Mengajarkan Agama Pada Anak? Penting Banget! Bisa Mama Lakukan Dengan 4 Cara Ini

Mengajarkan Agama Pada Anak? Penting Banget! Bisa Mama Lakukan Dengan 4 Cara Ini

1.2K
Mengajarkan agama pada anak sejak dini itu penting banget! Oleh karena itu Mama mesti tahu 4 cara efektif ini dalam mengajarkan agama pada anak.

Di samping kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual juga nggak kalah penting untuk Mama ajarkan pada si kecil. Mengajarkan agama pada anak tidak identik dengan spiritualitas, namun termasuk di dalamnya. Spiritualitas mencakup cara individu berhubungan dengan 'sosok yang lebih besar' (non-fisik) dalam kehidupan sehari-harinya. Pada artikel kali ini, Rocking Mama akan berbagi tips untuk Mama yang ingin mengajarkan agama pada anak.

BACA JUGA


9 Sikap Sopan Santun yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Kecil Agar Ia Belajar Menghargai Orang Lain!

9 Sikap Sopan Santun yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Kecil Agar Ia Belajar Menghargai Orang Lain!

Sopan santun memang bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau ...

Read more..

Berikut 4 cara efektif mengajarkan agama pada anak.

1. Buku cerita

Banyak banget ilmu agama yang sudah dikemas menjadi buku cerita anak yang menarik dengan bahasa yang mudah dimengerti. Untuk Mama yang memiliki anak usia batita - balita, pilih topik yang familiar dengan kehidupan sehari-harinya.

Simpelnya, Mama bisa membeli buku doa yang penuh gambar dan warna agar anak tertarik untuk melihatnya. Bisa juga nih, Mama bacakan buku cerita tentang tokoh-tokoh penting dalam agama. Tentunya, Mama pun harus sering menerapkan doa yang telah diajarkan. Karena anak pada usia batita-balita belajar dengan meniru; ia lakukan apa yang ia lihat.

2. Atribut keagamaan

mengajarkan agama pada anak - mukena (sumber : gudang mukena)

Penting nih, Ma, menggunakan media tertentu dalam mengajarkan agama pada anak.

Untuk Mama yang beragama Islam, bisa membelikan mukena, sarung dan sajadah. Kan sekarang banyak tuh yang dijual khusus untuk anak-anak dengan motif dan warna yang lucu-lucu. Bagi Mama yang Nasrani, memakaikan kalung atau gelang salib merupakan cara simpel agar anak paham makna dibalik simbol itu. Begitu seterusnya sesuai dengan ajaran agama masing-masing.

Dan jangan lupa untuk mengajak si kecil ke tempat ibadah, ya, Ma. Walaupun berdoa juga bisa dilakukan di rumah.

3. Libatkan anak

sumber : extraordinarykids

Keterlibatan anak dalam persiapan hari besar keagamaan, ibadah, dan kegiatan keagamaan lain dapat membantunya mengerti nilai-nilai agama yang telah diajarkan kepadanya.

Setelah belajar 'teori'nya, ia harus mempraktikkannya dengan terlibat dalam kegiatan keagamaan. Mama bisa banget daftarin anak Mama menjadi pengurus rumah ibadah (penyanyi gereja, anggota Taman Pendidikan Alquran, pengurus Vihara, dan sesuai dengan kegiatan pada agama yang Mama anut). Pokoknya, ajarkan agama dengan cara yang fun!

4. Santai tapi serius

Mama sudah tahu kan kalau tertawa banyak manfaatnya?

Nah, ternyata manfaat tertawa bagi anak yaitu dapat membuat ukuran otaknya lebih besar karena dopamin dalam otak meningkat. Hal itu menyebabkan ingatan lebih kuat sehingga dapat membantu proses belajar si kecil. (Sumber : media research) So, belajar tentang agama nggak usah seserius itu, karena tujuan awalnya agar anak kenal, sebelum selanjutnya ia paham, mengamalkan, dan menjadi hal esensial dalam kehidupannya.

Coba deh, minta ia bacakan kisah tertentu dari kitab suci, jika ia sulit mengingat, tugas Mama untuk menerusnya atau sekadar memberi petunjuk / kata kunci. Cara lainnya, ajarkan dengan cara tebak-tebakan!
"Siapa Nabi yang selamat dari air bah dan membuat bahtera besar?"
"Kak, siapa sih Martin Luther?"
"Coba nak, jelasin ke Mama apa itu Tumpek Landep?"

BACA JUGA


4 Cara Mendidik Anak Melalui Diri Mama Sendiri - Ayo, Praktikkan Sikap-Sikap Baik Ini Setiap Hari!

4 Cara Mendidik Anak Melalui Diri Mama Sendiri - Ayo, Praktikkan Sikap-Sikap Baik Ini Setiap Hari!

Mendidik anak memang nggak ada ilmu pastinya, tapi kita bisa belajar dari mana pun. Termasuk dari diri sendiri

Read more..

Iyes, mengajarkan agama pada anak merupakan tanggung jawab besar lho, Ma. Penting banget untuk mengenalkan ajaran agama sejak dini pada anak. Ulangi terus cara tersebut secara berkala.

Selamat mencoba, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengajarkan Agama Pada Anak? Penting Banget! Bisa Mama Lakukan Dengan 4 Cara Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar