Masih Suka Pemanis Buatan? Simak 4+ Fakta Mengerikan Mengenai Pemanis Buatan Berikut!

npr

Masih Suka Pemanis Buatan? Simak 4+ Fakta Mengerikan Mengenai Pemanis Buatan Berikut!

1.3K
Gula alami saja sudah berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan, apalagi pemanis buatan.

Berbagai camilan dan minuman kemasan yang manis memang terasa lezat di lidah. Akan tetapi, ada bahaya di baliknya. Makanan dan minuman dengan pemanis buatan tersebut sangat mungkin menjadi racun bagi tubuh.

Selain ditemukan dalam makanan dan minuman, pemanis buatan seringkali digunakan sebagai alternatif gula alami. Tujuannya sih agar pengonsumsinya bisa mengonsumsi makanan dan minuman manis, tanpa perlu khawatir akan efek samping gula.

Namun, benarkan pemanis buatan lebih sehat dan baik bagi tubuh daripada gula alami?

Sebelum membahas persoalan tersebut, sebaiknya Mama mengenal berbagai jenis pemanis buatan yang biasa digunakan dalam industri makanan, antara lain Saccharin, Aspartame, Acesulfame potassium (Ace-K), Sucralose, Neotame, Advantame, Steviol glycosides, dan Luo Han Guo fruit extracts.

Pastikan Mama selalu mengecek bagian komposisi untuk mengetahui kandungan gula dalam makanan dan minuman yang akan Mama konsumsi ya. Sebab, ternyata, pemanis buatan menyimpan banyak efek mengerikan bagi tubuh lo!

Apa saja? Ketahui faktanya melalui ulasan di bawah ini, Ma!


BACA JUGA


Hiiiy! Minuman Soda Akan Melakukan 6 Hal Mengerikan Ini Pada Tubuh Mama! Stop Meminumnya, Ma!

Hiiiy! Minuman Soda Akan Melakukan 6 Hal Mengerikan Ini Pada Tubuh Mama! Stop Meminumnya, Ma!

Ya, setidaknya ada 6 hal mengerikan inilah yang minuman soda lakukan pada tubuh para peminumnya. Jadi, berhentilah minum minuman soda segera ...

Read more..


4 Fakta mengenai pemanis buatan yang berefek buruk bagi tubuh

1. Kenaikan berat badan

Beberapa orang menjadikan pemanis buatan sebagai alternatif gula alami. Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah kalori sehingga berat badan tubuh akan mudah dikendalikan. Kenikmatan makan tidak terganggu, tubuh pun tetap ideal.

Sounds too good to be true ya Ma?

Ternyata memang benar. Anggapan bahwa pemanis buatan dapat membantu pengendalian berat badan itu keliru.

Sebuah penelitian yang telah mengumpulkan data partisipan, baik laki-laki dan perempuan, selama 7-8 tahun menunjukkan fakta sebaliknya. Kenaikan berat badan dan obesitas lebih mungkin dialami oleh orang yang meminum minuman diet, seperti diet coke, atau minuman manis rendah gula (sebab gula alaminya diganti oleh gula buatan).

Penelitian serupa, dengan partisipan remaja, juga menunjukkan bahwa body mass index dan body fat partisipan yang mengonsumsi pemanis buatan meningkat hanya dalam waktu 2 tahun saja.

Lalu, apa sih yang memicu kenaikan berat badan tersebut?

Beberapa peneliti menduga bahwa kenaikan tersebut dipicu oleh kelengahan para partisipan. Mereka merasa berada dalam zona aman karena merasa telah mengurangi asupan gula, sehingga mengonsumsi lebih banyak minuman daripada batas normal.


2. Gangguan metabolisme

the conversation

Menurut PubMed.gov, pemanis buatan nonkalori dapat meningkatkan risiko gangguan metabolisme, seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, penumpukan lemak di daerah pinggang, dan tingkat kolesterol yang tidak normal.

Semua permasalahan tersebut akan memicu risiko stroke, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

Duh, pasti Mama tidak ingin kan kenikmatan di lidah ditukar dengan risiko sebesar itu?


BACA JUGA


Camilan dan Minuman Pemicu Lapar, Memangnya Ada? Iyes! 7 Camilan Ini Membuktikannya!

Camilan dan Minuman Pemicu Lapar, Memangnya Ada? Iyes! 7 Camilan Ini Membuktikannya!

Camilan merupakan makanan ringan yang sering banget kita konsumsi sebagai pengganjal perut. Di manapun kita bisa menemukan camilan dalam ...

Read more..


3. Darah tinggi dan penyakit kardiovaskular

consumerreports

Apakah Mama pernah mendengar kepercayaan bahwa dengan beralih ke minuman diet, maka tubuh akan lebih sehat karena asupan gula alami telah dikurangi?

Jika iya, berhentilah memercayai mitos tersebut ya Ma. Entah dari mana dan siapakah yang mencetuskan anggapan nyeleneh tersebut. Sebab, hasil penelitian mengungkapkan hal yang berlawanan.

Menurut Medical Daily, baik para peminum minuman dengan gula alami maupun para peminum minuman dengan pemanis buatan sama-sama memiliki risiko penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan penyakit vascular lainnya.

Jadi, gula buatan ataupun gula alami sama-sama berbahaya bagi tubuh, Ma.


4. Diabetes Tipe 2

cnn

American Diabetes Association menemukan, bahwa konsumsi diet soda setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe dua hingga 67%.

FYI, soda adalah salah satu minuman yang mengandung pemanis buatan dalam dosis tinggi, sehingga hasil penelitian ini sangat mungkin diterapkan untuk minuman dan makanan lain yang juga mengandung pemanis buatan.


BACA JUGA


 Awas! 7 Minuman Ini Memang Begitu Segar dan Nikmat, Tapi Mengandung Bom Kalori Jahat!

Awas! 7 Minuman Ini Memang Begitu Segar dan Nikmat, Tapi Mengandung Bom Kalori Jahat!

Mau cuaca apa pun, ada satu hal yang selalu kita cari untuk membuat diri sendiri nyaman. Ya, minuman. Mau dingin apa panas, tinggal ...

Read more..


Efek samping lain dari pemanis buatan

wellandgood

Khusus untuk pengonsumsi pemanis buatan jenis aspartame, FDA menerima berbagai laporan mengenai efek toksisitas baik yang akut, kronis, maupun potensial.

Efek samping tersebut meliputi:

  1. Masalah penglihatan
  2. Gangguan pendengaran
  3. Sakit kepala
  4. Pusing
  5. Linglung, kehilangan memori
  6. Kejang-kejang
  7. Depresi berat
  8. Palpitasi jantung
  9. Sakit dada
  10. Diare
  11. Sakit perut
  12. Perubahan menstruasi
  13. Gangguan kencing
  14. Edema

Meskipun hasil penelitian di atas mungkin sedikit kontroversial, namun Mama lebih baik berhati-hati dan waspada. Mama tidak mau kan kesehatan si kecil dipertaruhkan hanya demi memuaskan lidah saja?


BACA JUGA


Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Anak-anak Suka Minum Minuman Kemasan, Ma? Ikuti Tips Memilih Minuman untuk Anak Berikut Ini Agar Kesehatan Mereka Tak Terancam!

Di tengah cuaca panas terik maupun sedang hujan, tidak jarang minuman kemasan menjadi pilihan bagi Mama dan keluarga, bukan? Segar sih ya, ...

Read more..


Mulai saat ini, hindari dan kurangilah konsumsi makanan dan minuman dengan pemanis buatan. Lebih baik Mama sediakan minuman yang lebih sehat, seperti air putih atau fruit-infused water dan buah-buahan.

Untuk kudapan manis, Mama bisa membuatnya sendiri. Mama bisa menemukan resep chocolate cookies, brownies, ataupun kue-kue lezat lain dengan mudah di Rocking Mama. Selain lebih sehat, Mama pun bisa sambil mengasah kemampuan memasak Mama.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masih Suka Pemanis Buatan? Simak 4+ Fakta Mengerikan Mengenai Pemanis Buatan Berikut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar