Mendidik Anak Mandiri, Mama Harus Memulainya dari 4 Aspek Ini!

Mendidik Anak Mandiri, Mama Harus Memulainya dari 4 Aspek Ini!

862
Mendidik anak agar mandiri sedini mungkin memang tak bisa dibilang mudah.

Sudahkah Mama mendidik anak agar mandiri?

Mungkin Mama dengan cepat menjawab iya. Padahal ciri-ciri pribadi yang dikatakan mandiri itu tidak hanya sudah bisa mandi sendiri atau makan sendiri, lo! Ciri-cirinya antara lain: bertanggung-jawab, mampu mengatasi kesulitan, mengenal kemampuan diri sendiri, senantiasa berpikir positif, dan berwawasan global.

Sudahkah anak Mama memiliki ciri-ciri tersebut? Sepertinya tidak semua mama bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat.

Karena cakupannya yang luas, lantas apa yang perlu dilakukan oleh Mama untuk mendidik anak agar mandiri?

Yah, mendidik anak agar tidak bergantung pada orang lain memang tidak mudah. Perlu pembiasaan sedini mungkin, sesuai usia dan tahap perkembangan mereka.

Yang harus diingat, jangan menyamaratakan anak. Setiap anak mempunyai keunikan sendiri. Tidak boleh dibanding-bandingkan satu sama lain.

Boleh jadi si sulung lebih cepat tanggap dalam satu hal, tetapi dalam hal lain tidak. Maka, kesabaran dalam memberi kesempatan si buah hati untuk mengenal ritme dirinya adalah kunci. Ketegasan dan konsistensi Mama dalam mendidik anak juga sangat diperlukan pada awal-awal pembiasaan ini.

Jangan menjadi pahlawan bagi anak, dan biarkan anak menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri. Yang paling penting, sebaiknya jangan pernah mengambil alih tanggung-jawab si kecil ya, Ma. Hanya si kecil sendiri yang harus mengambil tanggung-jawab berkaitan dengan diri mereka sendiri.

Selanjutnya, apa sajakah aspek kemandirian itu, Ma? Menurut Robert Havighurst (1972), kemandirian memiliki 4 aspek, yaitu: intelektual, sosial, emosi, dan ekonomi. Kita coba lihat satu per satu yuk.


BACA JUGA


Ingin Mendidik Anak Mandiri, Ini Dia Checklist yang Harus Mama Perhatikan!

Ingin Mendidik Anak Mandiri, Ini Dia Checklist yang Harus Mama Perhatikan!

Kita sudah bisa mendidik anak untuk mandiri sejak usia berapa? Dan, apa saja yang harus kita ajarkan pada anak lebih dulu saat mendidik anak ...

Read more..


4 Aspek dalam mendidik anak mandiri


1. Aspek Intelektual

Yaitu kemampuan anak untuk berpikir dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Sebagai mama, terkadang kita memang sangat sulit untuk tidak mencampuri urusan si kecil ya. Bahkan ada beberapa kasus semua masalah anak, Mama ikut menyelesaikan.

Tapi, ingat, Ma. Kalau soal mendidik anak, hal tersebut bukan berarti sayang lo, tapi justru menjadi awal penggalian lubang untuk si buah hati. Suatu saat anak akan terjatuh, dan Mama tidak bisa setiap saat mengambil alih kendali atas apa yang terjadi.


2. Aspek Sosial

Aspek sosial merupakan kemampuan anak mengadakan interaksi dengan orang lain, tanpa menunggu atau tergantung terhadap aksi dari orang lain.

Sikap proaktif anak tidak serta merta muncul dengan sendirinya. Sikap tersebut harus dimunculkan dan diberi ruang agar semakin berkembang.


3. Aspek Emosi

Yaitu kemampuan untuk mengontrol emosi dan tidak tergantung kebutuhan emosi dari orang tua.

Dalam mendidik anak mandiri, mungkin aspek ini yang sangat sulit untuk dilatih. Sikap over protective kadang muncul dalam diri orang tua secara dominan.

Bukan bermaksud kejam, tetapi jika Mama ingin mendidik anak mandiri berarti Mama harus tegas, agar di masa depan si buah hati terbiasa mandiri secara emosi.


4. Aspek Ekonomi

Yakni kemampuan anak mengatur ekonomi dan tidak tergantung pada orang tua.

Sedari dini, beri penjelasan kepada si kecil tentang keadaan ekonomi keluarga. Ajak mereka ke tempat kerja Papa atau Mama bila memungkinkan.

Beri pengertian bahwa uang tidak dengan sendirinya datang, tetapi harus melalui kerja keras. Salah satu cara untuk mendidik anak agar mandiri secara ekonomi adalah dengan mengusahakan jika Mama hendak memberikan apresiasi terhadap prestasi mereka, atau mungkin ingin memberikan hadiah yang lain, tidak berupa uang, melainkan bisa berwujud janji untuk meluangkan waktu beberapa jam bersama mereka.

Dengan cara begini, anak mengerahui nilai uang tidak hanya secara riil, tetapi juga bagaimana usaha dan proses untuk mendapatkan uang.


BACA JUGA


Mendidik Anak Mandiri Bisa Mama Mulai dari 3 Langkah Dasar Ini yang Bisa Mama Lakukan Setiap Hari

Mendidik Anak Mandiri Bisa Mama Mulai dari 3 Langkah Dasar Ini yang Bisa Mama Lakukan Setiap Hari

Mendidik anak mandiri nggak harus menunggu nanti-nanti. Sikap anak mandiri bisa Mama tanamkan bahkan sejak ia masih balita

Read more..


Yes, mendidik anak mandiri dalam semua aspek sekaligus memang nggak akan mudah, Ma. Namun, coba Mama ubah mindset, bahwa mereka harus bisa bertahan dalam tantangan kehidupan di masa yang akan datang. Mama tidak akan selalu bisa ada untuk mereka kan?

Mari berbenah untuk kesuksesan si buah hati!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mendidik Anak Mandiri, Mama Harus Memulainya dari 4 Aspek Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Elizabeth Septarini | @septarini

Ibu satu anak yang suka membaca dan menulis tentang parenting, anak, kuliner, dan semua hal yang menarik perhatian. Menulis artikel, review, blog dan tergabung dalam Pasukan Blogger alumni Joeragan Artikel. Pernah belajar di Jurusan Perhotelan di salah sa

Silahkan login untuk memberi komentar