Mengawali Hari Pertama Anak Sekolah, Berikut 11 Langkah yang Bisa Membantu Mama!

Mengawali Hari Pertama Anak Sekolah, Berikut 11 Langkah yang Bisa Membantu Mama!

879
Hari Pertama anak sekolah Ibarat mengikuti sebuah perlombaan. Salah strategi akan membuat anak tidak mencapai garis finish.

Biasanya, sehabis akhir pekan atau liburan anak sekolah yang panjang itulah, hal yang paling krusial bagi semua orang tua.

Bagaimana tidak, karena keesokan harinya anak-anak harus kembali ke sekolah. Tahu sendiri dong, Ma. Bagaimana sibuknya Mama di pagi hari menjelang berangkatnya anak sekolah. Membangunkan anak-anak, memandikan, memastikan peralatan sekolah sudah tersedia dan tetap tabah saat anak merengek minta sesuatu.

Lalu, drama panjang itu bertambah ketika Papa juga menuntut perhatian. Blam! Mama pun jadi marah-marah. Acara berangkat sekolah pun jadi tidak menyenangkan.

Mama pasti nggak mau dong, anak pergi ke sekolah dengan muka yang cemberut? Efek jangka panjangnya, ada beberapa anak yang melancarkan aksinya mogok sekolah. Kalau kayak gini pasti Mama bakal pusing tujuh keliling.

Sebenarnya hal ini bisa diantisipasi kalau Mama punya persiapan yang matang. Karena bagaimana pun juga tanpa sebuah persiapan yang tepat, hari pertama anak sekolah akan selalu menjadi bencana.


BACA JUGA


Yuk, Siap-Siap Sekolah Lagi dengan Melakukan 8 Persiapan ala Rocking Mama Ini!

Yuk, Siap-Siap Sekolah Lagi dengan Melakukan 8 Persiapan ala Rocking Mama Ini!

Tidak lama lagi liburan anak sekolah akan berakhir. Anak-anak kita akan kembali belajar di sekolah. Yuk, siapkan sejak sekarang

Read more..


Kira-kira apa saja yang harus Mama perhatikan agar hari pertama anak sekolah berlangsung damai? Berikut beberapa strategi yang bisa Mama lakukan.




Kenali karakter anak

Kenali Karakter Anak -


Yang pertama kali Mama harus lakukan adalah mengenali karakter anak. Kalau Mama nggak tahu seperti apa gambaran mereka, maka akan sulit jika nanti terjadi suatu masalah. 

Untuk anak yang mudah beradaptasi, mungkin akan lebih mudah menghadapi hari pertama anak sekolah. Beda lagi jika karakter anak Mama sulit beradaptasi dengan lingkungan, terutama yang masih baru. Akan ada banyak drama yang harus dilalui dan butuh waktu lebih lama.

Tarik napas dalam-dalam, Ma.



Ubah semua kebiasaannya

Ubah Semua Kebiasaannya -


Sebelum anak kembali ke sekolah, ada baiknya Mama mengubah semua kebiasaannya sehari-hari. 

Tahu sendiri kan, Ma. Liburan anak sekolah yang panjang membuat mereka bebas melakukan apa pun, termasuk tidur hingga larut malam lalu bangun kesiangan.

Paling tidak, Mama harus mengubah kebiasaan itu seminggu sebelum hari pertama anak sekolah. Anak-anak mungkin akan protes. Tapi demi kebaikan mereka semua dan tentunya kestabilan emosi Mama, kita harus melakukannya lebih awal.

Untuk anak yang baru akan mulai bersekolah tahun ini, penting banget untuk menata ulang kebiasaan-kebiasannya selama di rumah. Mulai dari makanan, waktu tidur, toilet training dan apakah anak menunjukkan kesiapan untuk pergi ke sekolah.



Kenalkan anak pada lingkungan sekolahnya lebih awal

Kenalkan Anak Pada Lingkungan Sekolahnya Lebih Awal -


Bagi si kecil yang baru saja menjadi anak sekolah, dalam arti baru pertama kalinya mengenal aktivitas bersekolah, ada baiknya Mama mengenalkannya pada lingkungan sekolah barunya lebih awal. Kalau perlu libatkan anak dalam pemilihan sekolah. Ajak anak untuk mengeksplorasi lingkungan belajarnya. 

Biarkan apabila dia masih melihat dari balik punggung kita atau sekadar menyentuh mainan yang ada. Kenalkan juga anak pada calon gurunya. 

Pengenalan lingkungan sekolah lebih awal akan membantu anak untuk lebih cepat berdaptasi dan merasa nyaman.



Ajak anak turut serta membeli perlengkapan sekolahnya

Ajak Anak Turut Serta Membeli Perlengkapan Sekolahnya -


Mama, perlengkapan anak sekolah juga merupakan salah satu hal yang menarik minat si kecil untuk mau pergi ke sekolah lho.

Anak-anak akan tersenyum senang saat menggunakan peralatan sekolah dengan karakter kartun kesukaannya. So, mengapa nggak membiarkan anak-anak memilih apa saja yang akan dia pakai di sekolah. Tahan ego Mama dulu ya. Walaupun sebenarnya Mama tidak terlalu suka dengan pilihan anak-anak.

Hargai saja pilihan mereka.



Siapkan peralatan anak sekolah sehari sebelum dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau

Siapkan Peralatan Anak Sekolah Sehari Sebelum Dan Letakkan Di Tempat Yang Mudah Dijangkau -


Semua orang pecaya bahwa seorang mama itu dilengkapi kekuatan super untuk bisa menyelesaikan semua pekerjaan domestik. Jadi, percayalah saat pagi hari waktu bergerak begitu cepat, Mama akan bisa mengatasi drama di pagi hari. 

Nah, ada baiknya Mama mempersiapkan perlengkapan anak sekolah sehari sebelumnya. Pastikan seragamnya sudah disetrika, tidak ada yang rusak atau masih muat dipakai. Cek kembali bawaan anak dalam tas. Jangan sampai ada yang ketinggalan. 

Kalau sudah letakkan di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau. Seandainya terjadi sedikit kekacuan di pagi hari, hal ini akan sedikit mengurangi tensi Mama.



Siapkan bekal anak sekolah sehari sebelumnya

Siapkan Bekal Anak Sekolah Sehari Sebelumnya -


Bekal itu penting loh, Ma. Ada beberapa anak yang bersemangat membawa bekal ke sekolah. Beberapa anak juga senang memamerkan bekal kepada teman-temannya. 

So, persiapkan dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa asupan gizinya ya.

Mama bisa menanyakan pada anak apa yang ingin dia bawa untuk hari pertamanya sekolah. Untuk mempermudah, Mama bisa menyiapkan bahan-bahan sehari sebelumnya.



Bagi tugas dengan Papa

Bagi Tugas Dengan Papa -


Sehebat-hebatnya Mama dalam menjalankan tugas domestik, Mama pasti lelah juga, baper karena harus bangun pagi untuk menyiapkan segala tetek bengek. Eh, si Papa malah asyik bergelung dalam selimut. Rasanya pengin tarik-tarik keluar deh.

Eit, Mama jangan keburu marah dulu ya. Coba komunikasikan sama Papa bahwa setiap pagi Mama butuh bantuan. Berikan tugas membangunkan dan memandikan anak pada Papa, agar Mama bisa menyiapkan bekal dan sarapan anak sekolah dengan tenang.



Bangunkan anak satu jam lebih awal

Bangunkan Anak Satu Jam Lebih Awal -


Bangunkan anak satu jam lebih awal untuk mengantisipasi keterlambatan dan juga menjaga mood anak. 

Supaya sukses, jangan biarkan anak tidur terlalu malam. Sehingga dia merasa puas tidur dan tidak akan protes kalau dibangunkan lebih awal. Beli toleransi selama 15 menit dan biarkan dia terjaga sepenuhnya. 



Antar anak sampai ke sekolah dengan senyuman

Antar Anak Sampai Ke Sekolah Dengan Senyuman -


Karena ini hari pertama anak sekolah, maka ini kesempatan buat Mama atau Papa untuk mengantarkan.anak sampai depan gerbang sekolah. Berikan pesan padanya, bahwa Mama atau Papa akan menunggunya sebentar saja. Jangan pernah langsung meninggalkan anak tanpa pesan, sebab itu akan melukai perasaannya.

Jika anak belum berani ditinggal di sekolah sendirian, Mama tetap sabar ya, karena tiap anak memiliki daya adaptasi yang berbeda. 

Tetap tersenyum, Ma.



Jangan pernah memaksa anak untuk langsung dekat dengan orang lain

Jangan Pernah Memaksa Anak Untuk Langsung Dekat Dengan Orang Lain -


Setiap anak memliki kemampuan adaptasi yang berbeda. Jangan pernah meminta anak yang sulit berdaptasi untuk lekas berbaur dengan teman-temannya. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan barunya sampai dia benar-benar nyaman. Tak masalah jika anak masih malu-malu atau lebih memilih berada di belakang tubuh Mama.

Biarkan rasa ketertarikan anak berjalan dengan alami. 

Dan, please deh, Ma, Sudah nggak zaman lagi menakut-nakutin anak supaya patuh. Misalnya, nanti kalau nggak mau duduk sendiri, dimarahi bu guru. Atau, kalau nggak mau sekolah, nanti ditangkap polisi.

Wah, jangan sampai ya. Nanti anaknya malah makin mogok sekolah. Mama dong jadi lebih repot.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengawali Hari Pertama Anak Sekolah, Berikut 11 Langkah yang Bisa Membantu Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Swastikha Maulidya Mulyana | @swastikha

Seorang Guru Taman Kanak-kanak yang suka menulis

Silahkan login untuk memberi komentar