Mau Berburu Makanan Enak? Ini Dia 6 Pertimbangan untuk Memilih Tempat Makan yang Asyik!

Mau Berburu Makanan Enak? Ini Dia 6 Pertimbangan untuk Memilih Tempat Makan yang Asyik!

1K
Makanan enak adalah koentji kebahagiaan. Betul? Bolehlah sesekali berburu makanan enak di luar rumah, biar santai sembari piknik!

Halo Mama! Mama biasanya suka masak sendiri di rumah atau beli makanan di luar? Masak sendiri pasti jauh lebih sehat dan hemat ya Ma, tapi sekali-kali boleh dong Mama nyantai dikit, nggak usah riweuh masak di rumah. Mama bisa beli makanan enak di luar, mungkin seminggu sekali saat weekend, atau sebulan sekali.

Nah, ngomongin soal tempat makan dengan makanan enak yang ada dalam menunya, apa sih yang membuat Mama memilih suatu tempat untuk dikunjungi dan dicicip menunya? Apakah karena rasa makanannya yang enak atau karena keunikan tempatnya? Atau karena murah? Eh, kalau yang terakhir mah kebutuhan absolut ya? Hahaha. Yahhh, minimal ya sehargalah ya, Ma. Kalau memang mahal ya harus istimewa banget dong ya, entah apanya gitu kan?

Atau karena hal-hal lainnya?

Saya sekeluarga suka juga makan di luar, Ma. Saya sendiri sih suka masak. Mama sudah lihat resep-resep saya di Rocking Mama ini belum? Ada resep cheese cake dan choco lava yang praktis dan bahannya mudah lho! Hihihi.

Yah, meski suka masak, sesekali kami juga makan di luar. Selain selingan, juga biar kami nggak kudet dengan tempat-tempat makan baru yang kekinian.

Dengan banyaknya rekomendasi tempat-tempat makan dengan menu makanan enak yang kekinian, saya juga tetap milih-milih sih, Ma. Nggak semua tempat juga kami kunjungi dan cobain. Biasanya sih ya ada pertimbangan tertentu saat kami memutuskan untuk mengunjungi tempat makan yang belum pernah kami coba.


6 Hal yang menjadi pertimbangan untuk mencoba makanan enak di luar


1. Rasa


Rasa nggak bisa bohong, Ma. Lidah itu pasti selalu bisa ngerasain deh. Rasa makanan enak sudah pasti menjadi salah satu alasan mengapa orang pengin nyobain datang, makan, dan kemudian datang kembali. Betul?

Ya, nggak mungkin kan, Mama datang ke tempat makan yang makanannya nggak cocok dan nggak enak?


2. Kebersihan


Kebersihan adalah hal kedua yang penting banget sebagai salah satu alasan kita mengunjungi suatu tempat. Setuju, Ma? Setuju!

Pasti Mama nggak mau kan beli makanan di tempat yang jorok, ntar pulang-pulang malah sakit perut. Nggak jadi kenyang, malah penyakitan. Yah, memang Mama mungkin nggak bisa inti-intip dapurnya sih. Jadinya nggak tahu apakah cara masaknya bersih. Tapi kita bisa menilai dengan sekilas saja melihat tempatnya.

Misalnya nih ada pedagang kaki lima yang terkenal punya menu makanan enak, harga terjangkau, tapi coba deh lihat cara mencuci piringnya. Cuma menggunakan 2 ember kecil, piring yang sudah disabun dimasukkan ke ember 1, setelah itu bilas set-set di ember 2, langsung lap. Gitu doang! Ih! Jorok nggak sih, Ma, kalau menurut Mama yang kayak gitu? Saya kok ga sampai hati kalau harus makan di tempat begitu ya.

Kalau memang dia punya makanan enak, mendingan saya beli terus minta dibungkus dan dibawa pulang deh. Itu pun dengan berusaha tak mengindahkan pertanyaan-pertanyaan lain, seperti "Ini makanan enak masaknya gimana ya?"

Kalau sempat kepikiran sih, sepertinya nggak jadi beli aja deh. Hahaha. Mending pilih tempat makan lain saja yang kebersihannya lebih terjamin.


3. Harga


Biasanya yang dicari adalah kombinasi makanan enak dengan harga bersahabat. Ha! Ada yang nggak mau, kalau ada yang menawarkan menu makanan seperti itu?

Apalagi kalau buat pelajar atau mahasiswa ya, maunya yang murah meriah dan banyak! Hahaha. Buat keluarga juga sih, kalau bisa ya. Biar bisa tetap piknik di akhir bulan, kita pasti mencari tempat makan yang punya makanan enak tapi harga terjangkau.

Tapi biasanya sih, kalaupun mahal ya kita nggak masalah juga kalau rasanya memang maknyus!


4. Service


Nah, service atau pelayanan dari si tempat makan itu ternyata juga penting untuk menarik pengunjung ya, Ma.

Mama pasti bakalan happy dan merasa nyaman kalau mengunjungi suatu tempat makan, pegawainya murah senyum dan ramah. Apalagi kalau di sana disediakan juga berbagai permainan anak-anak. Kita bisa makan tenang, dilayani dengan baik, makanan enak, anak-anak asyik juga main. Wiiih .... So, service dan fasilitas pasti juga menentukan kita mau nggak nyobain dan kembali lagi ke suatu tempat makan.

Kebalikannya tuh, kalau pegawai dan waiter-nya judes, nyebelin, dan nggak ramah, pasti bikin Mama bete dan males pergi ke tempat itu lagi. Ya, kecuali memang rasa makanannya memang enak sih.


5. Baru dan kekinian


Tempat makan baru biasanya ramai pengunjung, apalagi kalau sudah dipromosikan sebelum buka. Terus, pada ramai-ramai datang, selfie-selfie di tempat makan itu yang punya ruang yang Instagramable. Atau kemudian bertaburan foto-foto makanan ala food blogger ... Wah, pasti makin ramai ya. Kita pun jadi penasaran, dan pengin nyobain.

Biasalah, kita kan jadi penasaran pengin nyobain menu-menu makanan enak di tempat baru tersebut. Semakin ramai pengunjungnya, semakin penasaran juga untuk nyobain kan, Ma?

Kebalikannya, kalau kita lihat ada tempat makan baru tapi begitu sepi, nah, jadi curiga deh. Entah makanannya yang kurang oke, atau harganya nih yang kurang bersahabat.

Tapi saya sendiri nih, Ma, biasanya kalau sudah penasaran sama tempat makan baru, ya nekat saja. Syukur kalau mereka punya menu makanan enak. Kalau enggak, ya nggak bakalan datang lagi. Hahaha. Namanya juga petualan makanan. Tsah. Yang penting kan sudah nyobain kan? Sudah nggak penasaran lagi deh.


6. Unik


Keunikan suatu tempat makan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Misalnya, unik menu masakannya, dekorasi tempatnya, penyajiannya, nama makanannya, atau segala macam keunikan lain. Hal-hal yang unik pasti bikin penasaran deh.

Mama mengamati nggak, Ma? Nama menu-menu makanan sekarang ini memang aneh-aneh. Suka bikin ketawa geli baca namanya, dan akhirnya penasaran pengin nyobain. Misalnya seperti, nasi gila, rawon setan, es genderuwo, es petruk dan banyak lagi deh. Hihihi. Coba, Mama, penasaran nggak tuh?

Nggak cuma nama menu masakannya saja, nama tempat makannya juga unik-unik. Misalnya aja, ada tempat makan namanya “Blenger”. Mama bisa nebak nggak, kenapa dinamakan seperti itu? Karena porsinya yang banyak, Ma! Blenger dalam bahasa Jawa artinya kekenyangan. Hahaha. Jadi kalau makan di situ, sudah pasti bakalan kekenyangan karena porsinya yang super besar dan banyak. Siap-siap beserdawa ya! Hihihi.

Tampilan tempat makannya sendiri sekarang juga banyak yang unik. Ada lho, yang mengadopsi interior kokpit pesawat sebagai tempat makan. Ckckckck. Atau ada juga yang menggunakan konsep penjara. Jadi sepiring-piringnya dan secangkir-cangkirnya dari kaleng, yang biasa dipakai di penjara. Bahkan per meja juga dibatasi dengan jeruji! Sudah pernah coba belum, Ma? Ada juga tuh tempat makan yang kapan hari ramai viral di media sosial, wadah makanannya bentuk toilet. Waduh, serem amat ya, ngebayanginnya. Hahaha.

Soal penyajian juga ada yang unik lho. Misalnya saja, penyajian nasi goreng dengan wajan. Waduh! Kita jadi kayak makan langsung gitu di wajan. Ya, memang. Hahaha.


Yes, biasanya 6 hal inilah yang menjadi pertimbangan, terutama saya dan keluarga, saat membeli makan di luar. Kebanyakan pengunjung pasti cari yang punya makanan enak, bersih, harga terjangkau dan pelayanannya baik.

Gimana nih dengan Mama? Apakah ada pertimbangan lain saat memilih tempat untuk makan di luar? Ayo, share ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Berburu Makanan Enak? Ini Dia 6 Pertimbangan untuk Memilih Tempat Makan yang Asyik!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lianny Hendrawati | @liannyhendrawati

Wife | Mom with 3 kids | Blogger | Blue Lovers

Silahkan login untuk memberi komentar