Mau Lebih Pintar dalam Manajemen Waktu? Para Pria Terbukti Sangat Cerdas Melakukannya - Belajar dari Mereka, Yuk!

Mau Lebih Pintar dalam Manajemen Waktu? Para Pria Terbukti Sangat Cerdas Melakukannya - Belajar dari Mereka, Yuk!

712
Meski dalam satu dua hal para pria itu nyebelin luar biasa, tapi soal manajemen waktu, kita bisa dibilang kalah jauh lo, Ma. Mau tahu nggak rahasia manajemen waktu mereka, hingga kalau Mama masih sibuk dengan pekerjaan domestik, Papa masih saja bisa main games padahal sudah dikasih jatah tugas rumah tangga?

Mama boleh saja bete dengan Papa yang suka nyebelin. Tapi tahu nggak sih, dalam hal efisiensi dan manajemen waktu, kita ternyata perlu belajar dari Papa!

Satu contoh kecil saja, berapa jam persiapan Mama kalau mau ke kantor atau mau pergi? Satu jam? Dua jam? Well, kalau Papa sih paling-paling hanya butuh 20 menit tuh.

Kok bisa?

Iya, soalnya Papa kan nggak perlu oles maskara, pilih warna eye shadow, atau harus cat kuku dulu.

Hmmm, nggak cuma itu doang sih, Ma, kecerdasan manajemen waktu oleh Papa ini. Juga soal hal lain. Coba perhatikan, Papa bisa punya waktu buat baca koran atau main games, padahal sudah juga Mama kasih jatah beberapa pekerjaan rumah tangga yang Papa bisa kan? Papa sempat juga melakukan hobi-hobinya yang lain.

Sedangkan Mama? Duh, rasanya mau selonjor sebentar saja susah.

Coba bayangkan lagi, seandainya Mama punya rahasia manajemen waktu Papa, bukan nggak mungkin Mama juga bisa main games bareng Papa juga kan? Atau, Mama jadi punya waktu me time lebih?

Nah, mau tahu apa saja rahasia Papa dalam hal efisiensi dan manajemen waktu? Yuk, simak terus ya!


BACA JUGA


Untuk Manajemen Waktu yang Lebih Baik dan Bisa Melakukan Banyak Hal dalam Waktu Singkat, Coba Teknik Pomodoro!

Untuk Manajemen Waktu yang Lebih Baik dan Bisa Melakukan Banyak Hal dalam Waktu Singkat, Coba Teknik Pomodoro!

Teknik Pomodoro ini akan membantu Mama untuk manajemen waktu yang lebih baik dan mengefektifkan waktu kerja. Mama pun bisa memanfaatkan sisa ...

Read more..


Para pria punya 4 rahasia besar sesuai karakter mereka dalam manajemen waktu yang lebih cerdas dan efisien


1. Keramas seperlunya


Menurut John Ottavino, pakar kecantikan yang menangani Salma Hayek, banyak perempuan yang terlalu sering keramas, dan masih pakai kondisioner pula.

Iya, kelihatannya sepele, tapi, Ma, inilah yang membuat perempuan terlalu lama berada di kamar mandi.

Ottavino merekomendasikan, cucilah rambut seperlunya saja, tak lebih dari 3 kali seminggu. Nah, sekarang bayangkan penghematan yang bisa kita lakukan dari manajemen waktu nan sepele ini. Jika kita nggak mencuci rambut, maka kita pun nggak perlu mengeringkan rambut yang biasanya memakan waktu minimal 15 menit juga kan?

Nah, untuk menjaga agar rambut tetap terlihat oke meski tak sering-sering dikeramas, Ottavino punya sedikit tips untuk kita, Ma.

  • Jauhkan dari tangan. Sisirlah rambut dengan sisir berbulu kasar selama 5 menit saja di pagi hari agar tetap sehat. Jauhkan tangan dari rambut, karena minyak dari tangan dan jari-jari kita hanya akan membuat rambut terlihat kusam.
  • Sebelum mandi, angkat rambut ke atas. Atau kenakan penutup kepala. Sesekali tampillah dengan rambut yang ditata updo, nggak harus selalu tergerai juga kan?
  • Potongan pendek lebih mudah dirawat tanpa perlu setiap hari cuci rambut. Penataannya juga simpel, nggak harus selalu di-blow dry, catok dan sebagainya. Setiap cuci rambut, Mama hanya perlu mengangin-anginkan saja dan juga irit penggunaan sampo dan kondisioner.


2. Organisasikan pakaian


Para pria, atau suami, nggak pernah dibuat pusing oleh pakaian yang akan mereka kenakan setiap hari.

Pernah lihat isi lemari Mark Zuckerberg nggak, Ma? Seluruh isi lemarinya adalah kaus T-shirt berwarna abu-abu misty! Tak ada warna lain, nggak ada model lain. Semua sama! Makanya si Mas Mark ini selalu tampil dengan kaus yang sama setiap waktu kan? Ya, habisnya selemari isinya sama semua!

Para pria nggak pernah berdiri lama-lama di depan lemari pakaian, berpikir keras bagaimana harus memadupadankan semua pakaian itu. Parameter mereka berpakaian hanyalah kebersihannya.

Bandingkan dengan kita. Untuk menentukan pakaian yang kita kenakan, kita butuh waktu bermenit-menit untuk memutuskannya. Belum lagi kalau sudah dipakai, tapi ternyata nggak sesuai mood. Ganti lagi, ganti lagi.

