Mau Belanja Online Nggak Pakai Boros Mumpung Lagi Banyak Diskon? Begini Caranya!

Mau Belanja Online Nggak Pakai Boros Mumpung Lagi Banyak Diskon? Begini Caranya!

1.4K
Belanja online memang lebih praktis. Tapi hati-hati, karena belanja online justru berpeluang kita makin boros.

Belanja online memang lebih praktis ya, Ma, karena bisa dilakukan di mana aja, sambil ngapain aja. Tapi kadang karena kemudahan itulah malah justru bikin kita makin boros.

Nah loh. Terus, gimana dong?

Apalagi hari ini nih, pas banget katanya hari ini adalah Hari Belanja Online Nasional. Semua ecommerce dan toko online berlomba-lomba memberi dan menawarkan diskon gede.

Wuih! Ini bisa jadi kabar baik, karena berarti Mama bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan harga yang miring banget. Tapi juga berarti kabar buruk. Ya iyalah ya, Ma, itu loh ... dompet! Hahaha.

Tapi tenang. Kita, Rocking Mama, pastinya bisa dong dan punya strategi berbelanja yang smart. Betul nggak, Ma? So, perhatikan beberapa poin ini ya, jika Mama ingin berbelanja online. Selalu.


5 Hal yang harus diperhatikan saat pengin belanja online


1. Membuat list belanja


Yes, kata siapa list belanja cuma butuh kalo kita belanja di pasar or di supermarket? Malah kita butuh banget list belanja online, supaya kita bisa tahu tingkat prioritasnya. Kalau perlu, bikin list termasuk anggarannya pada setiap barang.

Dan, seperti halnya kalau kita belanja pada umumnya, just stick to the list! Jangan melang-meleng, gagal fokus ke mana-mana. You have the list, so barang-barang itu sajalah yang Mama beli ya. Kalau memang butuh slow cooker untuk bikin MPASI si baby, ya belilah slow cooker saja. Abaikan peranti makan lucu-lucu bergaya vintage yang kayaknya bakalan cantik di atas meja makan itu.

Kalau Mama butuh belanja untuk pakaian anak-anak, ya pakaian anak-anaklah yang Mama beli sesuai bujet Mama ya. Abaikan bra dan underwear yang dipakai oleh para Victoria Angels itu. Meski kalau pakai itu, jelas acara nanti malam akan berlangsung lancar sama Papa, yes?


2. Lihat toko sebelah


Ini juga sama halnya dengan belanja di toko-toko biasa nih, Ma. Jangan lupa untuk menjelajah dulu ke seluruh area mal, sebelum akhirnya memutuskan beli yang mana.

Kalau biasanya, hal ini bakalan bikin Papa yang nganter belanja sebel, karena udah keluar masuk semua toko tapi akhirnya balik lagi ke toko pertama, kalau belanja online, pastinya nggak masalah dong ya. Ya, paling harus menyediakan kuota yang lebih aja. #eh

Selayaknya belanja di pasar, kita juga harus membandingkan lapak yang satu dengan yang lain. Apa yang harus dibandingkan? Bandingkanlah harga, spesifikasi produk, cara pemesanan (mana yang lebih praktis), dan cari testimoni pelanggan.


3. Jangan terburu-buru


Hei, belanja online kan bisa dilakukan di mana saja. Tak perlu khawatir toko tutup. Jadi kalau ada yang harus dipertimbangkan, entah spek produk atau harga, lebih baik Mama tunda dulu saja.

Somehow, belanja online itu lebih risky ketimbang belanja offline. Jadi pergunakan waktu untuk menimbang sebaik-baiknya. Perhatikan product review-nya, bisa juga meminta pendapat orang lain.

Pun saat Hari Belanja Online Nasional ini, meski dibatasi waktu diskonnya, tapi pastilah bisa ya, kita nggak usah buru-buru memutuskan. Ada waktu 24 jam untuk berpikir. Betul, Ma?


4. Ongkos kirim



Ini saya banget nih.

Kalau mau belanja online, pilihlah toko online yang berlokasi tak jauh dari domisili rumah kita, Ma. Jangan sampai harga barang malah lebih murah ketimbang ongkos kirim. Kalau ongkos kirimnya per kilo, perhitungkan untuk memesan barang yang dibikin pas kiloannya. Biar nggak rugi ongkir. Betul nggak sih?

Atau akan lebih baik lagi jika Mama bisa mencari teman sekalian untuk pesan. Nah, jadi bisa berbagi ongkos kirim kan?

Mama juga bisa memanfaatkan fasilitas bayar secara COD, atau cash on delivery. Beberapa ecommerce sudah menawarkan fasilitas ini, meski sebenarnya Mama tidak berada di kota domisili yang sama dengan kantor ecommerce-nya. Mayan kan, karena biasanya COD ini juga bebas ongkir.


5. Diskon


Entah itu sale, atau PreOrder, dua-duanya biasanya menawarkan harga yang lebih murah lho, Ma. Caranya:

  • Mama bisa langganan newsletter dari toko online tersebut jika disediakan. Biasanya mereka akan meng-update newsletter dengan info-info produk terbaru atau sale.
  • Mencari kupon. Sekarang ada situs khusus yang memuat evoucher dan ecoupon lho. Coba deh, manfaatkan, Ma!
  • Manfaatkan momen, misalnya seperti hari-hari spesial tertentu di mana para toko online menawarkan diskon dan voucher. Seperti pas Hari Belanja Online Nasional sekarang ini, misalnya.


BACA JUGA



Nah, sekarang apakah udah siap belanja online sekarang tanpa takut boros?

Yuk, Ma! Happy smart shopping ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Belanja Online Nggak Pakai Boros Mumpung Lagi Banyak Diskon? Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar