip tuh, Ma!

Kalau Mama sudah koleksi saham perusahaan-perusahaan itu, sambil ngegosip di warung, Mama bisa bilang kalau Mama baru beli (saham) perusahaan. Ciyeeee. Gengsi naik tuh, Ma! Hahaha.

Pas periode bagi-bagi deviden, tanpa nyaris harus ngapa-ngapain, Mama tiba-tiba dapat bagian keuntungan perusahaan.

Luar biasa kan, Ma?


Ngalahin Hobinya Papa


Sebagai seorang papa, saya ngerti banget kalau hobi kami kadang suka nggak masuk akal. Kayak misalkan, setiap akhir pekan kami-kami ini sering ke bengkel buat utak-atik mobil kesayangan kami. Hehehe.

Duit yang kami habiskan ini kan kadang juga bisa makan uang belanja. Betul nggak? Nah, kenapa Mama nggak mulai hobi baru investasi saham?

Well, I know, Ma, collecting bags may sounds more fun. Tapi ya, uang belanja keluarga semakin habis kan?

Bagaimana kalau Mama hobi koleksi saham? Dengan Papa yang suka habiskan uang buat hobi otomotifnya, Mama beli sahamnya perusahaan otomotif terkemuka. Dengan begitu hobi Papa bisa dikompensasikan dengan potensi keuntungan yang bisa Mama terima.

Lagi-lagi nih, kalau si Papa bisa menyombongkan koleksi kendaraannya ke teman-teman mereka, Mama bisa menyombongkan koleksi perusahaan yang Mama (ikut) punya.

How's that for a hobby?


BACA JUGA


6 Kesalahan Keuangan Keluarga Berikut Ini Sering Dilakukan oleh Mama

6 Kesalahan Keuangan Keluarga Berikut Ini Sering Dilakukan oleh Mama

Terkadang saking merasa nyaman dengan kehidupan keluarga yang bahagia, Mama suka lupa ada beberapa hal yang harus dipikirkan secara jeli ...

Read more..


Belanjanya Nggak Bikin Uang Mama Habis


Seperti yang saya bilang di poin sebelumnya, Ma. Dibandingkan dengan hobi koleksi tas, koleksi (investasi) saham cenderung lebih aman untuk keuangan keluarga.

Kalau Mama beli tas yang harganya jutaan, sudah pasti uang akan ketahan di satu tas itu saja. Kalau sewaktu-waktu butuh uang, nggak serta merta bisa dijual dan langsung dapat fresh money kan, ya?

Sementara kalau investasi saham, marketnya akan selalu ada. Mau jual kapan saja pasti akan laku. Nggak perlu dag-dig-dug nyari pembeli. Cuma memang Mama harus pastikan harga waktu Mama jual saham lebih tinggi waktu Mama beli.

Belum lagi waktu perusahaan bagi-bagi keuntungan usahanya lewat dividen. Jadi kalau semua perusahaan yang sahamnya Mama koleksi membukukan laba, Mama pasti akan panen keuntungan. Di rekening Mama akan ada dana masuk tanpa Mama sadari.

Semakin banyak Mama belanja saham, semakin banyak dividen yang Mama akan dapatkan.


Bisa Dipakai untuk Mengajarkan Anak tentang Sistem Keuangan dan Nasionalisme


Dengan aktif melakukan investasi saham, sedikit banyak Mama akan mempelajari mengenai perusahaan yang Mama beli. Apa yang bisa bikin perusahaan untung dan yang berpotensi membuat kerugian.

Mulai dari naik turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia, kebijakan stimulus ekonomi pemerintah sampai ke situasi ekonomi dan politik di Amerika, misalnya. Nambah pengetahuan tentang ekonomi dunia dan keterkaitan segala macam hal nggak ada ruginya kan, Ma?

Dengan begitu Mama bisa juga menjadi guru keuangan yang baik untuk anak-anak, mengenai bagaimana sistem ekonomi bekerja akan dimulai.

Siapa tahu anak-anak Mama bisa menjadi ahli-ahli ekonomi negara kita.

Selain itu Mama juga bisa mengajarkan nilai-nilai nasionalisme melalui investasi saham. Bagaimana kita bisa mencintai negara ini dengan ikut serta aktif berinvestasi di pasar modal negara ini.

Alasan yang kuat juga kan Ma untuk memulai investasi saham?


BACA JUGA


#TanyaKeuangan Bersama Dani Rachmat - Antara Keuangan Keluarga, Investasi, dan Bisnis Diomongin Seru!

#TanyaKeuangan Bersama Dani Rachmat - Antara Keuangan Keluarga, Investasi, dan Bisnis Diomongin Seru!

Kalau sekarang Mama sudah ada patokan pengeluaran harian dan kemudian timbul pengeluaran yang nggak sinkron, apakah itu karena memang ...

Read more..


Jadi, Masih Cari Alasan Investasi Saham Ma?

Kalau mau dicari-cari, sebenarnya masih banyak sekali alasan kenapa Mama harus melakukan investasi saham. Market Indonesia yabg tergolong masih relatif kecil dibandingkan negara lain memberikan kesempatan berkembang yang luas.

Apalagi dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 260 juta jiwa, pasar Indonesia jadi sangat potensial. Potensial untuk siapa? Untuk perusahaan-perusahaan yang ada di bursa semakin berkembang ke depannya.

Jadi, masa Mama tidak mau ikut ambil bagian di pasar yang berkembang ini? Mama mau melewatkan kesempatan untuk bisa (ikut) memiliki (beberapa) perusahaan yang menguntungkan?

Ayo, Ma, mulai investasi saham hari ini yuk!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masih Saja Ragu Melakukan Investasi Saham? Beberapa Alasan Berikut Pasti Bisa Meyakinkan Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dani Rachmat | @danirachmat

An avid blogger with passion in financial planning at http://danirachmat.com

Silahkan login untuk memberi komentar

Rahel Cohran | @rahelcohran

Halo. Saya adalah Bapak Rahel pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak lebih jauh seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media yang bagus ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.