Mau Miss V Tetap Sehat di Segala Usia? Lakukan 5 Hal Penting Ini Setiap Hari!

Mau Miss V Tetap Sehat di Segala Usia? Lakukan 5 Hal Penting Ini Setiap Hari!

239
Miss V yang sehat dalam segala usia tentu membuat bahagia. Nggak hanya bagi Mama, tapi juga untuk Papa. Yuk, jaga ia baik-baik!

Hai, Mama! Hari yang indah, bukan? Matahari cukup bersinar sehingga jemuran kering. Lalu sore ini, langit mulai gelap berawan, bikin udara jadi lembap, tapi jadi sejuk. Pas banget buat dinikmati bareng secangkir teh dan sepotong banana cupcake. Yum!

Ngomong-ngomong masalah lembap, menjaga Miss V itu memang gampang-gampang susah, ya! Karena memang pada dasarnya, genital kita, milik para perempuan itu, tricky banget, dari mulai bentuk hingga fungsinya. Berbeda dengan genital pria yang bentuknya sederhana, yang membuat mudah untuk segala urusan: membersihkan, menggunakan, menyimpan ... *kok jadi kayak ngomongin barang apa gitu ya? Hahaha.*

Sedangkan, Miss V itu lebih rumit dalam semua hal. Jadi, menjaganya juga lebih perlu usaha.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Cara Merawat Miss V Supaya Tetap Sehat dan Keset

Ini Dia 7 Cara Merawat Miss V Supaya Tetap Sehat dan Keset

Merawat miss V, entah saking gampangnya atau saking ribetnya, malah sering dilupakan

Read more..


Yuk Ma, simak 5 hal sederhana dalam menjaga Miss V, agar senantiasa sehat di segala usia

1. Perhatikan 'wadah' penyimpanannya

Yup, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah celana dalam. Tahukah Mama, ternyata tidak perlu semahal dan sedetail itu berburu celana dalam?

Kesampingkan renda-renda yang genit, atau thong yang seksi. Tidak usah pula melirik underwear berbahan satin yang lembut bila disentuh (atau pakai itu hanya beberapa menit sebelum bermesraan dengan Papa saja), apalagi panty yang menempel ketat di kulit. Teman yang terbaik untuk Miss V adalah sesederhana celana dalam katun, Ma!

Menurut Mary Jane Minkin, M.D., seorang Clinical Professor of Obstetrics, Gynecology, and Reproductive Sciences di Yale University, bahan katun itu memudahkan pori untuk bernapas, sekaligus menyerap lembap.

Jadi katun adalah cara ideal untuk 'mewadahi' bagian kewanitaan.


2. Perhatikan kebersihannya

Untuk yang satu ini, Mama juga tidak perlu repot lo!

"Vagina sebenarnya membersihkan dirinya sendiri,", kata Dena Harris, M.D., seorang asisten profesor klinis kebidanan dan kandungan di New York University. Lagipula, memakai produk-produk kesehatan juga malah menambah risiko berbagai macam infeksi, radang panggul, dan PMS.

Produk kebersihan Miss V disinyalir bisa memengaruhi keadaan alami si genital itu sendiri, Ma.

Kalaupun ingin membersihkannya secara menyeluruh agar kesat dan wangi, lebih baik membuat sendiri, misalnya dengan merebus daun sirih, lalu air rebusannya dipakai untuk membersihkan.

Dan, perhatikan baik-baik cara membersihkannya, ya! Bersihkan bagian luar saja, jangan sampai terlalu masuk ke dalam. Ada bagian-bagian yang bisa jadi perih teriritasi, karena begitu semangatnya membersihkan.

Oh iya, kalau bisa, pakai air hangat ya, agar lebih bersahabat dengan pori-pori Miss V yang sensitif.


3. Perhatikan kekuatan serta kelenturannya

Sama seperti bagian tubuh lain, Miss V juga terdiri dari otot dan daging. Jadi, kekuatan serta kelenturannya pun perlu diperhatikan dengan berolahraga!

Lo, gimana caranya vagina berolahraga? Begini langkah-langkahnya:

Pertama, Mama harus menemukan otot dasar panggul, dengan cara menghentikan proses buang air kecil saat tengah berlangsung. Kalau berhasil, berarti Mama sudah menemukan otot yang tepat. Selanjutnya adalah melatihnya dengan mengencangkan dan mengendurkannya selama masing-masing 5 detik. Lakukan dengan santai dan tetap bernapas, bisa sambil bekerja, berkendara, atau menonton TV.

Setelah terbiasa, Mama bisa menambah waktunya sampai 10 detik dengan 10 kali pengulangan dalam setiap setnya. Sehari 3 set akan membuat otot dasar panggul kuat sekaligus lentur.

Memangnya, seberapa pentingkah latihan itu? Menurut situs mayoclinic, latihan kegel ini akan memperkuat otot dasar panggul, yang mendukung rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum.

Nah, mengencangkan dan mengendurkan itu ternyata berguna bagi banyak organ dalam juga, ya, selain untuk, sst, kebahagiaan Papa. Ahay! Hihihi.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Mitos dan Fakta tentang Infeksi Saluran Kemih - Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan Selalu Ya!

Ini Dia 5 Mitos dan Fakta tentang Infeksi Saluran Kemih - Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan Selalu Ya!

Banyak hal yang salah beredar soal infeksi saluran kemih. Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya, Ma. Supaya nggak salah lagi, sehingga ...

Read more..


4. Perhatikan sosialisasinya

Tahukah Mama, kalau di Jepang itu, toilet sudah kembali jongkok seperti zaman dahulu? Iya, Ma, mereka sudah banyak meninggalkan toilet duduk untuk buang air kecil dan besar. Kenapa ya?

Well, ada banyak alasan baik, seperti dengan menggunakan toilet jongkok maka kita bisa menguatkan juga otot-otot kaki, membuat kotoran lebih mudah keluar, sampai menjaga kesehatan sistem pembuangan karena membuat sudut yang lebih pas, dibanding dengan toilet duduk.

Selain itu, toilet jongkok juga bisa menghindarkan Miss V dari berbagai kuman lo, Ma!

Jadi, selalu mengalasi toilet seat dengan tisu setiap kali ingin memakai kamar mandi umum, atau menyemprotnya dengan alkohol, ya. Toilet seat yang dipakai beramai-ramai kan menyimpan banyak kuman.

Selain ber'sosialisasi' dengan toilet umum, perhatikan juga 'hubungan'nya dengan pembalut saat sedang haid. Menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI dr Eni Gustina, MPH, pembalut disarankan untuk diganti sekitar 3-6 kali sehari. Ini demi kebersihan Miss V agar tidak menjadi sarang kuman penyakit.


5. Perhatikan kebahagiaannya

Saat sedang bersama Papa, Miss V pasti berbunga-bunga. Nah, perhatikan juga kebahagiaannya itu, ya! Cari posisi yang paling membuatnya nyaman tanpa rasa sakit dalam berhubungan intim. Minta Papa untuk 'menggelitik' dan 'merayu'nya dulu, agar terlubrikasi dengan baik.

Sebenarnya, Miss V akan secara alami terlumasi, sebagai hasil produksi serviks atau leher rahim. Cairan ini akan melindungi vagina dari infeksi sekaligus menjaganya agar nyaman saat berhubungan intim. Tapi, secara alami juga cairan ini akan berkurang saat menopause. Ketika hormon estrogen mulai berhenti secara bertahap.

Seperti yang dilansir oleh situs Alodokter, menurunnya kadar hormon estrogen menyebabkan atrofi vagina, yaitu kondisi vagina menjadi lebih tipis dan kurang elastis. Selain itu, jumlah pelumas alami yang tersedia ikut menurun sehingga membuat vagina kering.

Nah, pastikan Miss V bahagia dalam momen-momennya bersama Papa, ya Ma. Jika masih kurang, Mama bisa menggunakan gel pelumas yang banyak dijual di apotik dan toko kok.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Perawatan Kecantikan Ekstrem dari Seluruh Dunia. Mau Coba?

Ini Dia 7 Perawatan Kecantikan Ekstrem dari Seluruh Dunia. Mau Coba?

Setiap perempuan akan berusaha melakukan perawatan kecantikan dengan tujuan yang pasti, pengin bisa selalu tampil cantik. Tapi apakah lantas ...

Read more..


Sekarang sudah siap menjaga si Miss V agar tetap sehat di segala usia, kan?

Selamat bahagia, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Miss V Tetap Sehat di Segala Usia? Lakukan 5 Hal Penting Ini Setiap Hari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar