Menata Dapur Sempit yang Masih Saja Disesaki oleh Peralatan Masak yang Banyak? Gampang!

Menata Dapur Sempit yang Masih Saja Disesaki oleh Peralatan Masak yang Banyak? Gampang!

6.2K
Menata dapur sempit itu nggak butuh effort yang terlalu gimana-gimana kok. Yang penting, kejelian kita memanfaatkan area kosong.

Hai, Mama! Apakah Mama termasuk yang suka "menimbun" peralatan masak? Ah, ada memang yang hobi begini ya. Selain memasak, ternyata juga hobi menimbun peralatan masak. Hahaha. So, apa kabar dapur? Penuh sesak? Berantakan? Ha! Ayo, Ma, hari ini kita menata dapur!

Banyaknya peralatan memasak yang kita miliki memang kadang membuat kita bingung untuk menyimpannya. Ya, gimana ya. Ibarat pertempuran, kalau alat tempur dan senjatanya nggak lengkap itu kok ya, jadi berasa kurang. Mau masak ini itu, nggak punya panci yang begini, nggak punya wajan yang begitu, pisaunya cuma segini. Jadi nggak puas deh masaknya!

Iya apa iya, Ma?

Alhasil, numpuk deh semua. Apalagi kalau ternyata dapur kita di rumah nggak tergolong dapur yang luas. Pasti Mama akan sulit menata dapur dan semua peralatan masak yang Mama punya.

Jangan bingung, jangan gundah, Mama. Seperti biasa Rocking Mama hadir untuk membantu Mama menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada, yes?


BACA JUGA


2 Cara Cerdas Mengelola Dapur dan Rumah Tangga ala Rocking Mama Ini Akan Membuat Hidup Lebih Praktis!

2 Cara Cerdas Mengelola Dapur dan Rumah Tangga ala Rocking Mama Ini Akan Membuat Hidup Lebih Praktis!

Rumah tangga memang penuh dengan printilan-printilan kecil yang kadang menyedot tenaga dan pikiran untuk sekadar memikirkannya. Perlu taktik ...

Read more..


Ada beberapa cara untuk menata dapur yang lebih rapi dan menyimpan semua perlengkapan dan peralatan masak yang kita punya, biar dapur yang sempit nggak semakin sempit sehingga bikin Mama tambah hobi masak.


Tips menata dapur dan menyimpan peralatan masak Mama agar lebih rapi


1. Manfaatkan area-area dinding dapur yang kosong dengan baik


Tips menata dapur #1: manfaatkan dinding
Misalnya nih, Ma, Mama bisa membuat gantungan di sisi dinding dapur untuk menggantungkan berbagai jenis panci yang Mama punya. Nah, gantungkanlah panci yang paling sering Mama pakai agar mudah dicari.

Praktis kan?

Mama juga bisa memanfaatkan area di atas tempat cuci piring, dengan memasang rak tambahan lagi di dinding, untuk menaruh piring serta gelas yang sudah dibersihkan. Selain berfungsi untuk menyimpan piring, gelas dan lainnya, rak piring tersebut juga berfungsi untuk meniriskan air setelah dicuci. Airnya nggak ke mana-mana, langsung kembali ke bak cuci. Okesip!


2. Manfaatkan berbagai kabinet dan lemari dengan maksimal


Tips menata dapur #2: manfaatkan lemari dan kabinet secara maksimal!

Oke, bagian dalam mungkin sudah penuh dengan peralatan masak Mama ya.

Tapi, Mama masih bisa memanfaatkan atap kabinet di dapur Mama untuk menyimpan peralatan yang jarang dipakai. Seperti panci berukuran besar, panggangan, dan perkakas lainnya. Karena biasanya peralatan tersebut hanya dipakai pada hari-hari tertentu saja.

Untuk menyimpan talenan, nampan dan lainnya, Mama bisa membuat sekat di dalam kabinet. Gunanya adalah untuk memudahkan dalam mengambil serta menata peralatan tersebut.

Manfaatkanlah juga sela-sela kecil di dalam lemari makanan untuk menyimpan beberapa makanan kaleng, seperti sarden atau kornet. Susunlah makanan kaleng tersebut sedemikian rupa, supaya mudah dijangkau.


3. Manfaatkan pintu-pintu lemari


Tips menata dapur #3: lemari biasanya punya area kosong, manfaatkan!

Pintu-pintu lemari biasanya dibiarkan kosong saja, yes? Nah, sekarang coba kita manfaatkan yuk, Ma.

Jika Mama mempunyai lemari di dapur, cobalah juga untuk memanfaatkan pintu lemari tersebut yang tadinya menjadi area kosong sebagai rak penyimpanan berbagai macam bumbu dapur di sana. Buatkan rak kecil tambahan pada pintu lemari tersebut.

Atau bisa juga memanfaatkan pintu kulkas. Dengan memasang magnet di bagian belakang tempat bumbu, kita bisa menempelkan berbagai macam bumbu kering di bagian depan pintu kulkas. Sounds good?


4. Mau menyimpan resep? Gampang!


Tips menata dapur #4: Yay! Dengan begini, resep-resep nggak bertebaran ke mana-mana.
Untuk menyimpan resep masakan atau menu makanan yang akan dibuat, Mama bisa memanfaatkan pintu lemari makanan atau peralatan dapur yang lain. Dengan begitu pada saat Mama membutuhkannya, Mama akan dengan mudah pula menemukannya.


5. Manfaatkan area cuci piring


Tips menata dapur #5: Alat-alat pembersih jadi nggak berserakan lagi di mana-mana kan?

Mama bisa menyulap tempat cuci piring dengan membuat laci benam, di situ Mama bisa menaruh berbagai macam peralatan untuk mencuci piring seperti spons, sarung tangan, penyikat botol dan lainnya.


6. Tumpuk untuk menghemat tempat


Tips menata dapur #6: tumpuk dengan rapi ya!
Mama juga bisa menumpuk beberapa peralatan masak, sehingga bisa menghemat ruangan penyimpanan. Sebagai contoh, Mama bisa menumpukan beberapa piring dengan mangkuk atau wajan penggorengan dengan panci.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!

Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!

Resep masakan praktis dan cepat selalu diburu oleh ibu bekerja demi penghematan waktu dan tenaga. Jangan lupa, tambahkan resep masakan ...

Read more..

Nah, punya dapur kecil di rumah bukan berarti tidak bisa menyimpan banyak peralatan masak, kan? Yang penting, bagaimana kita menata dapur sampai ke setiap sudutnya agar bisa efisien digunakan.

Selamat mencoba ya, semoga tips di atas bermanfaat untuk para ibu rumah tangga seperti Mama.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menata Dapur Sempit yang Masih Saja Disesaki oleh Peralatan Masak yang Banyak? Gampang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ika Puspita | @ikapuspita

Saya seorang Mom Blogger dan memiliki tiga anak. Menulis dan memasak adalah hobi saya.

Silahkan login untuk memberi komentar