Mau Selalu Bahagia? Ternyata Hanya Butuh 3 Langkah Sederhana Ini Saja!

how to be happy

Mau Selalu Bahagia? Ternyata Hanya Butuh 3 Langkah Sederhana Ini Saja!

145
Bahagia itu tidak bisa ditunda atau dicari, Ma. Bahagia itu ada saat ini. Yuk, ikuti 4 langkah ini!

Kita semua tentu sudah bahagia, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ya kan, Ma? Keluarga yang sehat, dengan suami yang penuh pengertian dan anak-anak yang cerdas dan riang gembira. Orang tua pun sangat supportive, mendukung dan mendoakan apa pun itu yang menjadi keinginan Mama.

Ring-2 pun nampak baik-baik saja. Tetangga-tetangga yang ramah, yang selalu tersenyum setiap kali Mama lewat. Teman-teman juga oke, dengan berbagai grup yang aman-terkendali. Bahkan grup keluarga pun tidak saling adu argumen, hanya saling menceritakan pengalaman semasa kecil sebagai sepupu-sepupu dan cucu-cucu dari kakek-nenek yang nakal namun lucu.

Baiklah. Sudah cukup terdengar terlalu indah untuk menjadi kenyataan belum, Ma? Hihihihi!

Padahal nyatanya, keluarga inti masih suka bikin pusing kepala. Papa yang kekeuh menaruh handuk basah di kasur, dan anak-anak yang membuat bedak bayi milik adik mungilnya sebagai bahan masak-masakan. Dicampur bubuk masker kuning langsat Mama! Dan, nyatanya Ayah dan Ibu pun masih suka merecoki soal pendidikan anak. Yang Mama larang, bisa jadi halal dan toyyib bagi cucu-cucu tersayang. Hadeuh!

Belum lagi masalah pada lingkaran kedua. Tetangga yang tersenyum terkadang sekaligus memberi isyarat untuk mengajak bergosip. Membuat Mama jadi salah tingkah setiap kali melewati rumahnya. Grup-grup pertemanan juga tak kalah hebohnya dengan Pilkada. Seringnya malah lebih heboh! Sampai lingkungan keluarga pun tercemar gegara partai politik. Hiks!

Ya sudah, kita cari cara sendiri saja untuk tetap waras dan bahagia, yuk!


BACA JUGA


Tentang Mencintai Diri Sendiri - 4 Langkah Awal untuk Menjadi Mama yang Lebih Bahagia

Tentang Mencintai Diri Sendiri - 4 Langkah Awal untuk Menjadi Mama yang Lebih Bahagia

Hanya jika Mama mencintai diri sendiri, maka Mama bisa mencintai anak dan suami dengan lebih baik

Read more..


Rocking Mama sudah merangkumkan 3 hal yang bisa Mama lakukan untuk menjadi lebih bahagia. Simak yaa!

Stop Negativity!


Apa pun itu bentuknya!

Matikan TV jika sudah menayangkan berita mutilasi, atau perampokan berdarah. Cukup mendengar sekali saja mengenainya, untuk sekadar tahu berita terkini. Hentikan juga berteman dengan orang-orang yang hidupnya banyak drama di media sosial. Yang terlalu membesarkan hal kecil, atau justru sengaja menghilangkan hal besar.

Begitu pun dengan grup-grup di platform chatting. Mundur teratur saja dengan alasan klasik "Hape gue nge-hang, nih!", lalu klik 'exit group'. Kalau grup keluarga? Well, itu terpaksa ada sih, Ma. Jadi, usahakan untuk mejadi silent reader saja, dan klik mute selama setahun.

Kalau tetangga? Sebisa mungkin hindari bertemu dengan si biang gosip, Ma. Pura-pura sakit perut, atau terburu-buru niscaya masih lebih ringan dosanya ketimbang satu menit bercengkerama dengannya yang penuh dengan ghibah.

Setelah itu perhatikan, bagaimana seketika hidup Mama berubah menjadi positif. Mata jadi lebih terang melihat situasi, dan jari lebih efektif untuk dipakai berkarya!


Stop Berharap


....dan lebih banyak bersyukur.

Kepada Tuhan sang Maha Kaya, tentu saja sangat dianjurkan untuk meminta. Tapi kalau bisa, dahulukan doa dengan memanjatkan syukur.

Terima kasih, atas kesehatan yang masih sempurna ini. Terima kasih atas suami yang pengertian (walaupun bla-blanya disimpan dulu saja, Ma). Terima kasih atas anak-anak, karena nyatanya mereka adalah anugerah terindah. Terima kasih juga atas kedua orang tua yang menjadikan Mama seperti sekarang, ya!

Lalu apa lagi? Coba lihat kembali sekeliling.

Ada simbak ART yang rajin, yang selalu dapat diandalkan untuk bebersih dan membantu menjaga anak-anak? Bagaimana dengan motor tua yang setia mendampingi dalam hujan dan panas, mulai dari menjemput anak-anak sampai menjemput rizki.

Terus, si televisi yang semakin buram tapi masih saja menemani. Entah apa jadinya kalau sampai jebol betulan, perlu dana ratusan hingga jutaan yang harus dikeluarkan.

Ternyata, banyak yang bisa disyukuri setiap hari ya, Ma? Masih mau minta apa lagi?

Banyak bersyukur membuat kita merasa bahagia. Jangan berhenti bersyukur ya!


BACA JUGA


Hidup Bahagia Adalah Impian Semua Ibu. 8 Tips Ini Bisa Bantu Mama Mendapatkannya!

Hidup Bahagia Adalah Impian Semua Ibu. 8 Tips Ini Bisa Bantu Mama Mendapatkannya!

Hidup bahagia itu bukanlah sebatas fatamorgana. Terkadang, hal-hal kecil bisa membuat hidup bahagia lho, Ma

Read more..


Stop Memikirkan Masa Lalu dan Masa Depan


Untuk mulai hidup sebenar-benarnya di masa sekarang, Ma. Ini juga salah satu cara untuk selalu merasa bahagia lo.

Sebagian besar dari waktu kita digunakan untuk ber-time travelling, baik ke depan atau ke belakang. Misalnya saja saat makan siang dengan teman. Tiba-tiba saja ia bicara sesuatu yang mengingatkan Mama pada kejadian belasan tahun ke belakang yang sangat menyakitkan. Lalu Mama sakit hati lagi.

Atau ketika anak-anak berceloteh dengan riang, dengan Mama menemani tapi pikirannya melayang ke belasan tahun ke depan. Sibuk memikirkan apa jadinya si kecil itu nanti bila masih susah disuruh mengerjakan pe-er. Pemalaskah? Tukang menyontek? Duh!

Capek nggak, Ma? Kalau iya, hentikan dengan cara hidup di waktu sekarang.

Caranya mudah saja, hanya dengan banyak-banyak mengakui tentang kegiatan yang sedang Mama jalani. Contohnya, "Saya sedang menikmati sup kimlo ini bersama sahabat. Betapa lezatnya!". Atau, "Saya sedang mendengarkan si kecil berceloteh. Lihatlah betapa gembiranya ia dengan ceritanya!".

Mama juga bisa menyadari banyak hal yang bikin diri sendiri bahagia dengan teknik mengakui itu.

Saya sedang bernapas. Saya juga sedang melihat ini dan itu. Dan, saya pun sedang mengakui betapa saya ada di sini, saat ini.

Melatih kesadaran diri dengan cara mengakui ini membiasakan diri untuk selalu mindful, Ma.


BACA JUGA


Lakukan 4 Tips Hidup Sehat Ini untuk Jiwa, Pikiran dan Diri Mama yang Lebih Bahagia!

Lakukan 4 Tips Hidup Sehat Ini untuk Jiwa, Pikiran dan Diri Mama yang Lebih Bahagia!

Tips hidup sehat nggak berhenti di soal menu makanan dan memelihara fisik. Tips hidup sehat justru harus berawal dari jiwa, pikiran, dan ...

Read more..


Ngga usah berlama-lama dalam berpikir, Ma. Yuk, segera lakukan 3 langkah sederhana ini untuk bertransformasi menjadi Mama yang jauh lebih bahagia!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Selalu Bahagia? Ternyata Hanya Butuh 3 Langkah Sederhana Ini Saja!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar