Mendidik Anak Agar Selalu Jujur, Ini Dia 5 Hal yang Harus Kita Lakukan

Mendidik Anak Agar Selalu Jujur, Ini Dia 5 Hal yang Harus Kita Lakukan

1K
Soal mendidik anak ini memang nggak ada habisnya. Begitu kita hamil, tugas kita langsung berderet. Nggak hanya soal memenuhi pertumbuhan fisik, namun juga sampai ke hal-hal abstrak seperti soal mendidik anak untuk bersikap jujur seperti ini.

Jujur. Itulah hal yang selalu kita harapkan dari si kecil. Betul, Ma? Dari semua hal yang harus kita ajarkan pada si kecil, kejujuran merupakan salah satu yang terpenting. Dan mendidik anak soal kejujuran ini ternyata tak semudah omongan belaka. Bukannya menganggap mereka suka bohong sih, tapi sikap jujur itu bisa berarti banyak hal.

Misalnya saja, sikap jujur si kecil saat ia harus mengakui kesalahan yang dibuatnya, bahkan yang tanpa sengaja. Kadang, karena kita terlalu keras padanya, si kecil jadi takut mengakui bahwa ia telah melakukan kesalahan. Atau, jujur misalnya ia harus mengembalikan barang yang ditemukannya di suatu tempat, dan bukannya dimiliki sendiri.

Atau misalnya, saya pernah mendengar anak saya bercerita pada adiknya atau temannya, tentang satu kejadian yang saya tahu persis bahwa itu tak benar-benar pernah terjadi. Saat itu saya berpikir, kenapa anak saya bohong? Mengapa? Namun, kemudian saya ingat satu hal. Saya dulu juga suka berimajinasi, dan kemudian menceritakannya pada teman-teman saya (tanpa bilang bahwa cerita itu imajinasi belaka). Hahaha. Akibatnya, ya, saya dianggap hebat. LOL.

Nah, sampai di titik ini saya pun memahami, bahwa anak-anak memang kadang belum bisa memisahkan antara imajinasi dan realita. Lalu, bagaimana caranya saya mendidik anak dan memberitahunya, kapan ia harus jujur bercerita dan kapan ia boleh berimajinasi.


BACA JUGA


Cara Mendidik Anak Bossy Memang Menantang, Ma. Pahami Dulu Faktanya dan Lakukan Langkah-Langkah Ini Untuk Meredam Sikap Bossy-nya

Cara Mendidik Anak Bossy Memang Menantang, Ma. Pahami Dulu Faktanya dan Lakukan Langkah-Langkah Ini Untuk Meredam Sikap Bossy-nya

Cara mendidik anak bossy sangat menantang karena di samping sisi negatif yang kerap Mama temui, ada juga sisi positifnya yang baik untuk ...

Read more..


Yes, sikap jujur yang tumbuh dalam diri si kecil akan menjadi bekal terbesarnya untuk sukses di hari depan nanti. Sikap jujur, menurut saya, menjadi landasan dari semua sikap baik yang harus kita tanamkan selama kita masih bertugas mendidik anak.

Dan, sikap jujur antara kita, orang tuanya, dengan anak-anak juga merupakan salah satu hal yang membentuk keharmonisan keluarga. Setuju kan, Mama dengan hal ini?

Namun, ternyata mendidik anak untuk selalu jujur itu bisa sulit pun bisa mudah. Karena itu, saya senang sekali saat menemukan 5 prinsip mendidik anak untuk selalu jujur yang saya rangkum dari berbagai sumber ini.

Yuk, Ma, coba kita lihat ya.


5 Prinsip mendidik anak untuk selalu jujur


1. Perkenalkan tentang prinsip kejujuran


Berikan pengertian pada anak mengenai pentingnya bersikap jujur di mana pun mereka berada dalam kondisi apa pun. Bahwa bersikap jujur akan lebih baik, karena akan menghindarkan mereka dari kesulitan yang lebih besar.

Misalnya, jika si kecil tampak enggan bercerita tentang kesalahan yang diperbuatnya, katakan padanya bahwa lebih baik ia mengakuinya sekarang karena Mama bisa membantunya lebih cepat. Dengan berkata jujur, maka permasalahan bisa akan segera selesai, dan ini pastinya akan lebih baik ketimbang membiarkannya berlarut-larut kan?

Yang terpenting, bekerja samalah dengan suami dalam mendidik anak soal prinsip kejujuran ini ya, Ma.


2. Kedekatan dengan anak


Jadikanlah si kecil sebagai sahabat dan teman curhat. Ini adalah hal yang paling penting ya, Ma.

Dengan membuatnya merasa dekat dengan kita, maka ia pun akan merasa nyaman dan aman. Rasa percayanya akan tumbuh secara alami, dan ia percaya kita akan selalu bisa dan mau menolongnya.


BACA JUGA


Mendidik Anak dengan Kekerasan Hanya Akan Menghasilkan Anak yang Penuh dengan Kekerasan. Lakukan Hal-Hal Berikut untuk Menghindarinya!

Mendidik Anak dengan Kekerasan Hanya Akan Menghasilkan Anak yang Penuh dengan Kekerasan. Lakukan Hal-Hal Berikut untuk Menghindarinya!

Mendidik anak dengan kekerasan juga akan menghasilkan anak yang penuh dengan kekerasan. Dan ini bukanlah hal yang baik bagi perkembangannya ...

Read more..


3. Menegur dengan positif


Saat anak terbukti berbohong, maka jangan sampai kita marah berlebihan. Duh, ini memang susah ya, Ma. Saya sendiri pun masih terus belajar untuk mengendalikan diri kala emosi pada anak karena banyak hal.

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk saya adalah dengan mengingat, kalau kita marah berlebihan padanya, maka si kecil pun akan semakin takut untuk jujur pada kita.

Ajaklah ia bicara baik-baik. Hindari memberinya label sebagai 'pembohong', karena ini akan membuatnya makin defensif dan mengulangi perbuatannya itu.


4. Berikan kebebasan


Dalam arti, menghargai setiap sikapnya, Ma. Berikan ia kebebasan dalam bersikap, sesuai usianya. Asalkan anak tetap menjunjung nilai dan prinsip kejujuran.

Dengarkanlah argumennya, jika memang ada hal yang barangkali kurang berkenan bagi Mama. Kemudian cobalah untuk melogika sesuai logika si kecil. Belajar memahaminya, dan cari di mana letak akar permasalahan. Sehingga saat Mama paham apa inti masalahnya, Mama pun bisa membantunya.


5. Menjadi contoh


Nah, ini nih, Ma. Prinsip dari semua tips parenting. Mau mendidik anak kita jadi apa pun, cara yang terbaik adalah dengan memberinya contoh nyata dari diri kita sendiri. Begitu juga jika Mama ingin mendidik anak agar selalu bersikap jujur. Mulai dari diri Mama sendiri.

Biasakan berbicara terus terang kepada anak, termasuk soal yang sensitif, seperti perceraian, penyakit, kondisi sosial di sekitar kita maupun kematian.

Sesulit apa pun itu, usahakan untuk berbicara jujur, ketimbang menyembunyikan kebohongan.


BACA JUGA


Saat Mendidik Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Mengajarkan 10 Keterampilan Dasar Hidup Ini pada Mereka!

Saat Mendidik Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Mengajarkan 10 Keterampilan Dasar Hidup Ini pada Mereka!

Mendidik anak yang sudah dititipkan pada kita itu memang tak pernah mudah. Ada banyak hal yang harus segera kita ajarkan dan biasakan, agar ...

Read more..


Mama, PR kita sebagai orang tua banyak banget ya! Banget nget nget! Begitu kita hamil, tugas kita langsung berderet. Nggak hanya soal memenuhi pertumbuhan fisik, namun juga sampai ke hal-hal abstrak seperti soal mendidik anak untuk bersikap jujur seperti ini.

Namun, dari semua teori, sebenarnya prinsip mendidik anak itu memang hanya satu, Ma, menurut saya. Yaitu memberikan contoh. Jadi, memang semuanya tergantung sikap kita sendiri ya, Ma.

Stay smart, Mama. And, happy parenting!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mendidik Anak Agar Selalu Jujur, Ini Dia 5 Hal yang Harus Kita Lakukan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar