Meminimalisir Rasa Sakit Saat Melahirkan, Lakukan 5 Hal yang Bisa Menolong Mama Ini!

Meminimalisir Rasa Sakit Saat Melahirkan, Lakukan 5 Hal yang Bisa Menolong Mama Ini!

3.1K
Rasa sakit saat melahirkan adalah sebuah proses untuk hasil yang baik.

Banyak mama baru yang sudah tidak sabar menantikan kelahiran bayinya. Namun, tidak sedikit opini dan berita yang beredar tentang sakitnya melahirkan, sehingga membuat para ibu baru ini stres sekaligus takut saat Hari Perkiraan Lahir (HPL) semakin dekat.

Namun, bagaimanapun, hal ini harus terjadi bukan, Ma? Jika Mama dan bayi dalam kondisi sehat dan normal, melahirkan secara vaginal tentu akan lebih baik dan disarankan.

Dikutip dari Dr. Diah Sartika Sari, Sp.OG, bahwa meski sakit saat melahirkan, namun dengan melahirkan secara vaginal, kita pun tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk pemulihannya.

Meski katanya sakit, tapi percayalah, Ma, bahwa rasa sakit hanyalah sebuah proses yang nantinya akan tersembuhkan seiring berjalannya waktu.

Tapi rasa khawatir dan cemas dalam hati Mama memang harus segera diatasi, agar tak berkembang menjadi stres dan depresi, yang bisa berakibat buruk pada kehamilan Mama.


BACA JUGA


Melahirkan Melalui Operasi Caesar Bukan Berarti Kita Lemah, Ma! 13 Foto dari Para Rocking Mama Berikut Buktinya!

Melahirkan Melalui Operasi Caesar Bukan Berarti Kita Lemah, Ma! 13 Foto dari Para Rocking Mama Berikut Buktinya!

Saat kita menjalani kelahiran dengan operasi caesar, saat itu pula akan banyak orang yang menuding kita sebagai ibu yang tak becus. Tak ...

Read more..


Berikut beberapa tips menghilangkan stres, dan mampu mengurangi rasa sakit saat melahirkan.


1. Lakukan HypnoBirthing


Image via Active Birth Centre

HypnoBirthing merupakan metode menghipnotis diri sendiri. Tapi ini berbeda dengan hipnotis-hipnotis yang seperti kita kebanyakan tahu ya. Bukan berarti Mama jadi nggak sadar.

Hanya saja dengan melakukan hypnobirthing ini, Mama akan lebih rileks dan menikmati saat proses melahirkan berlangsung.

Ini bermanfaat sekali untuk ibu baru yang masih awam. Mama bisa belajar lebih jauh tentang HypnoBirthing melalui internet ataupun buku-buku. HypnoBirthing ini ampuh sekali mengurangi stres di detik-detik menjelang persalinan dan rasa sakit saat melahirkan.

Ajak Papa untuk bantu Mama ya.


2. Lakukan senam hamil atau yoga


Image via aqureyzi

Jika melakukan senam hamil atau yoga, sebaiknya Mama ditemani oleh tenaga medis atau instruktur yang andal.

Senam hamil dan yoga juga bisa membuat kita lebih rileks, bisa meredakan nyeri dan rasa sakit di masa kehamilan, pun mengatasi sakit saat melahirkan.

Lakukan senam hamil/yoga secara bertahap, dari 5 menit lalu dilanjut 10 menit hingga 30 menit secara rutin setiap hari.


3. Berenang


Berenang ketika menjelang persalinan sangat bermanfaat lo, Ma. Salah satunya mampu melenturkan otot-otot tubuh sehingga tubuh terasa lebih segar dan mengurangi keletihan.

Berenang juga mampu mengurangi stres dan ini akan kerasa banget saat kita harus mengatasi rasa sakit saat melahirkan. Lakukan kegiatan ini ketika tubuh dalam keadaan stabil dan jika masih khawatir boleh bertanya terlebih dahulu pada tenaga medis.


BACA JUGA


Pengin Lahiran Normal, Ma? Lakukan 8 Tips Ini, dan Percayalah Mama Bisa Melakukannya!

Pengin Lahiran Normal, Ma? Lakukan 8 Tips Ini, dan Percayalah Mama Bisa Melakukannya!

Saya pikir sudah alamiah dan jadi keinginan setiap calon mama untuk bisa melahirkan secara normal. Dan, alhamdulillah, pertama kalinya saya ...

Read more..


4. Berjemur di pagi hari


Kalau ini adalah saran orang tua zaman dulu untuk ibu hamil yang telah mendekati detik-detik persalinan. Katanya, ini mampu melancarkan dan menghilangkan rasa sakit saat melahirkan.

Tapi, tahu nggak sih, Ma? Bahwa manfaat dari sinar matahari pagi itu ada banyak! Di antaranya adalah memberikan asupan vitamin D, menyerap kalsium untuk menyempurnakan pertumbuhan tulang dan membantu menyempurnakan tumbuh kembang jabang bayi.


5. Minta suami menemani saat proses persalinan


Selain membuat hati dan pikiran tenang, keberadaan sang suami di sisi Mama saat persalinan berlangsung bisa memotivasi Mama untuk lebih kuat dan bersemangat dalam mengatasi rasa sakit saat melahirkan. Juga akan membuat Mama merasa lebih dicintai, serta merasa nyaman dan aman.


BACA JUGA


Mama Merasa Ketakutan Menjelang Persalinan? Wajar, Ma! Yuk, Coba Kita Atasi dengan 7 Tips Ini!

Mama Merasa Ketakutan Menjelang Persalinan? Wajar, Ma! Yuk, Coba Kita Atasi dengan 7 Tips Ini!

Giving birth to a baby is easier than worrying about it. ~ Japanese Proverb

Read more..


Semoga tips sederhana mengatasi rasa sakit saat melahirkan ini bisa membantu Mama untuk mempersiapkan proses persalinan dengan lebih baik ya.

Ketahuilah, Ma, bahwa tangisan pertama si kecil akan menjadi obat paling ampuh yang mampu meredakan semua rasa sakit saat melahirkan. Jad,i jangan pernah merasa takut untuk melahirkan secara vaginal ya, Ma.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Meminimalisir Rasa Sakit Saat Melahirkan, Lakukan 5 Hal yang Bisa Menolong Mama Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Letta | @Vinaleta

Silahkan login untuk memberi komentar

Alibaba Alibabi | @alibabaalibabi

anyak mama baru yang sudah tidak sabar menantikan kelahiran bayinya. Namun, tidak sedikit opini dan berita yang beredar tentang sakitnya melahirkan, sehingga membuat para ibu baru ini stres sekaligus takut saat Hari Perkiraan Lahir (HPL) semakin dekat. Harga emas hari ini