Pernah nggak, Mama menghitung berapa lama waktu yang Mama habiskan untuk aksi seperti ini? Ckckck. Sungguh manajemen waktu yang boros sekali bukan?

Well, seorang konsultan fashion dari Amerika, Diana Pemberton-Sikes punya sedikit tips manajemen waktu soal memilih pakaian untuk Mama.

  • Buat kategori. Mulailah menata pakaian berdasarkan kategori. Misalnya, kategori jaket, rok, kemeja, blus, celana, T-shirt dan seterusnya. Kemudian padu padankan berdasar warna.
  • Singkirkan pakaian yang nggak lagi dikenakan, gantilah dengan yang baru. Mama bisa menjual atau mendonasikannya. Pastikan saja bahwa pakaian yang Mama punya adalah yang sering Mama kenakan. Jika Mama ingin membeli yang baru, maka belanjalah secara pintar. Misalnya, kalau pengin membeli satu item, pikirkan pula apakah sudah ada padanannya di rumah.
  • Siapkan malam sebelumnya. Sebelum berangkat tidur, coba sisihkan waktu sejenak untuk menyiapkan pakaian yang akan dikenakan besok kalau mau pergi. Akan menghemat waktu sekitar 20 – 30 menit lo.


BACA JUGA


Yuk, Menata Rumah dengan Metode KonMari Demi Hidup Mama yang Lebih Nyaman dan Lebih Baik!

Yuk, Menata Rumah dengan Metode KonMari Demi Hidup Mama yang Lebih Nyaman dan Lebih Baik!

Menata rumah menjadi PR besar bagi sebagian mama, apalagi kalau rumah sudah penuh dengan timbunan barang. Tapi dengan metode KonMari, menata ...

Read more..


3. Biarkan berantakan


Perempuan memang pencinta kebersihan dan kerapian ya, Ma.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh US Bureau of Labour Statistic, perempuan pekerja menghabiskan minimal satu jam setiap hari untuk melakukan pekerjaan domestiknya.

Satu jam? Lebih, kalau saya! Hahaha. *melihat sekitar; mainan, piring kotor, cucian yang belum dijemur ...*

Ternyata ini juga bukan manajemen waktu yang baik lo, Ma. Para pria tahu banget, kapan mereka harus merapikan barang-barang, dan kapan mereka biarkan saja berantakan.

Well, Muffy Mead-Ferro, penulis buku Confessions of a Slacker Wife, menyarankan agar perempuan jangan terlalu terobsesi pada kebersihan dan kerapian. Pilah pekerjaan yang bisa dilakukan setiap weekend, misalnya mengepel lantai, membereskan barang ke tempatnya, membersihkan karpet, menyedot debu dan seterusnya.

Bukankah di weekend juga bakalan ada lebih banyak tenaga bantuan?


4. Simpel memilih makanan


Terkadang kita memang cerewet dalam memilih makanan ya. Makanan harus enak dinikmati, bersih, sehat, bergizi dan standar lainnya. Terkadang untuk memutuskan jenis makanan saja, perempuan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan para pria.

Ya, memang sih, Ma. Bukankah itu tugas kita untuk memastikan makanan yang dikonsumsi oleh keluarga kita itu berkualitas? Tapi, ternyata itu bukan cara manajemen waktu yang baik.

Terus, gimana dong?

Mark Bittman, penulis buku How to Cook Everything mengatakan, bahwa para pria nggak pernah cerewet soal makanan. Yang penting, bisa memenuhi rasa laparnya. Soal rasa, itu urusan kedua.

Well, jadi barangkali Mama bisa memilah, mana makanan yang memang perlu Mama masak sendiri, dan mana makanan yang bisa Mama beli saja di warung atau resto. Pilihlah warung yang bersih dan Mama yakin betul kebersihan mereka dalam mengolah makanan.

Mama juga tak harus makan di warung atau resto itu juga kan? Mama bisa membawa beberapa makanan pulang ke rumah untuk dinikmati bersama keluarga dalam keadaan santai. Ya, kecuali Mama sekeluarga memang berniat untuk makan di luar.

Makan di luar sesekali atau sering-sering itu juga perlu lo, Ma!


BACA JUGA


Jadi Ibu Bekerja Itu Sudah Nggak Sempat Ngapa-ngapain! 7 Trik Kecil Ini Bisa Membantu Mama Menghemat Waktu

Jadi Ibu Bekerja Itu Sudah Nggak Sempat Ngapa-ngapain! 7 Trik Kecil Ini Bisa Membantu Mama Menghemat Waktu

Waktu, kalau seorang ibu bekerja nggak pintar-pintar mengaturnya bisa jadi bakalan kecapekan luar biasa tapi nggak ada hasil apa-apa. Means ...

Read more..


Nah, ternyata manajemen waktu para pria di atas memang simpel banget kan? Ya, memang cocok sih dengan karakter dasar para pria yang kebanyakan nggak suka yang ribet-ribet.

Kayaknya perlu juga kita contoh beberapa di antaranya, tentunya yang sesuai dengan diri kita kan?

Have a nice week ahead, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Lebih Pintar dalam Manajemen Waktu? Para Pria Terbukti Sangat Cerdas Melakukannya - Belajar dari Mereka, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar