Memilih Lemari Es yang Bagus Ada Triknya, Ma! Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih

sumber : Samsung

Memilih Lemari Es yang Bagus Ada Triknya, Ma! Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih

2.5K
Memilih lemari es kadang kala tidak terlalu diperhatikan secara detail. Dan seringkali kita pun memilih lemari es karena melihat iklan di tv. Betul?

Ketergantungan manusia pada lemari es dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Mulai dari kalangan bawah hingga atas sebagian besar tidak bisa terlepas dari teknologi produk modern ini. Sehingga tidak heran apabila banyak perusahaan yang fokus pada produksi sekaligus pemasaran produk tersebut. Dan memang nggak bisa kita pungkiri lemari es ini penyelamat bagi kita para ibu rumah tangga. Mau simpan bahan makanan, lemari es juaranya! Sayangnya sering kali dalam memilih lemari es, kita selalu terpatok pada iklan di tv saja.

Ingat, Ma, jangan sampai kita terjebak dengan membeli lemari es yang asal-asalan. Kerugian tentu akan memengaruhi dompet kita. Betul, Ma?

BACA JUGA


2 Cara Cerdas Mengelola Dapur dan Rumah Tangga ala Rocking Mama Ini Akan Membuat Hidup Lebih Praktis!

2 Cara Cerdas Mengelola Dapur dan Rumah Tangga ala Rocking Mama Ini Akan Membuat Hidup Lebih Praktis!

Rumah tangga memang penuh dengan printilan-printilan kecil yang kadang menyedot tenaga dan pikiran untuk sekadar memikirkannya. Perlu taktik ...

Read more..

Untuk menghindari hal seperti itu, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Mama ingin memilih lemari es.

1. Volume

Hal pertama yang wajib diperhatikan dalam memilih lemari es adalah kapasitas atau volume lemari es itu sendiri.

Pilihlah lemari es yang memiliki volume penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada baiknya memilih lemari es dengan kapasitas yang besar. Sehingga apabila di kemudian hari kebutuhan kita meningkat, maka tidak perlu lagi membeli lemari es yang baru.

Namun kita juga harus mempertimbangkan masalah anggaran dana yang tersedia.

Jangan memaksakan hal tersebut apabila anggaran tidak mencukupi.

2. Dimensi

Boleh saja memilih lemari es yang bervolume besar. Namun perlu diperhatikan juga masalah ruang dapur tempat meletakkan lemari es tersebut. Semakin besar volume ruang lemari es, maka semakin besar juga dimensi lemari es seluruhnya.

Jangan sampai ruangan yang ada sempit lalu diletakkan lemari es ukuran jumbo di situ.

Bisa rusak deh tata interior dapur Mama. Makin sesak.

3. Desain

Untuk yang satu ini, tentu sudah menjadi tolok ukur kalau kita ingin membeli barang ya, Ma. Semua kembali pada Mama sendiri.

Pilih lah lemari es dengan desain sesuai selera dan kepuasan Mama, yang mana pasti berbeda satu dengan yang lainnya.

Jangan pernah tergoda dengan tawaran toko atau iklan yang menawarkan lemari es yang tidak sesuai dengan selera Mama, meski mungkin harganya lebih murah atau ada diskon.

Supaya Mama tak kecewa kemudian.

4. Kualitas

Percuma saja punya lemari es bagus tapi bodinya mudah berkarat, Engsel pintu yang mudah rusak, apalagi kalau mesinnya gampang bobrok.

Teliti bahan yang digunakan. Untuk saat ini bahan yang paling bagus adalah Pre Coated Material (PCM). Kelebihannya adalah pada ketahanan terhadap karat, anti gores, kuat, serta memiliki kontur yang apik dan mengkilap

Perhatikan juga apakah pintu lemari es dapat menutup dengan sempurna, dan rapat. Cek apakah bagian kaki atau penopang lemari es tersebut kuat dan rata

5. Teknologi pendingin

Umumnya lemari es yang dijual di pasaran masing-masing memiliki label berupa gambar bintang. Label tersebut bisa dilihat pada bagian kanan atas pintu lemari es. Ada yang bergambar bintang 3, ada yang 5.

Jumlah tersebut mempunyai makna tertentu. Lemari es dengan bintang 3 artinya kemampuan teknologi pendingin yang ditawarkan sebesar -150C. Sedangkan untuk lemari es dengan bintang 5 artinya suhu maksimum yang bisa dihasilkan mencapai -210C.

6. Fitur pendingin

Setiap lemari es memiliki fitur pendinginnya masing-masing. Pilihlah lemari es yang memiliki kemampuan unuk mendinginkan suhu secara merata ke seluruh bagian ruang. Sehingga, nggak ada bagian yang suhunya sangat dingin, sedangkan di bagian lain nggak terlalu dingin.

BACA JUGA


Merawat AC supaya Lebih Awet Itu Nggak Sulit Kok! Begini Caranya!

Merawat AC supaya Lebih Awet Itu Nggak Sulit Kok! Begini Caranya!

Merawat AC menjadi hal yang krusial karena zaman sekarang, rumah rasanya belum lengkap kalau belum dilengkapi AC. Tentunya supaya awet, ...

Read more..

7. Wadah

Pertimbangkan wadah-wadah yang terpasang pada seluruh bagian ruang lemari es. Seperti ada rak telur, wadah daging dan ikan, wadah buah-buahan dan sayur mayur, serta rak-rak makanan dan minuman. Juga harus ada wadah pembuangan dengan sirkulasi udara yang baik, sehingga air bisa lebih mudah dan cepat menguap.

8. Konsumsi listrik

Pastinya yang hemat energi akan lebih baik ya, Ma.

9. Harga

Bicara soal harga mungkin saja terbilang relatif. Karena masing-masing pasti punya anggaran yang berbeda. Namun, intinya, pilihlah lemari es dengan harga yang sesuai dengan dompet Mama dengan fitur yang memadai pula.

Jangan memaksakan untuk membeli kulkas mewah yang mahal, sementara anggarannya nggak nyampai.

10. Garansi dan after sales service

Ini juga perlu jadi pertimbangan ya, Ma. Garansi sangat penting untuk meminimalisir terjadinya kerugian ketika lemari es yang dibeli mengalami kerusakan, khususnya pada bagian mesin.

BACA JUGA


Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah

Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah

Bagi sebagian besar Mama, mengoleksi piranti rumah tangga itu hal yang wajib dilakukan. Bener nggak, Ma? Setiap ada diskon di toko, pasti ...

Read more..

Nah, ingat selalu beberapa tips di atas jika Mama ingin memilih lemari es baru untuk dapur Mama, ya. Jangan sampai salah pilih, nanti nyesal loh.

Selamat berbelanja!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Memilih Lemari Es yang Bagus Ada Triknya, Ma! Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar