Mendidik Anak Berdaya Juang Tinggi, Begini Caranya!

Mendidik Anak Berdaya Juang Tinggi, Begini Caranya!

580
Anak yang berdaya juang tinggi mempunyai peluang lebih besar untuk sukses di masa depan. Tapi gimana cara mendidik anak agar punya daya juang tinggi ya?

Apakah Mama termasuk orang tua yang nggak tegaan sama anak? Misalnya saja, sering mengerjakan PR si kecil? Hati-hati ini bisa menjadi bumerang bagi mereka lo, Ma.

Suatu saat nanti, jika cara mendidik anak selalu dengan membantunya,maka akan membawa anak pada satu titik terbiasa menunggu bantuan kita terus menerus.

Kebiasaan ini tak akan jadi sikap yang bagus, apalagi untuk masa depannya nanti, Ma. Jika dibiarkan, lama-kelamaan si kecil pun nggak mau berusaha, mudah minta tolong, dan yang paling berbahaya, ia jadi nggak punya tujuan dalam hidup. Nggak punya cita-cita, yang membuatnya mau bekerja keras untuk mencapainya.

Keadaan yang serba dicukupi, membuatnya terlena. Sedikit saja menemui kesulitan, ia akan mudah menyerah. Nggak nyaman sedikit, ia akan komplen.

Padahal, nggak akan ada dunia tanpa masalah. Hidup itu penuh dengan lika-liku. Betul kan, Ma? Bagaimana mereka bisa bertaham hidup, jika dengan masalah pun mereka takut, menghindar, atau malah lari?

Nah, terus gimana nih? Bagaimana seharusnya kita bersikap? Gimana caranya mendidik anak agar tangguh dan punya daya juang tinggi?

Daya juang yang tinggi bukan bawaan lahir, jadi harus kita latih dan tumbuhkan sejak dini. Rasa optimis, punya tujuan, dan mampu melalui proses hingga sampai tujuan, bisa ditumbuhkan dengan cara berikut ini, Ma.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Cara Sederhana Mendidik Anak untuk Selalu Berpikir Positif

Ini Dia 7 Cara Sederhana Mendidik Anak untuk Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif sangat penting dalam keseharian kita. Setuju, Ma?Dengan perilaku ini, kita bisa mengenali hal-hal negatif yang terjadi dan ...

Read more..


4 Cara mendidik anak berdaya juang tinggi

1. Tidak berlebihan dalam mendidik anak


Image via WiseGeek

Kalau pengin menolong anak, jangan sampai kebablasan, Ma. Memang mendidik anak itu diperlukan porsi yang pas. Apa pun yang terlalu berlebihan, hasilnya pasti nggak akan baik.

Terlalu banyak menggendong, misalnya. Memang membuat mereka nyaman, tapi apakah akan baik bagi perkembangan mereka ke depannya? Apalagi kebiasaan menggendong akan sangat merepotkan diri kita sendiri, kalau suatu saat nanti kita sakit atau bepergian.


2. Menumbuhkan kepercayaan diri anak


Saat anak sadar akan kemampuannya sendiri, maka akan memberikan gambaran positif tentang diri sendiri pada si kecil.

Karena itu, meski kadang merasa nggak tega, beri ruang pada si kecil untuk mencoba kemampuannya. Yes, mendidik anak agar punya daya juang memang membutuhkan sedikit ketegaan hati, Ma.

Bersabarlah saat hasilnya nggak terlalu bagus. Biarkan anak mencoba dengan caranya sendiri, bukan menurut cara kita. Siapa tahu, si kecil malah menemukan jalan tercepat dan pemecahan solusi yang lebih baik lo.

Yang penting nggak melanggar norma dan peraturan yang ada.


BACA JUGA


Saat Mendidik Anak, 3 Hal Penting Ini Jangan Sampai Lupa Mama Ajarkan!

Saat Mendidik Anak, 3 Hal Penting Ini Jangan Sampai Lupa Mama Ajarkan!

Mendidik anak memang nggak hanya sehari saja kelar urusan, tapi membutuhkan waktu dan proses

Read more..


3. Memberi teladan dengan disiplin


Teladan yang dilihat anak pertama kali adalah kita, orang tuanya, Ma. Apa pun yang kita lakukan atau katakan, niscaya akan mereka perhatikan, dan akhirnya ditiru!

Maka, biasakanlah berujar positif di segala situasi. Berikan inspirasi yang baik pada mereka.

Misalnya, selalu bersyukur akan segala sesuatu yang sudah kita terima dan punya, berpikiran luas terhadap hal-hal baru atau hal-hal yang berbeda dari biasanya, dan seterusnya.


4. Membiasakan anak dengan situasi yang kurang menyenangkan


Akan ada kalanya, kita harus menghadapi hal-hal yang kurang menyenangkan. Misalnya kepanasan, kehujanan, kecapekan, kekecewaan, dan seterusnya.

Hal-hal seperti ini kalau disikapi dengan bijak, maka akan selalu menjadi sesuatu yang positif. Ajak anak untuk menghadapinya, Ma. You can comfort them, tapi jangan membawanya menghindari.

Jangan malah mengenyahkan pengalamannya akan hal-hal yang tak nyaman ini dengan dalih sayang anak. Si kecil tidak akan berkembang jika kita memberi dan membeli semua kenyamanan, sampai-sampai tidak pernah merasakan ketidaknyamanan.


BACA JUGA


3 Kekeliruan Mendidik Anak yang Cukup Fatal dan Seringkali Dilakukan oleh Orangtua. Mama Termasukkah?

3 Kekeliruan Mendidik Anak yang Cukup Fatal dan Seringkali Dilakukan oleh Orangtua. Mama Termasukkah?

Dalam mendidik anak, kita pasti memilih dan melakukan yang terbaik untuk anak kita. Tapi bukan berarti Mama tidak pernah keliru kan

Read more..


Nah, demikian cara mendidik anak agar punya daya juang tinggi.

Jika anak sudah terbiasa berusaha, maka semakin besarlah peluang sukses bagi mereka di masa depan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mendidik Anak Berdaya Juang Tinggi, Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Elizabeth Septarini | @septarini

Silahkan login untuk memberi komentar