Agar Bisnis Lebih Sukses, Ini Dia 5 Investasi yang Harus Dilakukan oleh Seorang Mompreneur!

Agar Bisnis Lebih Sukses, Ini Dia 5 Investasi yang Harus Dilakukan oleh Seorang Mompreneur!

1.6K
Berbagai bentuk investasi sudah kita lakukan demi melejitkan bisnis. Namun, jangan sampai lupa juga untuk melakukan investasi terhadap 5 hal ini!

Hai, Mama! Apa kabar bisnis Mama? Sudah mulai berprospek baik? Investasi sudah mulai berbuah?

Apakah Mama sudah mulai melakukan evaluasi? Seperti bagaimana cashflow, prospek, dan apalagi yang bisa dikembangkan, mana yang perlu dipangkas, dan seterusnya?

Termasuk juga kita bisa kembali berburu peluang investasi apa yang bisa dirambah agar bisnis kita bisa lebih sukses, barangkali ya, Ma?

Well, berbicara tentang investasi, ini nih, ada 5 hal yang harus seorang mompreneur investasikan, agar bisnis yang Mama jalankan semakin lancar dan sukses. Yuk, coba kita lihat satu per satu, Ma.


BACA JUGA


#TanyaKeuangan Bersama Dani Rachmat - Antara Keuangan Keluarga, Investasi, dan Bisnis Diomongin Seru!

#TanyaKeuangan Bersama Dani Rachmat - Antara Keuangan Keluarga, Investasi, dan Bisnis Diomongin Seru!

Kalau sekarang Mama sudah ada patokan pengeluaran harian dan kemudian timbul pengeluaran yang nggak sinkron, apakah itu karena memang ...

Read more..


5 Investasi yang harus Mama lakukan untuk bisnis yang lebih sukses



Brand, Logo, Domain, Kartu Nama

Brand, Logo, Domain, Kartu Nama  - inkspotnd.com
inkspotnd.com


Yang satu ini gampang-gampang susah, Ma, tetapi jika kita sudah melakukan investasi terhadap beberapa hal ini, dan memang mengena, pasti akan besar efeknya bagi pengembangan bisnis kita.

Brand tentu saja harus kita pikirkan masak-masak, karena merupakan ‘nama’ dari bisnis kita. Nggak mungkin kita bisa berbisnis tanpa nama kan, Ma? Setelah nama brand kita dapatkan, selanjutnya kita perlu memikirkan mengenai logo yang berfungsi selayaknya ‘wajah’ yang memungkinkan bisnis kita bisa langsung dikenali.

Domain, perlu dipertimbangkan karena, hey, Ma, sekarang sudah zaman digital. Semuanya bisa dilakukan lebih mudah melalui teknologi. Masa masih mau menggunakan cara konvensional? 

Dan terakhir, kartu nama adalah tanda pengenal kita, Ma. Sekali menyodorkan kartu nama, orang akan langsung tahu siapa kita, apa bisnis kita, bagaimana kita menjalankan bisnis tersebut, dan seterusnya.

Lakukan riset mendalam, sounding dan dengarkan pendapat teman-teman (ataupun lawan), analisis dan pertajam STP (Segmentasi, Target dan Positioning atau Proposisi). Jika perlu, lakukanlah investasi dengan meminta bantuan pada ahlinya, baik konsultan branding maupun desainer grafis yang bisa menerjemahkan seperti apakah karakter bisnis kita ke dalam simbol dan marketing tools yang representatif. 



Coach atau Mentor

Coach Atau Mentor - actioncoachanz.com
actioncoachanz.com


Tak banyak orang yang bisa bertemu atau dipertemukan dengan coach dan juga mentor khusus yang intens berhubungan dan memberi banyak masukan pada mentee-nya. Sehingga ketika kita menemukan coach dan mentor yang demikian baik dan perhatian serta sangat berharga sebab kemampuan dan keahliannya, jangan sampai kita lepaskan. 

Meski kita kadang sakit hati atas kritik dan caciannya, kadang kita pusing atas PR dan tugas-tugas yang dia berikan, tetap pertahankan keberadaannya di sisi kita. Ini adalah investasi yang penting, Ma. 

‘Kekejaman dan ketegaan’nya itu sesungguhnya adalah untuk kebaikan kita, andai saja kita mau mengerti dan pahami.



Cinta dan Kepercayaan Pelanggan

Cinta Dan Kepercayaan Pelanggan - srdinsurance.in
srdinsurance.in


Apalah arti kehadiran kita dan produk yang kita hasilkan serta kita jual, jika tidak ada pembeli dan konsumennya? Betul nggak, Ma?

Karena merekalah kita lahir dan eksis. Karenanya sejak awal, selama perjalanan hingga setelah kita berjumpa dan bertransaksi dengan pelanggan, lakukanlah investasi berupa cinta yang menjadi jembatan komunikasi yang kukuh. 

Customer Service dan Service After Sales menjadi hal yang tak terelakkan. Kepercayaan pelanggan kepada kita adalah aset dan investasi yang tak ternilai harganya, yang membuat mereka melakukan pembelian ulang ataupun dengan sukarela menyebarluaskan informasi tentang produk dan layanan kita kepada kolega mereka. 

Apalagi di dunia yang semakin digitalisasi seperti ini, endorsement mereka efeknya akan semakin viral, dan bisnis kita makin dikenal.  


BACA JUGA


Ingin Membangun Bisnis? Awas, Jangan Sampai Melakukan 7 Kesalahan Ini!

Ingin Membangun Bisnis? Awas, Jangan Sampai Melakukan 7 Kesalahan Ini!

Membangun bisnis tidaklah mudah. Banyak hal yang perlu kita perhatikan termasuk 7 kesalahan ini dalam membangun bisnis

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Bisnis Lebih Sukses, Ini Dia 5 Investasi yang Harus Dilakukan oleh Seorang Mompreneur!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dian Nafi | @diannafi

pecinta purnama penikmat hujan

Silahkan login untuk memberi komentar

Dian Nafi | @deenaff

hai, ini juga akunku ya teman-teman :)