Memperkirakan Biaya Sekolah si Kecil untuk Sampai ke S2, S3, dan Keluar Negeri? Ada Rumusnya!

Memperkirakan Biaya Sekolah si Kecil untuk Sampai ke S2, S3, dan Keluar Negeri? Ada Rumusnya!

7.5K
Biaya sekolah yang setinggi-tingginya harus dipersiapkan dengan baik. Coba yuk, hitung sedari sekarang, Ma. Meski mungkin si kecil baru berusia beberapa bulan.

Kalau ditanyakan pada semua orang tua, salah satu tujuan orang tua membanting tulang, bekerja keras tak kenal waktu, adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, terutama anak-anak. Salah satunya adalah sekolah. Pastinya, setiap orang tua mau agar anak-anak bisa sekolah setinggi-tingginya. Betul nggak, Ma?

Seberapa tingginyakah sekolah anak itu? Ya, mungkin ada yang bilang, S2, S3, bahkan ke luar negeri.

Salah? Enggak dong ya.

Daaan ... salah satu elemen penting agar cita-cita pendidikan setinggi itu tercapai adalah ketersediaan biaya sekolah yang memadai. Sebenarnya, pemerintah lewat sekolah negeri sudah berusaha keras meringankan biaya pendidikan ini. Tapi, apakah itu cukup?

Apalagi situasi ekonomi akhir-akhir ini telah memaksa harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi ya, Ma. Termasuk biaya pendidikan. Terus, bagaimana cara menghitung perkiraan biaya sekolah si kecil ya?

Ini penting nih, soalnya berkaitan dengan seberapa banyak kita harus menabung dan berinvestasi sejak sekarang kan, kalau seumpama kita pengin sekolahin anak sampai setinggi-tingginya? Biaya sebesar itu kan nggak langsung jatuh begitu saja dari langit ya? Hahaha. Yeah, I wish!


BACA JUGA


4 Persiapan Anak Sekolah Agar Si Kecil Lebih Mudah Beradaptasi dengan Kondisi Sekolah Barunya

4 Persiapan Anak Sekolah Agar Si Kecil Lebih Mudah Beradaptasi dengan Kondisi Sekolah Barunya

Anak sekolah selalu memiliki cerita tersendiri, ya, Ma. Rasa deg-degan, bingung mau beli apa, menu yang mau dibawa, apa yang harus dilakukan ...

Read more..


Buat persiapan anak masuk TK aja, saya pribadi harus menabung sejak si kecil baru saja lahir kok. Apalagi kalau-kalau ia nanti pengin sekolah sampai pol. Iya, mungkin saja ia nanti bisa berjuang mendapatkan beasiswa. But still, itu bukan berarti saya nggak harus siap-siap kan?

Iya, kalau anak-anak mau masuk ke sekolah negeri yang gratis. Kalau si kecil nyaman di sekolah negeri ya bagus banget. Kalau enggak? Kita kan nggak bisa maksa si kecil untuk bersekolah di sekolah yang nggak nyaman untuknya belajar kan? Terutama sih ini opini saya pribadi mungkin. Mama yang lain barangkali nggak masalah. Yah, berbeda itu biasa ya, Ma?

Intinya, bersiap itu pastinya akan lebih baik. Betul?

Setelah kepo sana sini, ternyata, Ma, ada lho cara memperkirakan biaya sekolah si kecil. Ada rumusnya, bahkan! Wah, meski saya dan matematika nggak begitu bersahabat baik *jengjeng!*, tapi demi si kecil, ya mau nggak mau deh saya utak atik nih angka-angka.

Iya sih, hasilnya kemudian bikin saya garuk-garuk tembok. Hahaha. Tapi, setidaknya saya jadi tahu, harus seberapa keras saya berusaha untuk memenuhinya. Jadi semacam motivasi dan tujuan hiduplah gitu. Toh, kalau kita hidup tanpa tujuan kan ya nggak ada semangat kan yah?


Coba yuk, Ma, sekarang kita memperhitungkan biaya sekolah atau pendidikan si kecil


1. Ketahui biaya saat ini


Dari beberapa sumber yang saya baca, normalnya, kenaikan biaya sekolah atau pendidikan per tahun adalah sebesar 10%. Namun, ada juga sih sekolah swasta tertentu yang mematok kenaikan biaya pendidikan sampai 20%.

Jadi, untuk memastkan, ayo, Ma, kumpulkan data kenaikan biaya sekolah incaran Mama. Oh iya, kalau bisa, kumpulkan juga data uang pangkal, uang sekolah, dan biaya rutin lainnya yang ada di sekolah incaran tersebut ya.


2. Tentukan waktunya


Berapa usia si kecil sekarang?

Misalnya saja, usia si kecil saat ini 1 tahun, maka jika Mama ingin menghitung biaya kuliah di universitas idaman, perkiraan si kecil kuliah adalah 17 tahun dari sekarang, atau saat ia telah berusia 18 tahun.

Maka, bisa dianggap bahwa Mama mempunyai waktu selama 17 tahun untuk menabung biaya sekolah atau kuliah si kecil kelak.


BACA JUGA


Berbeda Pendapat dengan Anak Soal Sekolah Itu Biasa Kok. Lakukan Saja 4 Hal Ini Untuk Bisa Sepakat!

Berbeda Pendapat dengan Anak Soal Sekolah Itu Biasa Kok. Lakukan Saja 4 Hal Ini Untuk Bisa Sepakat!

Pembicaraan mengenai sekolah, kampus serta jurusan yang akan dipilih selalu menjadi topik hangat menandai dimulainya tahun ajaran baru. Tak ...

Read more..


3. Mari menghitung


Rumus yang dipakai untuk menghitung biaya masa depan (Future Value) yaitu:

FV = B x (K + 1) x N

FV: Future value (nilai yang diprediksi)

B: Biaya saat ini

K: persentase kenaikan

N: jumlah tahun

Nah, coba kita masukkan angka-angkanya ya.

Misalnya, kita ambil saja angka random ya. Biaya masuk universitas idaman = Rp 20 juta. Persentase kenaikan biaya 20% atau 0.2 Si kecil akan mulai kuliah di usia 18 tahun (usia saat ini 1 tahun).

Maka, angka setelah masuk ke dalam rumus adalah:

FV = 20.000.000 x (0.2 + 1) x 17
FV = 408.000.000

Nah, ketemu kan?

Hahaha. Banyak ya? Makanya saya garuk-garuk tembok. Hahaha.

Yah, memang begitulah pendidikan kita, Ma. Mahal! Baik itu secara materi, maupun yang non materi. Ya, mau gimana lagi? Mau protes biaya sekolah mahal? Nggak bisa. Huhuhu.

Ketimbang buang energi protes, ya mendingan kita atur strategi untuk mempersiapkannya saja deh.


4. Atur strategi mendapatkannya


Setelah dana sudah bisa diperkirakan, maka Mama harus mengatur strategi untuk mendapatkan dana pendidikan atau biaya sekolah sesuai yang sudah diperkirakan tersebut. Apakah Mama akan menabung dari uang gaji, atau penghasilan bulanan? Ataukah Mama ingin investasi atau asuransi? Investasi saham mungkin salah satu solusi yang oke, Ma.

Ayo, cari informasi sebanyak-banyaknya seputar mempersiapkan dana pendidikan atau biaya sekolah ini. Kemudian setelah terkumpul cukup lengkap, jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan Papa ya.

Dan ingat, Ma, apa pun langkah yang Mama ambil, perhitungkan pula kondisi darurat yang mungkin terjadi, misalnya ada kematian, bencana, atau kecelakaan.

Bentuk tabungan yang Mama pilih akan dapat membantu Mama untuk mendukung si kecil mencapai cita-citanya.


BACA JUGA


Takut Investasi Saham? Beberapa Tips Berikut Akan Menepis Keraguan Mama Berinvestasi Saham

Takut Investasi Saham? Beberapa Tips Berikut Akan Menepis Keraguan Mama Berinvestasi Saham

Investasi saham? Apa pula itu? Yuk, cari tahu demi masa depan keluarga

Read more..


Yah, begitulah, Ma. Apakah Mama mau menjadikan angka biaya sekolah di atas sebagai motivasi hidup agar lebih semangat kerja ataukah lebih baik skip saja and go with the flow, semua kembali lagi pada Mama. Masing-masing orang kan punya cara unik sendiri-sendiri untuk menjalani hidup ya?

Yang penting, cintai selalu keluarga Mama, dan dukunglah keinginan dan cita-cita si kecil agar tercapai suatu hari nanti. Amin!

Semangat, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Memperkirakan Biaya Sekolah si Kecil untuk Sampai ke S2, S3, dan Keluar Negeri? Ada Rumusnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar