7 Menata Rumah yang Aman Bagi Anak Ini Bisa Bantu Mama Agar Si Kecil Bebas Bermain Tanpa Bahaya

7 Menata Rumah yang Aman Bagi Anak Ini Bisa Bantu Mama Agar Si Kecil Bebas Bermain Tanpa Bahaya

654
Menata rumah memang mesti memikirkan banyak hal termasuk ruang gerak untuk anak.

Hellow again, Mamas, how are you? Sedang sibuk beberes rumah yang (selalu) berantakan karena anak-anakkah? Hmm, para krucils itu memang sesuatu bingits, ya Ma. Selalu sukses bikin kita gemes-gemes gimanaa gitu, hihihi! Tapi biarlah, Ma, dalam berantakan itulah mereka belajar. Makanya kita pun perlu menata rumah yang ramah anak.

Permainan anak itu beraneka ragam. Dari balok-balok susun anak mereka-reka ruang dan bangun. Dari terompet, peluit, atau benda-benda lain mereka mengenali bunyi. Dari menggenggam butiran pasir hingga menginjak rumput mereka mengasah motorik kasarnya. Bahkan pada saatnya nanti, dari mengacak-acak mereka akan belajar bertanggung jawab. Nanti.. Masih lama, mungkin setelah anak-anak beranjak 8 tahun, bhahahahah!

Sambil bersabar menunggu saat indah di mana anak-anak sudah bisa bertanggung jawab atas mainannya sendiri, yuk kita menata rumah dengan keadaan yang children friendly atau ramah anak-anak.

BACA JUGA


Yuk, Bikin Semprotan Anti Nyamuk Sendiri! Hanya Perlu 2 Bahan Saja Lo!

Yuk, Bikin Semprotan Anti Nyamuk Sendiri! Hanya Perlu 2 Bahan Saja Lo!

Anti nyamuk perlu banget tersedia di rumah untuk mengusir nyamuk-nyamuk agar anggota keluarga terhindar dari segala macam penyakit yang ...

Read more..

Seperti apa sih menata rumah yang ramah anak? Inilah tujuh di antaranya yang bisa Mama lakukan di rumah!

1. Furnitur yang tanpa sudut

Tahu sendiri, kan Ma, kalau anak-anak itu suka berlarian ke sana ke mari tak tentu arah!

Sebentar ada di sini, dua detik kemudian sudah ada bunyi kejeduk di sebelah sana. Haduuh! Oleh karena itu, sejak awal menikah, sebisa mungkin menata rumah dengan membeli seperangkat kursi dan meja yang berbentuk bulat atau oval. Atau kalau sudah terlanjur jatuh hati pada furniture yang kotak-kotak, ada kok siku-siku yang dijual untuk mengamankan ujung-ujung meja atau kaca.

Ingat Ma, ujung-ujung yang tajam itu musuh besar bagi kepala anak-anak, Ma!

2. Dinding yang luas

Anak-anak adalah Rembrant kecil yang kanvasnya itu ada di mana saja, Ma!

Kadang di dinding, kadang di seprai, kadang di taplak, kadang di lantai. Hiks! Nah, bagaimana kalau Mama menyediakan satu bidang khusus untuk mereka berkreasi? Satu sisi dinding yang dilapisi dengan cat yang washable alias bisa dibersihkan itu loh, Ma, supaya beragam crayon, pensil warna dan spidol bisa dihapus lagi.

Nah, besok minta Papa mengecat sisi itu dengan warna-warna yang terang (warna biru konon mentimulasi otak untuk lebih kreatif), ya. Lalu katakan pada anak-anak, bahwa bagian dinding itu boleh mereka gunakan untuk menggambar dan menulis apapun sesuka hati. Yeay!

3. Majalah Dinding

Zaman sekolah dulu, tentu Mama kenal dengan si mading ini, kan? Yup, sebuah papan bertempelkan informasi-informasi penting seputaran sekolah.

Yuk, belikan anak-anak satu papan tulis bermagnet yang berfungsi sebagai Galeri Seni. Papan tulis itu dapat mereka pakai untuk memamerkan karya-karya mereka. Atau, gunakan saja pintu kulkas untuk menampung banyak tempelan, Ma. Setiap karya adalah kebanggaan mereka, jadi sudah sepantasnya dipajang di ‘galeri’, bukan?

BACA JUGA


Jangan Takut Rumah Berantakan! Berikut 11 Ide untuk Bermain Asyik dengan Si Kecil Tanpa Takut Rumah Bak Kapal Pecah!

Jangan Takut Rumah Berantakan! Berikut 11 Ide untuk Bermain Asyik dengan Si Kecil Tanpa Takut Rumah Bak Kapal Pecah!

Rumah berantakan saat bermain adalah hal yang wajar, tapi kadang capek ya, Ma untuk beresinnya

Read more..

4. Alas Bermain

Jika pagi menjelang, segera gelar alas bermain anak-anak, Ma. Supaya mereka tidak duduk-duduk di lantai yang bisa menyebabkan masuk angin. Alas main anak ini beragam bahan dan ukurannya, dengan gambar-gambar yang menarik sekaligus edukatif.

Ada yang bergambar jalanan lengkap dengan mobil dan rambu-rambu lalu lintas, gambar huruf dan angka, dan lain-lain. Terutama untuk para batita, alas ini bisa dianggap sebagai area bermain, sehingga Mama bisa nyaman meninggalkan mereka di sana untuk melakukan pekerjaan lain.

5. Kursi-Meja Mini

Sepertinya, menata rumah dengan menambahkan seperangkat kursi dan meja pendek khusus buat anak-anak itu perlu dilakukan.

Letakkan di ruang tamu, di satu sisi dinding yang dikhususkan untuk ‘kanvas’ mereka. Pada meja itu, diletakkan alat-alat tulis dan gambar, dan segera kembalikan semuanya setelah dipakai. Jika keadaaannya selalu begitu, mereka akan terbiasa menggunakan meja tersebut sebagai ‘meja kerja’. Seperti punya Papanya, yang berisi barang-barang penting yang harus tersimpan rapi.

6. Wadah-wadah Penyimpanan

Rumah dengan anak-anak selalu butuh wadah. Tempat-tempat yang digunakan untuk menyimpan mainan yang ratusan jumlahnya. Belikan, atau buatkan satu dua buah wadah khusus, ya Ma, agar paham bahwa barang-barang mereka itu letaknya di sana. Biasanya wadah-wadah itu berwarna-warni, tapi jika ingin berkreasi, ajak anak-anak untuk menghiasinya dengan sticker bergambar. Tempelkan juga sticker-sticker huruf untuk menamainya, ya, supaya tidak rebutan atau tercampur dengan barang kakak atau adiknya!

7. Rak Buku

Ini salah satu yang paling penting, Ma! Memiliki rak buku khusus buat anak akan membiasakan mereka untuk membaca, yang pada gilirannya akan semakin mencerdaskan generasi bangsa. Sudah tau kan, kalo Negara kita itu duduk pada posisi hampir terendah dunia untuk kategori gemar membaca? Hiks! Oleh karenanya, yuk bantu menaikkan tingkatnya dengan sekotak rak yang berisi buku-buku.

Kehadiran rak dengan buku-buku itu akan menarik minat membaca loh, Ma. Biarpun hanya dipegang dan dilihat gambarnya saja, nanti juga mereka akan penasaran dengan isi ceritanya. Nanti Mama dan Papa bantu menceritakan, ya!

BACA JUGA


Ini Dia 25+ Inspirasi Ruang Baca di Rumah Supaya Anak-anak Makin Gemar Membaca

Ini Dia 25+ Inspirasi Ruang Baca di Rumah Supaya Anak-anak Makin Gemar Membaca

Pengin supaya anak-anak gemar membaca? Nggak cuma harus menyediakan bacaan bagus, tapi sediakan juga ruang baca yang nyaman untuk mereka

Read more..

Nah, selamat menjalani berbagai petualangan dengan anak-anak di rumah, ya Ma. Dengan menata rumah yang children friendly, pasti mereka akan merasa nyaman untuk bermain dan mengeksplorasi kemampuan diri bersama Mama dan Papanya. Titip pelukan untuk mereka yaa!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Menata Rumah yang Aman Bagi Anak Ini Bisa Bantu Mama Agar Si Kecil Bebas Bermain Tanpa Bahaya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar