Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

5.1K
Sudah waktunya untuk menyingkirkan semua yang artifisial. Bunga plastik di dalam rumah? That is so yesterday! Yuk, menanam untuk membawa kesegaran tanaman alami ke dalam ruang kita.

Biasanya sih karena alasan kepraktisan atau malas merawat tanaman hidup, makanya kita lebih memilih tanaman plastik untuk diletakkan di dalam rumah ya, Ma.

Mungkin saja semua bunga-bunga plastik dan dinding yang berwarna hijau memang akan memberikan kesegaran secara visual. Tapi apakah bisa menggantikan kesegaran oksigen? Sepertinya sih enggak ya.

Karena itu, yuk, kita tambahkan beberapa tanaman hidup di dalam rumah, Ma. Rumah dengan lahan terbatas pun sebenarnya bukan alasan untuk nggak menanam dan berkebun, karena kini ilmu berkebun juga semakin berkembang. Mama bisa menanam secara hidroponik ataupun membuat taman vertical.

Bayangkan, Ma, saat Mama dan Papa pulang kerja, lalu melihat tanaman hijau di sana sini. Stres pasti akan berkurang, kelelahan juga sedikit hilang kan? Ruang pun terasa lebih hidup dengan adanya tanaman-tanaman ini.

Untuk perawatan, sebenarnya ada beberapa tanaman yang cukup mudah untuk dibiakkan di dalam rumah, bahkan di dalam apartemen kok, Ma, yaitu tanaman-tanaman yang tak terlalu memerlukan sinar matahari dan air.


BACA JUGA


6 Tanaman Ini Bisa Membantu Mama Mengatasi Masalah Sullit Tidur. Nomor 2 Favorit Banget Sama Wanginya!

6 Tanaman Ini Bisa Membantu Mama Mengatasi Masalah Sullit Tidur. Nomor 2 Favorit Banget Sama Wanginya!

Fungsi tanaman selain mempercantik tampilan kamar, tanaman mungkin bisa membantu Mama agar mendapatkan tidur berkualitas di malam hari

Read more..


Berikut adalah beberapa tips untuk Mama yang ingin menambah kesegaran dalam rumah dengan menanam tanaman hidup.


1. Sesuaikan dan peletakan tanaman


Ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, foyer, dan ruang kerja adalah ruang-ruang yang cocok untuk diberikan sentuhan tanaman.

Sesuaikan juga proporsi tanaman dengan gaya interior rumah. Misalnya, bila gaya yang diterapkan adalah industrial, maka jumlah tanaman pun disarankan agar lebih banyak untuk mengimbangi segala macam elemen logam yang ada.

Tanaman paling baik diletakkan di side table dan kalau memungkinkan di dekat jendela. Hal ini bertujuan agar tanaman di dalam rumah tetap dapat terpapar sinar matahari, meski tak langsung.


2. Jenis tanaman


Tanaman-tanaman yang dipilih adalah jenis tanaman yang cocok untuk mengisi interior rumah Mama.

Mama bisa memilih di antaranya jenis-jenis sukulen, sirih gading, dan beberapa jenis air plant seperti Tillandsia stricta, Tillandsia fuego, Tillandsia adreana, dan Tillandsia ionatha.

Selain karena bentuknya yang kecil dan rupanya yang menarik, perawatannya pun mudah, Ma. Siapa pun bisa merawatnya saking mudahnya!


BACA JUGA


Rumah yang Penuh Keberuntungan? Coba Lengkapi dengan 7 Home Decor Berikut!

Rumah yang Penuh Keberuntungan? Coba Lengkapi dengan 7 Home Decor Berikut!

The most important thing to understand is that the feng shui is really about the energy that's surrounding you in your personal space. ~ ...

Read more..


3. Perawatan

Sirih gading

Sirih gading adalah tanaman yang memiliki kemampuan menyerap nikotin dan memfilter udara. Tanaman ini adalah termasuk yang paling mudah dirawat, Ma.

Sirih gading dapat tumbuh, baik dengan paparan matahari maupun tidak. Nanti cuma akan pengaruh ke daun yang tumbuh saja. Yang cukup terkena matahari, daunnya akan berukuran besar dan akan mempunyai banyak warna. Sementara yang jarang terkena matahari akan berdaun kecil dan hanya memiliki satu warna saja, yaitu hijau.

Media tanamnya bisa berupa air dan tanah, Ma. Siram tanaman ketika tanah mulai terlihat kering. Berikan pupuk NPK setiap 3 bulan sekali. Untuk media air, tambahkan minyak kelapa sekitar 0.5 cm untuk membunuh jentik nyamuk.

Sirih gading cocok diletakkan di kamar mandi, dan di ruang keluarga.


Sukulen


Sedum rubrotinctum (jelly bean plant). Image via Wikipedia.


Peperomia graveolens. Image via GardenWeb.


Haworthia faciata. Image via GardenTags.

Sedum, Peperomia graveolens dan Haworthia faciata tergolong tanaman sukulen. Tanaman-tanaman jenis ini hanya butuh disiram setiap 4 hari sekali. Media tanam harus tanah yang dicampur dengan gabah atau pasir dengan perbandingan 2:1 agar mudah melepaskan air.

Media tanam sukulen nggak boleh terlalu lembap, Ma. Sukulen nggak disarankan terpapar matahari langsung, karenanya harus diletakkan dalam ruang, di sisi jendela. Waktu yang paling baik untuk menyiramnya adalah di pagi hari.


Air plant


Tillandsia stricta. Image via Shutterstock.


Tillandsia fuego. Image via Air Plant City.


Tillandsia adreana. Image via Hortipedia.


Tillandsia ionantha. Image via Bromeliads in Australia

Tillandsia stricta, Tillandsia fuego, Tillandsia adreana dan Tillandsia ionantha adalah jenis tanaman udara atau air plant.

Sesuai dengan namanya, tanaman ini mengambil makanan dari udara, Ma. Jenis ini nggak membutuhkan media tanam karena di alam bebas pun air plant tumbuh dengan menumpang pada tanaman lain.

Mama dapat menempelkan air plant di bilah-bilah kayu atau dahan pohon yang sudah mati.

Agar tanaman ini tetap hidup, cukup semprotkan air sekali sehari saja. Kalau sudah agak layu, rendam air plant dalam air selama 1 jam. Jangan masukkan air plant dalam wadah tertutup ya, karena air plant harus selalu terkena udara.



Nah, Mama. Percaya kan, meski Mama tak punya lahan tanah kosong atau halaman, Mama masih tetap bisa kok menanam dan berkebun dengan tanaman-tanaman di atas. Masukkan mereka dalam interior rumah atau apartemen Mama, agar makin menyegarkan suasana. Oksigen yang mereka hasilkan pasti akan bisa menambah Mama, Papa dan keluarga jadi makin betah di rumah.

Selamat berkebun, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar