Menggendong Bayi dengan Aman Sementara Tak Mengganggu Mama dalam Melakukan Segala Hal? Begini Caranya!

babywearing

Menggendong Bayi dengan Aman Sementara Tak Mengganggu Mama dalam Melakukan Segala Hal? Begini Caranya!

1.1K
Menggendong bayi juga diyakini sebagai bagian vital dari rencana biologis alam dalam menciptakan ikatan kasih sayang ibu-bayi, serta amat penting bagi pengembangan kepercayaan, empati, cinta kasih, dan hati nurani si bayi.

Pastinya Mama akan lebih suka untuk bisa selalu bercengkerama dengan si kecil, sementara Mama masih tetap bisa menyelesaikan pekerjaan kan? Kalau saya sih begitu, Ma. Mama jugakah?

Yes, untuk bisa tetap melakukan pekerjaan rumah, kita mesti menggendong bayi dengan teknik hand free. Dan, karena kini babywearing makin banyak saja ragamnya, dan semua memang difungsikan untuk memperingan tugas kita mengasuh bayi sehari-jari, maka tentunya hal ini sudah makin mudah.

Dan, aman. Itu yang terpenting bukan?

Berbicara soal praktik menggendong bayi yang aman, The Consortium of UK Sling Manufacturers and Retailers telah membentuk sebuah aturan yang meliputi 5 hal yang harus diperhatikan jika kita menggendong bayi, yaitu Tight, In view at all times, Close enough to kiss, Keep chin of the chest, dan Supported back.

Aturan ini mulai dibentuk karena adanya kekhawatiran terhadap keamanan dan kesehatan bayi saat digendong, terutama dalam penggunaan sling. Kekhawatiran itu tertuju pada posisi dudukan bayi yang bisa dengan mudah merosot, dagu mereka bisa turun ke dada sehingga jalan napas mereka bisa terganggu.

Aturan menggendong bayi ini, jika saya alih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia, maka bisa disebut juga sebagai aturan BERAT (Triple T).

Nah, pastinya singkatan tersebut akan bisa mempermudah Mama mengingat ya.

Perlu untuk Mama catat bahwa aturan BERAT (Triple T) ini penting bagi bayi yang baru lahir, karena mereka masih belum bisa mengendalikan kepala dan leher mereka. Jadi mereka berisiko terganggu jalan napasnya lebih tinggi.

Aturan tentang usia anak juga penting untuk Mama ketahui ya, Ma. Risiko tergangunya jalan napas tidak hanya untuk penggunaan sling ataupun carrier. Car seat, baby chair dan bahkan menggendong dengan tangan kosong pun bisa jadi berbahaya jika bayi tidak diposisikan secara benar atau dipantau dengan hati-hati.

Well, sebenarnya seperti apakah aturan BERAT (Triple T) yang harus Mama ketahui itu? BERAT (Triple T) meliputi 5 poin penting yaitu bernapas, rapat, terlihat, tersangga dan tercium.

Yuks, kita bahas satu persatu.


BACA JUGA


Pekerjaan Rumah Tangga Banyak Menghabiskan Waktu Mama? Pasti Karena Mama Belum Tahu Cara Mengelola Waktu dengan Smart!

Pekerjaan Rumah Tangga Banyak Menghabiskan Waktu Mama? Pasti Karena Mama Belum Tahu Cara Mengelola Waktu dengan Smart!

Entah itu seorang ibu rumah tangga, ataupun seorang ibu bekerja, sama-sama harus pintar dalam mengatur segala-galanya, terutama soal ...

Read more..


5 Aturan menggendong bayi dengan aturan BERAT (Triple T)


Bernapas


Dalam menggendong bayi, pastikan agar selalu ada spasi minimal 2 jari di bawah dagu bayi dan jangan biarkan muka bayi terperosok ke dalam dada Mama. Gendong bayi rapat dalam posisi tegak lurus dan tulang belakang melengkung dengan kaki di posisi jongkok. Ini adalah posisi paling optimal untuk keselamatan, perkembangan dan kenyamanan.

Biarkan kepala bayi dalam posisi yang leluasa untuk bernapas. Posisikan bayi secara vertikal atau tegak untuk memungkinkan jalan napas bayi tetap lurus. Aturan ini juga memberi manfaat agar bayi dapat menikmati pemandangan dunia di sekitar mereka, Ma.


Rapat


Sling dan gendongan model apa pun harus diposisikan secara baik sesuai dengan ukuran tubuh bayi dan juga Mama.

Sling harus cukup kuat dan rapat, namun tidak menghambat napas dan gerak bayi, mampu menopang serta memeluk bayi dengan baik. Posisi yang tepat seperti ini akan membuat keduanya nyaman.

Gendongan yang kendur dan terlalu longgar sangat tidak direkomendasikan karena akan membuat bayi melorot dan nyungsep ke dalam carrier.

Kondisi menggendong bayi seperti inilah yang dikhawatirkan akan membahayakan. Bayi akan terhambat pernapasannya, sedangkan Mama sendiri berisiko tertarik tulang punggungnya, yang bisa mengakibatkan kelainan tulang belakang (Thorocic kyphosis).


Terlihat


Ini dia aturan menggendong bayi yang paling penting. Pastikan bahwa Mama dapat melihat bayi dan selalu menjaganya tetap aman. Mama akan tahu jika bayi Mama membutuhkan sesuatu, dan dapat merespon kebutuhannya dengan tepat.

Lagi pula siapa yang tidak ingin melihat wajah si kecil yang manis tersenyum kembali pada Mama sih?


BACA JUGA


Punya Bayi Baru Lahir Membuat Mama Nggak Bisa Menyelesaikan Pekerjaan Lain? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini!

Punya Bayi Baru Lahir Membuat Mama Nggak Bisa Menyelesaikan Pekerjaan Lain? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini!

Punya bayi baru lahir kan harusnya bahagia, tapi kok malah stres? Well, jangan dianggap ringan. Karena stres ini bisa berlanjut ke hal yang ...

Read more..


Tersangga


Rapatnya cara menggendong bayi dengan cara apa pun akan sangat penting dalam mendukung tulang belakang bayi. Penting juga untuk tidak menyimpulkannya terlalu kencang.

Hindari menahan kaki bayi lurus-lurus atau membiarkan kakinya menjuntai dengan bertopang pada selangkangan. Mama harus membiarkan bayi duduk dengan nyaman di carrier dan mendukung bagian belakang paha bayi.

Saat diposisikan dengan benar, lutut bayi akan sesuai dengan atau lebih tinggi dari sendi pinggulnya. Beberapa sling atau carrier terbaru bahkan menawarkan tali pengikat kaki untuk mengurangi tekanan pada panggul bayi.

So, pilihlah secara cerdas ya, Ma.


Tercium



Bayi Mama harus berada sedekat mungkin dengan dagu Mama secara nyaman. Sehingga, hanya dengan menggerakkan kepala Mama sedikit saja, Mama seharusnya sudah bisa mencium dahi atau kepalanya.


BACA JUGA


5 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dilakukan Agar Selalu Sehat

5 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dilakukan Agar Selalu Sehat

Perawatan bayi baru lahir kadang begitu membingungkan, apalagi untuk Mama yang belum berpengalaman. Don't panic, Rocking Mama telah ...

Read more..


Nah, Mama, dengan mengetahui cara menggendong bayi dengan benar di atas, pastinya sekarang Mama akan lebih bisa bergerak aman dan nyaman, dengan tetap sambil memelihara bonding dengan si kecil kan ya?

Menggendong bayi adalah cara yang bagus untuk menjaga orang tua agar tetap waras dan membantu mengurangi jumlah waktu bayi menangis.

Stay smart, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menggendong Bayi dengan Aman Sementara Tak Mengganggu Mama dalam Melakukan Segala Hal? Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yeni Susanti | @yenifkip

Silahkan login untuk memberi komentar