Mau Makan di Restoran? Ini Dia 11 Trik Supaya Tetap Hemat Tapi Tetap Kenyang dan Having Fun!

Mau Makan di Restoran? Ini Dia 11 Trik Supaya Tetap Hemat Tapi Tetap Kenyang dan Having Fun!

179
Makan di restoran memang jadi selingan yang menyenangkan ya, apalagi kalau lagi ada momen istimewa buat keluarga. Trin anti boros makan di restoran berikut bisa Mama coba, supaya meski makan di restoran, dompet Mama tetap aman.

Makan di restoran identik dengan boros. Bener nggak, Ma? Makanya kadang beberapa dari kita mikir-mikir juga kalau mau ajak keluarga makan di restoran. Kalau nggak pas momen spesial ya, mending masak sendiri. Atau mungkin ya makan keluar tapi bukan di restoran yang terlalu mewah.

Yah, di warung-warung yang biasa melayani mahasiswa ya cukuplah. Hehehe.

Tapi dengan trik ini, kita nggak perlu merogoh dompet terlalu dalam kok kalau mau makan di restoran, apalagi kalau mengajak keluarga. Mau tahu? Ikuti terus ya.


BACA JUGA


11 Makanan Enak Kekinian Ini Sudah Mama Coba Semua Belum? Kudet Banget Kalau Belum!

11 Makanan Enak Kekinian Ini Sudah Mama Coba Semua Belum? Kudet Banget Kalau Belum!

Trend juga memengaruhi sektor kuliner. Sudah nyobain 11 makanan kekinian ini belum? Jangan sampai enggak ya

Read more..


11 Trik hemat makan di restoran


1. Manfaatkan fasilitas diskon

Biasanya restoran yang baru buka akan memberi diskon semua menu untuk menarik banyak pengunjung. Kalaupun bukan restoran baru, banyak pula yang menawarkan harga murah seperti buy one get one, atau free menu tertentu untuk pembelian sekian.

Nah, diskon ini bisa Mama manfaatkan untuk mendapatkan harga lebih murah.


2. Sharing menu

Banyak restoran yang menyajikan menu tengah, atau menu yang bisa disantap lebih dari 1 orang. Biasanya ini terdapat di restoran Jepang, Cina, Taiwan atau Korea.

Dengan cara ini, cocok banget kalau kita ajak keluarga, Ma. Atau, kalaupun nggak sama keluarga ya kita bisa mengajak teman untuk share menu dan share pembayarannya juga.

Semakin banyak yang diajak, semakin banyak menu yang bisa dipesan. Selain lebih hemat, kita juga bisa mencicip berbagai menu.


3. Diskon kartu kredit

Ini yang banyak dilakukan restoran yang bekerja sama dengan kartu kredit tertentu dengan memberikan diskon khusus, bahkan diskon hingga sebesar 50%!

Kalau tak punya kartu kredit, ajak saja teman yang punya kartu kredit yang berlaku, lalu Mama bayar deh sesuai dengan yang Mama makan.

Irit kan? Hehehe.



4. All you can eat plus drink

Kalau tak mau repot menerka-nerka berapa harga per porsi makanan di sebuah restoran atau mesti membatasi porsi makan, kita bisa memilih restoran all you can eat.

Di tempat ini kita bisa makan sepuasnya dengan harga yang sudah ditentukan. Namun, biasanya ada biaya ekstra yang mesti dibayar untuk minuman, Ma.

Pilihlah restoran all you can eat yang juga memberikan free drink. Tapi pastikan, kalau mau makan di restoran ini, perut Mama sekeluarga harus dalam keadaan lapar berat ya. Hehehe.

Biar nggak rugi! #eh


BACA JUGA


Mau Berburu Makanan Enak? Ini Dia 6 Pertimbangan untuk Memilih Tempat Makan yang Asyik!

Mau Berburu Makanan Enak? Ini Dia 6 Pertimbangan untuk Memilih Tempat Makan yang Asyik!

Makanan enak adalah koentji kebahagiaan. Betul? Bolehlah sesekali berburu makanan enak di luar rumah, biar santai sembari piknik

Read more..


5. Heavy appetizer

Beberapa restoran menyediakan appetizer atau makanan pembuka yang agak berat dan sudah mengandung protein yang banyak. Misalnya saja, Caesar Salad dengan potongan daging ayam atau beef.

Nah, kalau memang ada, lihat-lihat dulu menu appetizer-nya, siapa tahu ada yang menarik. Biasanya, harga appetizer akan lebih murah ketimbang menu utama. Kalau perut sudah kenyang dengan appetizer, lewatkan saja main course-nya. Tinggal pesan minuman atau mungkin langsung tutup saja dengan segelas freakshake atau satu cone softcream.

Yummm!


6. Pilih menu

Biasanya saat kita datang ke sebuah restoran adalah karena sudah mendengar bahwa makanannya enak. Betul? Atau, mungkin karena suasananya yang enak.

Kalau karena alasan yang pertama, jangan coba semua menu enak yang sudah Mama dengar itu dalam sekali waktu jajan saja. Bisa jebol dompet kita. Cobalah satu per satu, disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Kalau makanannya yang enak, pilihlah minuman yang biasa saja. Kalau minumannya yang enak, makanannya pilih yang murah saja.

Tapi kalau memang mau datang untuk menikmati suasana, pilih saja menu-menu yang paling standar. Yang penting enjoy suasana dalam restoran tersebut.



7. Diskon dari majalah

Majalah, terutama majalah kuliner, biasanya suka menyelipkan voucher diskon restoran.

Kalau Mama sempat melihatnya, dan harga majalah tersebut cukup murah, nggak ada salahnya Mama beli majalahnya lalu manfaatkan vouchernya.

Tapi kalau majalahnya saja sudah mahal, lebih mahal dari harga makanan di restorannya, ya kayaknya nggak usah beli saja. Tekor dong ntar, Ma. Hahaha.


8. Beli voucher di internet

Banyak situs restoran atau wisata yang menjual voucher makan di restoran dengan harga murah lo, Ma. Coba cek ke evoucher . co . id deh.

Di sana sering ada tawaran menarik lo! Memang nggak mesti ada voucher untuk makan murah di restoran sih. Tapi siapa tahu saja Mama beruntung kan?


BACA JUGA


Makanan ala Jepang aka Japanese Street Food Ini Sangat Ngehits di Indonesia - Mama Sekeluarga Suka yang Mana?

Makanan ala Jepang aka Japanese Street Food Ini Sangat Ngehits di Indonesia - Mama Sekeluarga Suka yang Mana?

Makanan Jepang banyak yang enak! Beberapa di antaranya bahkan terkenal banget di sini, dan gampang banget ditemukan di mana-mana sebagai ...

Read more..


9. Pilih makan siang

Beberapa restoran biasanya menawarkan paket hemat saat makan siang atau pas happy hour. Sasaran mereka adalah para karyawan yang datang saat istirahat makan siang.

Jarang sekali restoran menawarkan paket hemat untuk makan malam. Mama bisa memanfaatkannya.


10. Bawa pulang makanan

Jangan segan untuk meminta makanan yang nggak habis kita santap, untuk dibungkus dan dibawa pulang. Toh makanan itu sudah kita bayar kan?

Jadi, kalau ada sisa minimal setengahnya saja, mintalah dibungkus untuk dibawa pulang. Lumayan kan, Ma? Hehehe. Pamali lo, Ma, buang makanan. Jadi, mending kita bawa pulang, nanti kita teruskan makannya di rumah.


11. Ganjal perut dengan buah

Untuk menghindari memesan makanan yang berlebihan, hindari datang ke restoran dalam kondisi perut yang sangat lapar (ya, kecuali kalau datang ke restoran all you can eat).

Isilah dulu perut di rumah dengan makanan ringan atau buah-buahan yang menimbulkan efek kenyang.


BACA JUGA


Suka Wisata Kuliner? Pastikan Mama Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Memesan Makanan di Warung Makan!

Suka Wisata Kuliner? Pastikan Mama Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Memesan Makanan di Warung Makan!

Wisata kuliner memang asyik! Memburu masakan lokal, lalu dicobain. Memberikan kita pengalaman baru yang seru. Tapi, petualangan itu bisa ...

Read more..


Nah, gimana? Jadi dong mau makan di restoran hari ini? Dengan trik-trik di atas, bisa jadi makan di restoran jadi salah satu agenda wajib Mama sekeluarga deh sekarang. Hahaha.

Have fun, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Makan di Restoran? Ini Dia 11 Trik Supaya Tetap Hemat Tapi Tetap Kenyang dan Having Fun!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar