Memelihara Kucing untuk Pertama Kalinya Ternyata Nggak Serumit yang Dibayangkan Kok! It's Fun, Really!

Memelihara Kucing untuk Pertama Kalinya Ternyata Nggak Serumit yang Dibayangkan Kok! It's Fun, Really!

9K
Memelihara kucing bermanfaat juga untuk tumbuh kembang anak lho! Mereka jadi belajar menyayangi binatang dan belajar bertanggung jawab, pastinya. Berikut beberapa tips memelihara kucing untuk Mama yang baru pertama kali mengadopsi kucing.

Si kecil pengin memelihara kucing, Ma? Tapi Mama sendiri masih ragu, bisakah dia menjadi "tuan" yang bertanggung jawab?

Saya punya cerita nih, Ma.

Pada awalnya hanya karena ada teman yang ingin mencari seseorang yang mau mengadopsi dan merawat anak kucingnya, alasannya sih karena kucingnya sendiri sudah banyak. Saya pun membantunya mencari calon pengadopsi yang cocok. Tapi, sayangnya, tak ada yang berjodoh.

Kemudian, saya pikir-pikir lagi, kenapa nggak saya adopsi sendiri saja kucing manis itu? Namun, saya sendiri juga ragu sih, saya kan belum berpengalaman memelihara kucing. Meski 'hanya' kucing, kan saya tetap harus bertanggung jawab kan ya?


BACA JUGA


Ingin Memelihara Hewan di Rumah? Simak Dahulu Serba-Serbi Memilikinya Berikut Ini!

Ingin Memelihara Hewan di Rumah? Simak Dahulu Serba-Serbi Memilikinya Berikut Ini!

The more I know about people, the more I love my dog. - Mark Twain

Read more..


Lantas, kebingungan saya pun akhirnya terjawab setelah saya mengunjungi seorang dokter hewan. Banyak hal yang saya dapatkan dari beliau.

Wah, ternyata rumit juga ya, memelihara kucing itu. Secara bercanda, saya pun nyeletuk pada dokter, "Lebih gampang merawat dua anak saya ya, Dok?" Hahaha. Dokter menjawab, mungkin karena belum biasa saja. Kalau sudah biasa, yakin deh, gampang karena kucing itu makhluk yang mandiri dan taat aturan kok.

Ohhh ... begitu rupanya.

Berbekal ilmu dan nasihat dokter, maka saya pun memberanikan mengadopsi dan memelihara kucing teman saya itu.

Nah, buat Rocking Mama yang ngehits dan baru pertama kali memelihara kucing, here are a few tips.


Tips merawat dan memelihara kucing yang baik dan benar sekaligus menjadi pemilik yang bertanggung jawab.


Some Do's

KESEHATAN

Setelah diadopsi, maka karantinalah kucing selama 2 minggu, dan jangan digabungkan dengan hewan peliharaan lainnya. Tujuannya supaya kucing tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungannya lebih dulu.

Bawalah ke dokter hewan, periksakan kesehatan kucing tersebut. Pastikan ia benar-benar sehat ya, Ma. Lalu, ingat, jadwalkan cek kesehatan kucing minimal 1 tahun sekali. Semua ini harus Mama lakukan, tak hanya demi kesehatan si kucing. Tapi juga demi kesehatan seluruh keluarga.


VAKSINASI

Jadwalkan untuk memberi vaksin secara teratur.

Jangan takut biayanya ya, Ma. Lebih baik pikirkan manfaatnya, karena kalau kucing sehat maka lingkungan pun akan sehat.

Setahu saya, untuk anak kucing ada 3x vaksin dalam setahun pertumbuhannya. Lalu saat ia sudah dewasa, vaksinnya harus dilakukan setahun sekali dan ada 2 jenis vaksin yang diberikan,


OBAT-OBATAN

Nah, untuk pemberian obat anti parasit, ini sebaiknya dilakukan saat pertama kali kita mengadopsi.

Kucing kami sendiri sudah diberi obat kutu yang kemudian akan diberikan sebulan sekali nantinya, serta obat cacing yang akan diberikan sampai ia berusia 6 bulan yang diteruskan selang 3 bulan sekali.


MAKANAN

Biasanya yang ribet pertama kali saat akan memelihara kucing adalah makanannya. Betul, Ma?

Makanan kucing ada yang basah dan kering. Mama bisa membeli makanan kucing kemasan yang banyak dijual di supermarket. Namun, jika pengin memberikannya makanan rumahan sih tak masalah, Ma. Asal perhatikan kandungan proteinnya harus tinggi, dan pastikan dimasak dengan baik demi menghindari munculnya virus toksoplasma.

Untuk tempat makannya, beri wadah yang datar, karena kucing pada dasarnya nggak suka kalau kumisnya tersentuh wadah makanannya. Pastinya air minumnya air matang dan diganti setiap hari ya.

Cuci wadah makannya dengan sabun dan air bersih.


LITTER BOX

Jangan lupa juga untuk menyiapkan litter box sebagai wadah pup dan pipisnya. Dengan cinta, ajarkan kucing Anda berkebiasaan baik, membuang kotoran pada tempatnya.


STERILISASI

Sterilisasi sudah bisa dilakukan sejak kucing berusia 6 bulan lho, Ma. Manfaat sterilisasi ini nggak sekadar buat masalah reproduksi, tapi juga menghindarkannya dari penyakit.



Some Dont's


Jangan melakukan beberapa hal ini saat Mama ingin memelihara kucing:

  1. Datang-datang langsung memandikannya. Nanti kucing Mama bisa stres. Biarkan dulu minimal 1 minggu untuknya beradaptasi. Kalau ia sudah tampak nyaman, baru boleh dimandikan. Lebih baik juga jangan memandikan sendiri jika Mama tak tahu caranya. Lebih baik bawa saja ke salon hewan peliharaan.
  2. Memberikan obat manusia atau produk anti parasit tanpa konsultasi dengan dokter, apalagi memberinya sembarang dosis. Big no ya, Mama!
  3. Membiarkan kotorannya menumpuk terlalu lama dalam litter box. Rajin-rajin membersihkannya ya, Ma!
  4. Memberikan mainan pada kucing yang tak sesuai dengan usianya. Misalnya nih, memberinya mainan yang sangat kecil. Ini bisa berbahaya karena kucing sering bermain dengan mulut. Bisa-bisa akan membuatnya tersedak.
  5. Menggonta-ganti produk makanan kucing. FYI, Ma, kucing bukanlah hewan yang bisa bosan terhadap makanannya. Jadi jangan terlalu sering mengganti makanannya. Selain tak baik untuk pencernaannya, juga akan merusak nilai gizi yang masuk ke dalam tubuhnya.

BACA JUGA


Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!

Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!

I love witnessing the wonder and amazement in my boys eyes as they see an animal for the first time at the zoo

Read more..


Nah, gimana, Ma? Kira-kira sudah ada bayangan ya, bagaimana memelihara kucing itu?

Alhamdulillah, 5 bulan sudah kucing kami menetap bersama keluarga saya. Dampak lain dari memelihara kucing adalah kebahagiaan anak-anak saya. Mereka jadi lebih sering berinteraksi dengan kucing, belajar menyayangi binatang, dan pastinya, belajar bertanggung jawab.

Selamat memelihara kucing, Mama! Selamat bertambah anggota keluarga.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Memelihara Kucing untuk Pertama Kalinya Ternyata Nggak Serumit yang Dibayangkan Kok! It's Fun, Really!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Uli Hape | @ulihape

Mom of two boys who loves blogging, also a working mommy and full time ladies in the haouse

Silahkan login untuk memberi komentar